Tips Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Hias Didalam Pot

Budidaya tanaman hias memang akhir akhir ini menjadi sebuah trend. Maka dari itu, banyak orang yang berbondong-bondong mencari tahu cara menanam tanaman hias yang baik. Jika bicara tanaman hias, biasanya tanaman ini ditanaman didalam pot. Ya, definisi tanaman hias sendiri adalah tanaman yang digunakan untuk memperindah ruangan maupun taman. Jika digunakan untuk memperindah taman atau biasa disebut dengan tanaman hias indoor ini biasanya ditanam didalam media pot.

Nah, jika tidak ingin ribet, mending pakai media pot saja, karena bisa dipindah-pindah tempatnya, sehingga mudah dalam penanganan dan perawatannya. Untuk bahan-bahan yang digunakan untuk budidaya dalam pot ini biasanya pasir, tanah dan juga pupuk. Untuk komposisi masing masing itu 1/3 tiap bahan, atau mudahnya 1:1:1. Dan kalau bisa tambahkan pecahan batu merah pada dasaran pot, ini berfungsi untuk mengikat air.

cara menanam tanaman hias keladi

Tips menanam tanaman hias kedalam pot

Sebelumnya, kita harus memilih pot tanaman dan media tanam yang baik agar pertumbuhan tanaman bisa maksimal. Pemilihan pot ini bisa disesuaikan berdasarkan wilayah dan juga dimana tempat tanaman nanti akan diletakkan.

Setelah media dan pot tanaman sudah disiapkan, maka lakukan pengepotan. Caranya dengan memasukkan tanaman kedalam pot dengan syarat potnya harus sudah diisi 1/3 bagian, lalu masukkan tanaman kedalam pot dan jangan lupa untuk membiarkan media asal tanaman tersebut yang menempel agar tanaman tidak kesulitan untuk beradaptasi pada pot.

Lalu masukkan lagi bahan-bahan lainnya sambil masih memegangi tanaman agar tanaman tersebut tetap berdiri. Dalam penimbunan ini sisakan 2 cm dari bibir pot agar nanti dalam melakukan penyiraman dapat dengan mudah dan airnya tidak menghambur keluar. Sebelumnya, pot yang digunakan harus sudah dibuat lubang drainase.

Cara Penyiraman Yang tepat

Lakukan penyiraman langsung pada media tanam. Siram tanahnya atau siram pipa yang mengarah kebawah jika menggunakan pipa. Jika menggunakan pipa jangan sampai langsung mengenai tanaman.

Waktu yang baik dalam melakukan penyiraman adalah pada pagi hari pukul 7-10, atau jika memang tidak sempat waktu sore hari juga tidak apa-apa. Salah satu tanaman hias yang cocok ditanam dihalaman rumah adalah tanaman bougenville.

cara budidaya tanaman hias bougenville

Karena tanaman ini memiliki corak yang indah, perawatannya juga mudah dan kita bisa memodifikasi warna dan bunganya. Tanaman ini juga mempunyai fungsi lain yaitu dapat memfilter debu, tidak terlalu besar dan akarnya pun tidak besar sehingga tidak merusak pagar.

Tanaman hias daun aglonema juga cocok untuk ditanam dihalaman rumah. Karena selain dapat menyerap CO2, juga dapat menyerap nikotin sehingga tanaman aglonema ini sangatlah cocok dikoleksi bagi para perokok.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Tips Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Hias Didalam Pot"