Teknis Serta Cara Budidaya Tanaman Kedelai Yang Sederhana

Kedelai di merupakan buah yang merupakan bahan dasar dari berbagai makanan. Di Indonesia sendiri, kedelai merupakan bahan utama dalam membuat tempe serta tahu. Untuk itulah, banyak sekali yang ingin tahu cara maupun teknik untuk budidaya tanaman kedelai ini. Karena memang kedelai sendiri mempunyai nilai jual yang tinggi. Wajar saja jika banyak orang yang ingin melakukan budidaya tanaman kedelai ini.

Kedelai merupakan tanaman yang memiliki protein yang tinggi. Malah kedelai disebut-sebut sebagai sumber utama nutrisi protein. Dan yang paling banyak memproduksi kedelai adalah amerika serikat. Kedelai sendiri biasanya dibudidayakan di sawah atau tegalan, dan biasanya di akhir musim hujan setelah sawah selesai melakukan panen padi.

budidaya tanaman kedelai

Langkah-langkah melakukan budidaya tanaman kedelai

Pertama, persiapkan media tanam dan juga perhatikan kondisi lahan. Kedelai merupakan tanaman yang sangat mudah sekali dalam tumbuh. Buktinya tanaman kedelai ini bisa tumbuh di berbagai tempat walaupun mempunyai struktur tanah yang berbeda. Tapi walaupun begitu, ada persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin melakukan budidaya kedelai ini.

Tanah harus memiliki sistem drainase yang baik, dan juga memiliki kelembaban sekitar 60 sampai dengan 70 %. Ketinggian tempat budidaya yang baik adalah di ketinggian 600 meter diatas permukaan laut. Dengan suhu lingkungan sekitar 25 sampai 30 derajat celcius dengan PH yang dimiliki tanah sekitar 6 sampai 7.

Kedua, Mempersiapkan lahan yang dipakai untuk budidaya. Persiapkan lahan tempat budidaya, dengan membersihkan sisa-sisa dari panen tanaman yang digunakan lahan itu. Dan gemburkan tanah serta buat lah sistem drainase yang baik.

Ketiga, pemilihan bibit kedelai untuk dibudidayakan. Pilihlah bibit yang berkualitas jika ingin hasil yang maksimal. Karena kualitas hasil dari kedelai itu sendiri didapat dari bibit kedelai tersebut. Kalau bibit nya saja jelek bagaimana dengan hasil nya? Pastilah tidak jauh dari bibitnya.

Keempat, Melakukan penanaman bibit kedelai. Waktu yang tepat untuk digunakan dalam melakukan penanaman bibit kedelai ini adalah akhir dari musim penghujan. Karena diakhir musim penghujan tidak terlalu basah, karena kedelai sendiri tidak suka tanah yang terlalu basah. Cara menanamnya sendiri dengan menaruh 2 sampai 3 biji kedalam lubang yang dibuat dilahan, sertakan juga pupuk agar cepat tumbuh. Lalu tutup dengan tanah yang gembur, tapi jangan dipadatkan, biarkan saja tetap gembur. Membuat lubang di lahannya diberi jarak 20x30 cm.

teknik budidaya tanaman kedelai

Kelima, Melakukan penyulaman serta penyiangan. Dalam melakukan penyulaman, tunggu benih sampai berumur 5 sampai 6 hari. Jika sudah 6 hari ada benih yang tidak tumbuh, maka lakukan penyulaman, yaitu ganti dengan bibit yang baru. Karena itu artinya bibit yang tidak tumbuh tadi gagal untuk di budidayakan. Dalam melakukan penyulaman lebih baik dilakukan pada sore hari.

Untuk melakukan penyiangan setelah benih berumur 20 hari, itu untuk penyiangan pertama, kalau untuk penyiangan kedua setelah berumur 40 sampai 45 hari atau saat benih sudah mulai berbunga. Sedangkan untuk penyiangan ketiga lakukan setelah memberi pupuk yang kedua.

Keenam, Pemupukan. Dalam melakukan pemupukan ini dilakukan setiap 2 minggu sekali. Dan jangan melakukan pemupukan jika benih kedelai sudah berbunga. Karena nanti akan menggangu pertumbuhan kedelai.

Ketujuh, Perawatan. Perawatan ini dimaksudkan dengan menghilangkan hama dan penyakit. Biasanya terdapat hama yang menyerang tanaman kedelai tersebut. Hal ini bisa dicegah dengan pemberian insektisida.

Kedelapan, Pemanenan tanaman kedelai. Dalam melakukan pemanenan ini sangatlah mudah. Tanda tanda tanaman kedelai sudah siap untuk dipanen adalah dari fisik biji polong, jika warna biji polong sudah berwarna kuning serta banyak daunnya yang gugur berarti tanaman kedelai tersebut siap untuk dipanen.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Teknis Serta Cara Budidaya Tanaman Kedelai Yang Sederhana"