Teknik dan Cara Termudah Dalam Budidaya Tanaman Buah Mangga

Cara budidaya tanaman buah mangga di pekarangan rumah

Kita sendiri jika mempunyai lahan yang lebar, pasti didalam pekarangan ingin menanam tanaman yang dapat berbuah, contohnya dengan budidaya pohon mangga. Tapi kalau pekarangan sempit? Yah, tetap bisa, tapi ada cara khusus nya jika ingin melakukan budidaya tanaman buah mangga ini.  Dengan Pekarangan yang kecil memang membatasi kita untuk melakukan hobi tanam menanam. Itu wajar, karena dengan melihat realita hal seperti itu mungkin hampir mustahil.

Sebelum itu, mangga sendiri adalah buah yang sebenarnya berasal dari India. Lambat laun tersebar ke Asia Tenggara dan sampai ke Indonesia maupun Malaysia. Untuk Indonesia sendiri, dalam produksi mangga ini sangatlah kecil. Sehingga dalam bidang ekspor buah mangga, Indonesia tidak bisa, karena dari produksi yang kecil tetapi juga kualitas dari buah mangga tersebut masih kurang dari standar. Ini mungkin disebabkan karena kurangnya teknologi yang dipakai di Indonesia.

teknik budidaya tanaman mangga

Langkah – Langkah Budidaya tanaman pohon mangga

Kita memang akan melakukan budidaya pohon mangga ini di pekarangan rumah. Oleh sebab itulah, harus tahu faktor faktor pendukung apa saja yang dapat membuat pertumbuhan mangga menjadi lebih maksimal.

Yang pertama, persiapkan lahan tempat budidaya. Walaupun pekarangan rumah mempunyai luas yang sempit, mau tidak mau di tempat itulah dilakukan budidaya. Cara mensuburkan tanah dengan menggemburkan tanah dengan cangkul atau alat lain. Lalu berikan pupuk dasar, campurkan hingga rata pada tanah tersebut. Tunggu hingga satu minggu agar tanah dan pupuk tersebut dapat bercampur dengan sempurna sebelum bibit mangga di tanam.

Kedua, Untuk bibit tanaman buah mangga ini lebih baik anda beli aja, beli bibit yang umur 1-2 tahun yang kelihatannya sudah matang untuk ditanam. Malah kalau bisa, beli bibit yang bersertifikat, karena bibit yang paling bagus adalah bibit yang bersertifikat. Pilih jenis bibit mangga apa yang ingin ditanam, karena buah mangga sendiri mempunyai banyak sekali jenis. Tentunya hal ini juga berbeda dalam melakukan pembudidayaannya. Tetapi, cara dan tekniknya tetaplah sama.

Ketiga, Melakukan penanaman benih buah mangga. Buatlah lubah pada tanah yang sudah digemburkan serta diberi pupuk tadi. Buat lubang yang sekiranya semua akar buah mangga masuk kedalam. Dan tentunya jangan sampai pas pasan. Beri 5-10 cm lebih kedalam agar buah mangga ini tidak jatuh. Lalu lakukan penyiraman yang rutin pada pagi dan juga sore hari. Jangan sampai lupa dalam menyiram.

Keempat, Lakukan Perawatan Pada Pohon Mangga Setiap hari. Perawatan pohon mangga ini seperti memberikan pupuk pada pohon mangga. Jangan terlalu sering dan jangan sampai kelupaan. Karena pupuk ini berfungsi untuk menstabilkan unsure unsure dalam tanah sehingga bisa mempercepat pertumbuhan tanaman mangga ini. Lalu jangan lupa untuk membersihkan hama dan gulma. Karena pohon mangga di tanam di pekarangan hal ini sangat lah mudah. Karena kita bisa melihat pohon mangga tiap hari.

cara budidaya buah mangga

Untuk itu, jika ada gulma, biasanya gulma benalu yang menempel pada pohon mangga. Langsung saja potong gulma tersebut, Karena itu bisa menghambat proses pertumbuhan pohon mangga. Untuk hama sendiri mungkin ulat daun dan juga kelelawar jika sudah mempunyai buah yang hampir matang. Untuk ulat mengantisipasi kelelawar sangatlah mudah, dengan tutupi saja buah mangga dengan plastik atau yang lainnya agar tidak bisa dimakan oleh kelelawar.

Kelima, Panen buah mangga. Untuk panennya bisa dilihat secara fisik. Jika ada buah mangga yang kelihatan besar dan juga lebih ke kuning maka buah mangga tersebut tentunya sudah makan. Untuk mengetahui dari bunga mangga. Jika pohon mangga sudah memiliki bunga, maka selama 1 sampai 3 bulan maka mangga akan sudah matang.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Teknik dan Cara Termudah Dalam Budidaya Tanaman Buah Mangga"