Teknik Dan Cara Budidaya Tanaman Tebu Dengan Mudah

No comment 4600 views

Cara budidaya tanaman tebu ? Tanaman tebu ini pada dasarnya termasuk dalam jenis rerumputan. Karena seperti rumput di daerah yang tidak terurus. Tanaman tebu di Negara luar dikenal dengan nama sugar cane. Tanaman ini merupakan rerumputan yang memiliki batang yang manis, tebu ini lah yang merupakan bahan dasar dari gula.

Mungkin hal ini sudah banyak diketahui, karena hal ini sendiri sudah ada di pelajaran waktu kita sd dulu. Tetapi, apakah tanaman tebu di Indonesia mampu untuk mengimbangi kebutuhan akan gula oleh seluruh masyarakat Indonesia ? ya itulah masalahnya, tanaman tebu semakin lama semakin berkurang tetapi penduduk Indonesia ini semakin bertambah saja. Karena untuk mensiasati hal itulah, kita akan membuat tanaman tebu menjadi berkualitas.

Teknik Dan Cara Budidaya Tanaman Tebu

Tetapi, untuk memanen tanaman tebu ini, dibutuhkan waktu kurang lebih 1 tahun untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kalau anda ingin mencoba budidaya tanaman tebu, anda harus tahu ilmu nya dulu. Karena itulah anda harus mempelajari teknik budidaya tebu dan juga caranya.

Cara Budidaya tanaman tebu dengan maksimal dan mudah

Berikut ini ada langkah – langkah dan teknik budidaya tanaman tebu agar mendapatkan hasil yang maksimal dan juga memuaskan :

  1. Persiapan Lahan

Tentu ini adalah hal yang paling utama. Karena lahan inilah yang berperan penting dalam pertumbuhan tanaman tebu, soalnya dari lahan lah tanaman tebu mendapatkan nutrisi. Anda bisa membajak lahan yang akan digunakan untuk menanam ini, bajak hingga tanah menjadi lebih gembur. Ataupun kamu bisa menggunakan cara lain yaitu dengan membuat lubang tanam pada lahan yang akan ditanami. Cara ini juga efektif untuk pertumbuhan tanaman tebu.

  1. Bibit Tanaman Tebu

Dalam pemilihan bibit ini, ada beberapa yang perlu diperhatikan. Bibit sebaiknya dipilih berdasarkan bibit tampak baik, segar, dan juga tidak kisut. Untuk benih yang biasa digunakan adalah bibit rayungan, bibit pucuk, bibit siwilan dan bibit batang muda. Jika untuk bibit pucuk ini biasanya diambil dari tanaman tebu yang berumur 1 tahun.

  1. Penanaman

Sebelum melakukan penanaman, sebaiknya anda menanam tanaman tebu ini saat cuaca yang cerah. Untuk cara penanam ini biasanya dibagi menjadi dua cara, karena biasanya tanaman tebu ini dibudidayakan di tempat yang kering maupun tempat yang basah. Penanaman untuk daerah basah biasanya menggunakan teknik tumpang tindih yaitu dengan stek 4 mata tunas. Sedangkan untuk penanaman di daerah yang keris menggunakan stek yang memiliki 7 mata tunas.

  1. Perawatan

Yang masuk dalam proses perawatan ini adalah penyiraman, penyulaman, pemupukan, penaggulangan hama, dan juga penyiangan. Untuk proses penyiraman ini, kita harus mengetahui dulu cuaca dan iklimnya, jika sedang hujan, lebih baik tidak perlu untuk melakukan penyiraman. Dan juga ketika tanaman tebu tersebut sedang diberi pupuk, sebaiknya selama 3 hari tidak perlu untuk disiram agar proses pemupukan berjalan dengan efektif.

Untuk proses penyulaman ini adalah dengan menggantikan bibit tanaman tebu yang dikira – kira tidak akan tumbuh dengan baik dengan bibit yang baru. Kita bisa melihat hal ini setelah 1 bulan. Sedangkan untuk proses pemupukan, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dari tanaman tebu tersebut, takutnya nanti akan berlebihan ataupun kekurangan. Kalau hal ini bisa ditanyakan kepada orang yang menjual pupuk atau bibit tanaman tebu.

Untuk proses penanggulangan hama, biasanya dengan menyemprotkan insektisida. Karena biasanya hama yang menyerang adalah hama ulat pengerek. Jika untuk menyerang ulat pengerek ini digunakan obat Thiodan 35 EC pada benih tanaman tebu.

Kalau untuk proses penyiangan, bisa dilakukan dengan mengambil gulma – gulma yang menyerang tanaman tebu, bisa dilakukan dengan mencangkul ataupun mengambil dengan tangan. Tetapi jika anda menanam di daerah yang kering, pasti nanti akan ada banyak sekali gulma, nah untuk menyiasati hal itu bisa dilakukan semprot herbisida.

  1. Pemanenan

Untuk waktu pemanenan yang baik adalah pada saat yang cerah dan pada musim kemarau. Untuk memanennya sendiri ada caranya, yaitu cangkul tanah di tempat tebu tersebut sedalam 20 centimeter, jika tebu tersebut ingin anda tanam lagi, sebaiknya sisakan 3 ruas tetapi kalau ingin mengosongkan lahan, langsung cabut sampai akarnya saja.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara budidaya tanaman tebu, mudah bukan ? cara budidaya tanaman tebu ini sangatlah mudah, walaupun dengan cara mudah tetapi dapat menghasilkan hasil yang maksimal.

Baca Artikel Lainnya :

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Teknik Dan Cara Budidaya Tanaman Tebu Dengan Mudah"