Teknik Dan Cara Budidaya Tanaman Pisang Dengan Mudah

No comment 2119 views

Ingin melakukan budidaya tanaman pisang ? tetapi belum tahu cara maupun tekniknya ? yah, memang semua itu tidak bisa didapatkan dengan instan sih. Pisang sendiri merupakan salah satu buah tropis yang memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Untuk di Indonesia sendiri, menanam buah pisang ini sangatlah mudah. Tidak percaya ?

Di Indonesia ini mempunyai tanah yang subur loh, kita tidak sengaja membuang buah pisang ke halaman atau pekarangan belakang rumah maka nantinya secara tidak sengaja bisa jadi tumbuh pohon pisang, ya karena tanah di Indonesia ini sangatlah bagus untuk bercocok tanam. Jadi buat anda yang ingin mencoba budidaya tanaman pisang, tidak perlu takut maupun bingung, karena kita sudah di beri kelimpahan harta yang memudahkan kita untuk melakukan bisnis.

Tetapi walaupun begitu, tetap ada cara agar mendapatkan kualitas buah yang baik. ya, itu dibutuhkan teknik budidaya tanaman pisang agar bisa mendapatkan kualitas buah terbaik juga agar pohon pisang dapat tumbuh dengan cepat. Karena bagaimanapun juga, yang dicari adalah bagaimana cara biar pertumbuhan lebih cepat dan juga mendapatkan hasil yang maksimal. Jika ingin budidaya buah lain, seperti budidaya tanaman pepaya, budidaya buah jeruk.

Teknik Dan Cara Budidaya Tanaman Pisang Dengan Mudah

Langkah – Langkah cara budidaya tanaman pisang

  1. Pemilihan Benih

Ya, hal yang paling penting dan mendasar dalam budidaya tanaman pisang adalah pemilihan bibitnya. Untuk pemilihan bibit ini memang jika untuk seorang pemula pasti sulit membedakan mana benih yang berkualitas bagus, mana yang berkualitas jelek. Saran saya lebih baik tanya kepada petani buah pisang mengenai hal ini, karena anda pastinya akan kesulitan dalam pemilihan bibit ini.

Setelah dipilih bibit yang akan ditanam, langkah selanjutnya adalah mengambil tunas pisangnya. Ya, cara nya tentunya sangatlah mudah, tinggal menggali tanah tempat bibit tersebut hingga terlihat bonggolnya, lalu potong di bagian bonggol atau umbi pisang tersebut. Ingat, jangan lakukan pemotongan pada bagian pohon pisang, tetapi lakukan pada bonggolnya.

  1. Menyiapkan Media Tanam

Persiapkan lahan yang akan digunakan untuk budidaya pohon pisang. Lalu buatlah lubang tanam dengan ukuran 50x50 centi meter dan mempunyai kedalaman kira kira 50cm juga. Atau jika untuk mendapatkan amannya lebih baik buatlah sesuai dengan bonggol dari tunas pisang tersebut. Lalu isilah lubang tersebut dengan pupuk kompos ataupun pupuk kandang. Biarkan selama 2 hari agar pupuk tersebut dapat menyatu dengan tanah.

  1. Menanam

Untuk menanam pohon pisang ini tinggal masukkan saja tunas pisang yang diambil tadi kedalam lubang tanam yang telah di campur dengan pupuk kompos. Lalu tutup dengan tanah hasil galian lubang tersebut. Anda saat menanam ini bisa mengatur arah pertumbuhan dari pohon pisang, karena biasanya pohon pisang akan tumbuh berlawanan dengan bekas potongan tunas yang dari induknya tadi.

  1. Merawat atau memelihara

Dalam proses perawatan ini sangatlah mudah, seperti melakukan pemupukan kembali. Ya, untuk membuat tanaman pisang cepat tumbuhnya maka diperlukan pemupukan kembali, hal ini juga bisa membuat kita mendapatkan hasil yang maksimal. Perawata juga meliputi pembersihan pohon pisang, seperti jika ada daun yang kering sebaiknya di potong saja, dan letakkan daun tersebut dibawah pohonnya agar menjadi pupuk untuk tanaman pisang. Dan kurangi jumlah anakan tunas, hal ini berfungsi agar tanaman pisang dapat cepat berbuah karena hanya berkonsentrasi pada dirinya sendiri.

  1. Panen

Umunya buah pisang ini akan berbuah setelah berumur 120 hari dari masa tanam. Untuk ciri – ciri buah yang sudah matang ini biasanya berwarna kuning. Untuk cara mengambilnya sendiri dengan memotong tandannya ataupn dengan menebang pohonnya sampai dengan ke pangkal.

Nah, itulah beberapa langkah cara budidaya tanaman pisang, mudah bukan? Karena memang budidaya tanaman pisang ini terbilang cukup mudah, bahkan orang yang tidak pernah melakukan cocok tanam pun pasti akan langsung paham mengenai hal ini.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Teknik Dan Cara Budidaya Tanaman Pisang Dengan Mudah"