Teknik Dan Cara Budidaya Tanaman Kubis Kol Dengan Mudah

No comment 5337 views

www.jenistanaman.com, Tanaman kubis atau kol merupakan salah satu tanaman yang di budidayakan oleh masyarakat local. Tanaman kubis sendiri merupakan salah satu sayuran yang sering digunakan oleh para ibu rumah tangga untuk membuat masakan. Ya, kubis juga sering digunakan untuk lalapan.

Untuk pasar tanaman kubis sendiri merupakan sangat bagus, karena tanaman kubis sendiri laku di local dan juga sampai mancanegara. Karena memang tanaman kubis ini penting. Jika kamu tidak ingin lagi membeli tanaman kubis ini, mending dari sekarang lakukan budidaya tanaman kubis. Karena caranya mudah, tidak ribet.

Untuk sejarah tanaman kubis sendiri, sebenarnya tanaman ini dulu dianggap gulma atau tanaman penganggu, tapi seiring dengan waktu diketahui bahwa tanaman kubis ini sangat berguna bagi kesehatan dan juga dapat menyedapkan masakan. Asal dari tanaman kubis sebenarnya dari Denmark.

Teknik Dan Cara Budidaya Tanaman Kubis Kol Dengan Mudah

Langkah – langkah dalam melakukan budidaya tanaman kubis kol

Ya, ada beberapa cara budidaya tanaman kubis yang perlu diperhatikan agar tanaman kubis dapat tumbuh dengan maksimal.

  1. Persiapkan lahan

Cara mempersiapkan lahan ini dengan mencangkul lahan yang akan digunakan untuk budidaya tanaman kubis sedalam 20 sampai 30 centi meter. untuk lahannya sebaiknya jangan gunakan lahan yang secara terus menerus untuk menanami tanaman kubis, lebih baik lahannya itu hasil pergantian dari tanaman lain karena ini akan mempengaruhi hasil dari tanaman kubis.

Setelah mempersiapkan lahan, cobalah buat media persemaian yang berisi campuran tanah dengan pupuk kompos. Rendam bibit kubis dengan air hangat selama satu jam, lalu tebarkan secara merata ke lahan dan ditutup dengan daun pisang selama 4 hari. Buka tutup daun pisang waktu pagi hari sampai jam 10, lalu buka kembali pada jam 3 sore.

Jangan lupa untuk mengecek bibit bibit tanaman kubis, apakah terkena penyakit atau tidak. Jika ada tanaman kubis yang terkena penyakit sebaiknya buang saja daunnya. Penyakit biasanya yang menyerang tanaman kubis adalah tepung berbulu ataupun ulat daun.

  1. Fase Tanam

Cara menanam kubis kol selanjutnya adalah fase tanam. Sebelumnya melakukan penanaman pilih dulu jarak tanam yang akan dipakai. Untuk jarak tanam sendiri ada dua jenis yaitu jarak tanam jarang yang berukuran 70x50 centi meter dan jarak tanam rapat ukuran 60x50centimeter. Pilihlah bibit yang akan ditanam itu bibit yang terbaik, bibit yang baik itu bibit yang segar yang memiliki minimal 5 daun dan berumur 3 sampai 4 minggu.

Sebelum menanam bibit kubis, sebaiknya diberikan pupuk dasar pada lubang tanam, lalu tutup kembali dengan tanah. Untuk proses tanamnya sendiri dimulai dari membuat lubang berdasarkan jarak tanam yang dipilih. Lalu pemilihan bibit seperti diatas dan menanam bibit pada lubang tanam. Biasanya orang yang menanam kubis kol maka akan dibarengi dengan menanam tanaman tomat atau sering disebut dengan tumpangsari.

  1. Fase Pra Pembentukan Krop ( 0-49 hari )

Untuk fase ini dilakukan dengan penyiraman. Penyiraman dilakukan pada waktu pagi dan sore hari. Lalu untuk pemupukan lanjutan bisa dilakukan saat tanaman kubis berumur 28 hari setelah pertama kali tanam. Untuk Penyiangannya sendiri bisa dilakukan saat umur 2 dan 4 minggu.

Dan jangan lupa untuk memperhatikan tanaman kubis, lakukan perawatan tanaman kubis setiap minggunya. Untuk mengetahui kubis mana yang mati, jika ada tanaman kubis yang mati, segera ambil dan buang saja, lalu gantikan dengan tanaman kubis yang baru dan sehat.

  1. Fase Pembentukan Crop ( 50-90 hari )

Fase pembentukan crop ini merupakan fase menjelang prosen panen. Pada waktu ini lakukan penyiangan seminggu sebelum melakukan panen, penyiangan ini sebaiknya dilakukan menggunakan tangan jangan menggunakan bahan kimia untuk menghindari pengaruh bahan kimia pada hasil tanaman kubis.

Lihatlah dengan seksama tanaman kubis anda, cermati, jika ada hama hama yang mengganggu kelangsungan hidup tanaman kubis sebaiknya langsung di bunuh atau dibuang. Hama yang menyerang tanaman kubis biasanya adalah ulat daun. Maka dari itu, cukup gunakan tangan saja.

  1. Panen dan Pasca Panen ( 81-105 hari )

Pada masa ini tanaman kubis sudah bisa dipanen. Tanda – tanda tanaman kubis sudah siap dipanen adalah krop melengkung keluar berwarna hijau keunguan. Sedangkan krop bagian dalam sudah padat tidak empuk. Usahakan saat memanen tidak ada luka pada kubis, dan ikut sertakan krop yang melindungi kubis.

Jika ada yang busuk, segera buang bagian tersebut. Karena nantinya juga akan menular kebagian lain. Saat pengumpulan kubis, letakkan di tempat yang teduh yang jauh dari sinar matahari, ini dimaksudkan agar kubis mendapatkan kualitas dan kuantitas terbaik.

Bagaimana? Mudah bukan cara budidaya tanaman kubis kol. Daripada harus membeli kubis kol terus menerus mending punya tanamannya sendiri sehingga jauh lebih irit dan juga tahu bagaimana cara bertanam.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Teknik Dan Cara Budidaya Tanaman Kubis Kol Dengan Mudah"