Teknik Budidaya Tanaman Jagung Hibrida Yang Efektif Dan Efisien

Teknik budidaya tanaman jagung hibrida - Dari tahun ke tahun kini semakin banyak petani yang melakukan budidaya tanaman jagung. Pertambahan penduduk dan perbaikan gizi masyarakat menjadi salah satu faktor utama peningkatan permintaan jagung. Selain untuk komoditi bahan baku industry, jagung bisa digunakan untuk bahan pembuatan produk ethanol, dimana jagung jenis hibrida lah yang paling abnyak memiliki kelebihan dari jagung komposit.

Kelebihan jagung hibrida sendiri yaitu ada 2 yakni produksinya yang 25-30% lebih tinggi hingga tahana penyakit dan rebah. Hampir seluruh bagian tanaman ini digunakan untuk berbagai macam keperluan. Budidaya tanman jagung sangatlah mudah, karena jagung tidak memerlukan persyaratn lingkungan yang rumit, artinya lahan yang digunakan bisa berbagai macam tanah, bahkan di tanah kering pun tanaman ini dapat tumbuh walupun kurang optimal dalam pertumbuhannya.

 

teknik-budidaya-tanaman-jagung-hibrida-yang-efektif-dan-efisien

 

Berikut kami sajikan langkah-langkah teknik budidaya tanaman jaguung hibrida:

 

Syarat Tumbuh

Tanaman jagung memiliki kemampuan yang cukup baik dalam beradaptasi dengan tanah, tanah yang cocok minimal memiliki  pH 6 -8. Dan Suhu  minimum untuk pertumbuhan jagung antara 24-30 ° C. untuk Ketersediaan air dapat ditingkatkan dengan pemberian pupuk buatan.

Menentukan benih Jagung

Kamu harus memerhatikan kualitas benih dari bentuk kesehatannya, kemurnian varietas, dan daya tumbuh benih. benih hibrida memiliki kelemahan dari segi harga benih hibrida yang luamyan mahal, dan maksimal hanya bisa digunakan 2 kali keturunan.

Langkah penyiapan benih jagung

Untuk persiapan benih ini bisa kita lakukan beberapa langkah yaitu pilih jagung yang pertumbuhan tanamannya sehat, bertongkol besar, barisan bijinya lurus, dan tidak terserang penyakit apapun. Jumlah benih yang dianjurkan untuk setiap ha adalah 25 kg.

Persiapan lahan

Cara budidaya tanaman jagung selanjutnya yaitu persiapan lahan:

  • Pemberian pupuk dan kompos pada lahan tanam.
  • Membuat bendengan rendah dengan jarak 75 cm antar bendeng.

 

Waktu tanam dan Kedalaman tanah

Untuk waktu yang cocok menanam benih jagung adalah saat musim hujan tiba, dan masukan 1 benih jagung ke setiap lubang. Untuk kedalaman lubang tergantung dengan jenis tanahnya sendiri, kedalaman yang ideal adalah sekitar 5 cm. kelembaban tanah yang ideal adalah 24-340 C.

 

Pembersihan lahan

Pastikan lahan yang akan ditanami jagung bersih dari gulma dan rumput luar. Pembuatan bendengan  juga dilakukan untuk membuat saluran irigasi untuk emmpermudah pengairan saat musim hujan tiba. Karena pada saat musim penghujan tiba kita tidak perlu memberikan pengairan lagi.

 

PEMUPUKAN

  • unsur hara yang paling banyak diperlukan tanaman untuk diserap tanaman adalah unsur Nitrogen, fosfor dan kalium .
  • Nitrogen dibutuhkan tanaman jagung ketika masa pertumbuhan sampai pematangan biji. Jika tanaman ini kekurangan nitrogen maka akan dapat menurunkan hasil dari panen nantinya.
  • Fosfor diperlukan dalam budidaya tanamnan jagung untuk masa pertumbuhan lanjut, khususnya ketika tanaman masih muda. Jika tanaman kekurangan fosfor maka tanaman akan tumbuh kerdil dan hanya setinggi lutut.

 

PEMELIHARAAN

pemeliharaan yang perlu dilakukan antara lain penyulaman, penjarangan, penyiangan, dan lain-lain. Penyulaman bisa dilakukan ketika bibit sudah berumur sekitar 1 minggu. Langkah lain yaitu dengan membersihkan lahan dari gulma. cara budidaya tanaman jagung. Karena gulma bisa membuat penurunan hasil panen. Periode kritis gulma terjadi sejak tanam sampai seperempat dari daur hidup tanaman tersebut.

 

PENYAKIT DAN HAMA 

Tanaman jagung terdiri atas akar, batang, daun, bunga dan biji. Beberapa jenis hama dan penyakit tanaman jagung yang sering merusak dan menggangu pertumbuhan jagung dan mempengaruhi produktivitas antara lain :

  • Hama yang menyerang tanaman jagung, banyak macamnya diantaranya hama lundi, lalat bibit, penggerek batang, ulat tentara, ulat tongkol, ulat tanah dan ulat daun.
  • Penyakit tanaman jagung, macam-macamnya : bulai, cendawan, bercak ungu, karat.

Oleh karena itu, cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hama tersebut yaitu adalah:

  • Penggunaan varietas bibit yang resisten
  • Pemeliharaan dan pemanfaatan musuh-musuh alami
  • Penggunaan teknik-teknik agronomi
  • Penggunaan desinfektan pada benih yang akan ditanam

 

PANEN 

 

Waktu panen jagung di pengaruhi oleh ketinggian lahan, cuaca dan derajat masak. Umur panen jagung yang siap panen umumnya  sudah berumur 7 minggu setelah berbunga.

Pemanenan ini dilakukan apabila jagung cukup tua yaitu ketika kulit jagung sudah berwarna kuning.

 

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Teknik Budidaya Tanaman Jagung Hibrida Yang Efektif Dan Efisien"