Teknik Budidaya Tanaman Buah-Buahan Di Dalam Pot

No comment 624 views

Tanaman Dalam Pot - Tabulampot? Apa itu? Tabulampot adalah metode budidaya tanaman buah dalam pot yang dibuat untuk mengakali tentang keterbatasan lahan, tanaman buah ini biasanya bisa tumbuh tinggi dipekarangan. Oleh karena itu, para hobiis tanaman buah dalam pot harus bisa mengerti cara memliharanya. Budiadaya tanaman buah dalam pot pasti perlu mendapatkan perhatian yanh sangat maksimal agar bisa mendapatkan buah yang tumbuh cepat. Kadang kala, ada kesalahpahaman saat kita memperlakukan tanaman buah dalam pot, sehingga buah tak kunjung berbuah.

Sekarang  ini banyak bermunculan nursery penyedia bibit tanaman buah dalam pot. Dalam berbagai even atau pameran pertanian, tabulamput acap akli menjadi incaran. Merka tertarik pada tabulampot  karena alasan fungsional ataupun estetikanya. Contoh tanaman buah yang bisa jadi tabulampot adalah buah jeruk, buah sawo, buah naga, strowberry dan lain-lain. Berikut ada teknik budidaya tanaman buah dalam pot agar cepat berbuah.

 

teknik-budidaya-tanaman-buah-buahan-di-dalam-pot

 

Teknik budidaya tanaman buah dalam pot

Menyiapkan bibit tabulampot

Hal pertama dalam budidaya tanaman buah dalam pot adalah menyiapkan bibit. Bibit sangat menentukan tingkat keberhasilan tabulampot. Untuk tabulampot sebaiknya gunakan bibit hasil dari pebanyakan vegetative. Bibit hasil perbanyakan vegetative juga lebih cepat untuk berbuah dan bisa diprediksi, namun bibit ini juga memiliki kekurangan yaitu bibit ini akan mudah roboh dan  kurang kuat ketika mengalami kekeringan.

 

Menyiapkan media tanam

Media tanam untuk tabulampot itu bermacam-macam. Bisa berfungsi sebagai tempat tumbuhnya akar tanaman. Media tanam yang cocok antara lain campuran tanah, kompos dana rang denagn perbanfingan 1:1:1. Setelah media tanam siap, selanjutnya siapkan pot untuk wadah. Jenis pot bisa terbuat dari tanah liat, plastik, logam (drum),  semen mapun kayu. Namun Pot yang berbahan dari  tanah liat dan kayu sangatlah baik digunakan untuk tabulampot karena bisa memiliki pori-pori yang bisa menjaga kelembaban dan temperatur media tanam lebih stabil. Wadah tabulampot yang baik juga harus memiliki alas untuk memisahkan dasar pot dengan tanah. Hal ini berfungsi sebagai tempat drainase dan memudahkan pengawasan agar akar tanaman tidak menembus ke tanah.

Penanaman Bibit

Langkah berikutnya dalam budidaya tanaman buah buahan yaitu  memindahkan bibit tanaman kedalam wadah tabulampot. Caranya:

  • Siapkan bahan media tanam dan siapkan pot dengan ukuran yang disesuaikan oleh tanaman. Lebih baik dimulai dari ukuran pot yang paling kecil, sehingga jika tanamn tumbuh besar bisa diganti oleh pot yang lebih besar juga.
  • Pada dasar pot diberi pecahan genteng, dan kemudian sabut kelapa satu lapis juga.
  • Setlah itu isi dengan media tanam hingga setengah pot.
  • Letakkan tepat ditengah-tengah pot, lalu timbun dengan media tanam hingga pangkal batang.
  • Pastiakn tanaman sudah kuat tertopang dengan cara padatkan tanah disekitar batang, lalu siram dengan air setiap pagi atau sore.

Perawatan

Dalam budidaya tabulampot juga diperlukan untuk dilakukannya perawatan.  Lakukan penyiraman setiap hari pada musim kearau dan saat musim hujan dilakukan ketika tanaman terlihat kering saja. Lakukan pemangkasan juga, hal ini bertujuan untuk membentuk tajuk baru dan mengatur postur tanaman. Perawat berikutnya yaitu pemupukan dan pengendalian hama. Setijakanya lakukan pemupukan pertama kali dalam satu bulan selanjutnya lakukan 3-4 bulan sekali. Dan pengendalian hama juga baik dialkukan sejak dini yaitu saat pemilihan bibit. Pencegahan hama dan penyakit juga bisa dialkukan denagn menjaga kebersihan media tanam dan kebun.

 

Nah itu tadi adalah beberapa teknik budidaya tanaman buah dalam pot yang bisa kamu praktikan untuk pekarangan mu yang tidak begitu luas lahannya. Selamat mencoba.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Teknik Budidaya Tanaman Buah-Buahan Di Dalam Pot"