Teknik Budidaya Buah Semangka Merah Yang Baik

No comment 1938 views

sejauh ini, semua warga indonesia pasti sudah tahu mengenai buah semangka ? karena buah satu ini memang sudah sangat familiar untuk warga indonesia. untuk itulah, buah semangka ini banyak sekali dibudidayakan di indonesia. karena nilai ekonomi dari buah semangka ini sendiri sangatlah tinggi. sehingga banyak yang mencoba untuk membudidayakannya.

Tetapi, untuk soal budidaya buah merah satu ini, diperlukan ilmu mengenai teknik budidaya semangka ini. Jika anda memang ingin terjun di bidang bisnis budidaya buah semangka ini maka anda tidak perlu ragu lagi, karena budidaya semangka ini memiliki peluang besar. dan sebenarnya tidak memerlukan banyak lahan sih, karena ada juga budidaya semangka dengan teknik hidroponik.

5 Tips Dalam Budidaya Buah Semangka Merah

  1. Penentuan Lahan

Teknik budidaya semangka yang pertama adalah menentukan lahan tempat budidaya semangka. Karena lahan ini mempunyai peranan penting dalam teknik budidaya buah semangka. Jika anda salah pilih lahan yang tepat untuk budidaya, maka nanti pertumbuhan buah semangka tentunya akan terganggu dan juga tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk lahan yang baik untuk budidaya semangka ini adalah lahan dengan ph antara 5 sampai 7. ya, kira - kira tanah yang memiliki ph netral. jangan sampai terlalu asam maupun terlalu basa. karena unsur hara nya tentunya akan berbeda. lalu, usahakan pilihlah lahan yang diantara ketinggian 0 meter sampai dengan 1000 meter diatas permukaan laut.

Setelah anda mendapatkan lahan yang cocok, tentunya buatlah lahan tersebut menjadi lahan yang siap untuk ditanami. seperti dengan menggemburkan tanah pada lahan, caranya dengan mencangkul tanah, hingga gembur dan jangan lupa untuk membuat bedengan juga, serta lubang tanam agar dapat memudahkan dalam menanam tanaman semangka ini.

Teknik Budidaya Buah Semangka Merah Yang Baik

  1. Pembibitan Semangka

Untuk mendapatkan bibit semangka merah yang baik, anda bisa mencoba untuk menyemai sendiri. tetapi, sebelum itu, beli lah benih buah semangka merah yang berkualitas bagus. setelah mendapatkan benihnya, kamu bisa menanam benih tersebut kedalam polybag, lalu siramlah tiap pagi dan sore hari. hingga benih buah semangka ini memiliki 2 sampai 3 daun. biasanya benih yang sudah siap untuk ditanam memiliki masa umur sekitar 4 minggu setelah awal tanam.

  1. Cara Menanam Semangka

Untuk cara menanam buah semangka ini tinggal memindahkan saja benih yang sudah berumur 4 minggu kedalam lahan. masukkan benih beserta tanahnya kedalam lubang tanam yang sudah di beri pupuk dan dibiarkan selama 2 minggu. kenapa lubang tanam harus diberi pupuk dan dibiarkan selama itu ? itu untuk membuat pupuknya terserap baik oleh tanah, dan bisa membuat tanaman menjadi lebih mudah dalam beradaptasi.

lalu siramlah lubang tanam tersebut dengan air hingga meresap kedalam tanah. karena untuk permulaan hal ini sangatlah penting. untuk itulah, jangan abaikan mengenai pertama kali tanam di lahan ini.

  1. Cara Pemeliharaan Tanaman Semangka

untuk pemeliharaan tanaman buah merah ini bisa meliputi penyiraman, penyiangan dan juga pemupukan susulan. untuk penyiraman sendiri jika sudah musim kemarau maka sebaiknya di siram setiap pagi dan sore hari. tetapi, jika sudah musim penghujan tidak perlu repot - repot untuk menyiram kembali karena memang sudah disiram oleh alam sendiri.

lalu, untuk proses penyiangan ini, tentunya di sarankan untuk selalu melakukan proses penyiangan tiap minggu sekali, tentunya agar tanaman buah semangka ini bisa terbebas dari tanaman gulma atau penyakit. karena tentunya tanaman gulma ini akan menghambat pertumbuhan dari buah semangka. lalu jangan lupa untuk melakukan pemupukan susulan juga, karena dengan pemupukan susulan ini bisa meningkatkan hasil dari tumbuhan semangka.

  1. Panen

Untuk pemanenan pun ada caranya tersendiri. lakukan pemanenan jika buah semangka sudah memiliki ciri - ciri daunnya yang sudah mulai layu, lalu, berat buah semangka yang dikira sudah cukup dan jika ditepuk nantinya akan terasa kalau buah semangka ini siap dan matang. untuk cara manennya potong tangkainya dan sisakan kira kira 5 centimeter dari pangkal tangkai. jangan sampai langsung di semangkanya.

Oke, itulah sekilas informasi mengenai teknik budidaya semangka merah. semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.

Baca Artikel Lainnya :

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Teknik Budidaya Buah Semangka Merah Yang Baik"