Tanaman Hias Suplir Untuk Taman Rumah Anda

No comment 5233 views

Tumbuhan suplir merupakan salah satu jenis tumbuhan paku yang hidupnya bergerombol. Biasanya suplir ini digunakan sebagai tanaman hias untuk dalam rumah maupun untuk taman. Suplir memiliki nama latin adiantum sp. Suplir sendiri sebenarnya merupakan rerumputan. Di alam liar, tumbuhan suplir ini tumbuh di daerah sekitar sungai.

Memang dulunya suplir ini tidak mempunyai manfaat apapun. Bahkan orang – orang hanya membuang dan mencabut tanaman ini. tetapi, semakin kesini, suplir ini dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki keunikan yang hidup bergerombol ini.

Sebagai tanaman hias taman, suplir sendiri tidak memberikan keindahan dari bunganya. Yah, karena memang tanaman ini tidak mengusung dari keindahan bunga. Tetapi dari daunnya, maka dari itulah tanaman suplir ini merupakan tanaman hias daun.

Tanaman Hias Suplir Untuk Taman Rumah Anda

Walaupun tanaman suplir ini merupakan varian dari tumbuhan paku. Tapi suplir ini memiliki ciri yang khas yang membedakan dari tumbuhan paku yang lain. Karena biasanya tumbuhan paku memiliki daun yang memanjang tetapi untuk tanaman hias suplir ini cenderung membulat yang merupakan ciri tersendiri dari tanaman suplir.

Cara menanam Tanaman hias suplir untuk taman

Sebenarnya perawatan dan pemeliharaan tanaman hias satu ini sangatlah mudah. Tetapi, kebanyakan orang yang berpikiran kalau suplir ini sangat sulit dalam pemeliharaannya. Ya itu memang anggapan untuk orang – orang yang tidak tahu betul mengenai tumbuhan suplir ini.

Karena sedikit kesalahan bisa membuat pertumbuhan tumbuhan suplir ini terganggu, tetapi kesalahan tersebut akan terjadi jika kita tidak tahu betul mengenai suplir. Maka dari itulah, anda yang ingin mengoleksi tanaman hias suplir ini harus tahu apa saja tentang suplir.

  1. Pemilihan media tanam

Hal inilah yang sangat penting. Banyak orang yang gagal dalam menanam tanaman suplir karena menghiraukan media tanam. Karena kesalahan dalam pemilihan media tanam inilah yang akan menghambat pertumbuhan dari tanaman suplir. Sebenarnya tanaman suplir ini akan tumbuh dengan cepat jika di tanam di tanah yang memiliki ph 6 sampai 7. Ya netral, jangan sedikit asam maupun basa. Karena kalau tidak begitu, nanti suplir kemungkinan besar juga akan mati.

  1. Penempatan

Untuk penempatannya ini mungkin banyak orang yang tidak tahu. Sebaiknya tanaman hias suplir di tempatkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Kalau di taman hias, maka suplir ini ditempatkan di bawah tanaman yang lebih besar darinya. Karena sejatinya tumbuhan suplir ini hanya membutuhkan cahaya matahari secukupnya saja.

Jika tidak digunakan dalam taman hias, biasanya suplir ini sebagai hiasan di teras rumah maupun di dalam rumah. Kalau diteras rumah ini sudah cocok karena cahaya matahari sendiri biasanya terhalang oleh rumah, kalau didalam rumah ini kurang cocok karena kebutuhan akan sinar matahari oleh tumbuhan suplir kurang terpenuhi.

  1. Perawatan

Perawatan untuk tanaman hias taman suplir ini terdiri dari penyiraman dan juga pemupukan. Untuk penyiraman sendiri tidak perlu banyak – banyak. Berikan secukupnya saja. Dan untuk pemupukan, lakukan rutin setiap sebulan sekali, agar tanaman suplir ini bisa tumbuh sehat.

Itulah informasi mengenai tanaman hias suplir, untuk para kolektor tanaman hias harus tahu mengenai informasi ini, soalnya jika asal – asalan mengoleksi suplir malah nanti suplirnya yang akan mati karena kurangnya pengetahuan dalam merawat dan memelihara tanaman suplir ini.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Tanaman Hias Suplir Untuk Taman Rumah Anda"