Tanaman Hias Daun Gelombang Cinta Anthurium

No comment 4634 views

Siapa sih yang tidak tahu mengenai tanaman hias gelombang cinta ? karena tanaman hias daun gelombang cinta ini merupakan salah satu tanaman hias yang fenomenal. Ya, pada beberapa tahun lalu, anthurium gelombang cinta ini menjadi salah satu tanaman hias daun yang sangat lah populer dikalangan masyarakat, bahkan karena saking populernya sehingga harganya pun melonjak drastis hingga menyampai angka ratusan ribu sampai jutaan untuk hanya satu buah tanaman hias gelombang cinta.

Dikarenakan banyaknya permintaan mengenai tanaman hias daun gelombang cinta ini, maka banyak yang mencoba untuk melakukan budidaya tanaman hias daun ini, sehingga banyak orang pun mencoba untuk melakukan penanaman di rumahnya sendiri, karena memang tahu profit yang dihasilkan dari tanaman hias gelombang cinta ini. kalau untuk masa sekarang sih tentunya harganya sudah mulai turun tapi tetap termasuk dalam kategori tanaman hias daun yang memiliki harga yang mahal.

Anthurium gelombang cinta ini memang merupakan kerabat dekat dari tanaman hias kuping gajah, sama – sama dari jenis anthurium daun. Sayangnya saja, perbedaan nya terletak dari daun gelombang cinta. Daun gelombang cinta ini memiliki bentuk daun yang bergelombang dan bertekuk – tekuk serta memiliki warna hijau yang dominan. Ini tentunya sangat berbeda dari bentuk daun dari tanaman kuping gajah.

Oke, kalau kita membahas mengenai tanaman hias daun gelombang cinta ini, pastinya kita ingin mengetahui bagaimana sih cara menanam tanaman gelombang cinta ini ? lalu bagaimana cara merawat gelombang cinta dengan baik dan benar ? ya bukan ? karena memang pertanyaan seputar itulah yang biasanya dilontarkan saat membahas tanaman hias.

Tanaman Hias Daun Gelombang Cinta Anthurium

Cara Menanam Tanaman Hias Gelombang Cinta

  1. Pertama – tama tentunya kita harus menyiapkan tempat untuk media tanam dari tanaman gelombang cinta ini. untuk itulah pilih pot yang bagus untuk tanaman gelombang cinta, pilih pot yang terdapat lubang untuk mengalirnya air saat penyiraman dan juga memiliki bentuk yang cantik dan unik agar dapat mendukung keindahan dari tanaman gelombang cinta yang memiliki bentuk tak beraturan ditambah dengan kecantikan dari pot sehingga akan memberikan efek keindahan yang tersendiri.
  2. Lalu siapkan pecahan genteng, hal ini dimaksudkan untuk membantu agar media tanam yang ada didalam pot tidak hanyut terbawa oleh air. Maka dari itulah, pecahan genteng ini sesungguhnya sangatlah penting untuk proses penanaman tanaman hias gelombang cinta ini.
  3. Untuk media tanamnya, karena kita tahu sendiri kalau tanaman gelombang cinta ini bukanlah tanaman yang suka tanah, sehingga untuk media tanamnya kita gunakan pasir, humus dan pupuk kompos. Dengan kombinasi dari bahan bahan media tanam ini juga bisa membantu dalam pertumbuhan anthurium gelombang cinta menjadi lebih baik.
  4. Jika sudah disiapkan pot, pecahan genteng, lalu media tanam. Langkah selanjutnya tentunya kita lakukan penanaman. Untuk pertama kali sebaiknya masukkan pecahan genteng pada dasar pot. Lalu masukkan media tanam hingga setengah dari pot. Jika setengah pot sudah terisi oleh media tanam lalu masukkan anthurium gelombang cinta, kemudian masukkan lagi media tanam hingga menyisakan beberapa centimeter dari permukaan atas pot. Ingat, sisakan 2 atau 3 cm hal ini dimaksudkan agar mempermudah dalam penyiraman saat melakukan perawatan untuk tanaman gelombang cinta.
  5. Lalu tempatkan tanaman gelombang cinta ini ditempat yang teduh yang mendapatkan sinar matahari tidak langsung. Karena tanaman gelombang cinta jika terlalu over terkena sinar matahari nantinya akan membuat daun gelombang cinta menjadi cepat layu. Lebih baik untuk ditempatkan di teras rumah karena terlindung oleh atap rumah.

Untuk proses penanaman tanaman gelombang cinta ini sudah selesai, lalu bagaimana dengan cara perawatan tanaman gelombang cinta ? nah dibawah ini akan diulas lagi mengenai cara merawat tanaman gelombang cinta agar daun gelombang cinta tetap terlihat menawan dan memanjakan mata orang yang melihatnya.

Cara Merawat Tanaman Hias Daun Anthurium Gelombang Cinta

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat daun gelombang cinta ini tetap menawan dan juga tentunya dapat mempercepat pertumbuhan dari tanaman gelombang cinta ini.

  1. Penyiraman

Hal pertama yang harus di ketahui adalah cara penyiraman dari tanaman hias daun gelombang cinta ini. karena tanaman gelombang cinta ini sebenarnya tidak terlalu suka dengan kondisi pot yang terlalu basah. Dan juga hal ini cukup mempengaruhi kondisi dari akar gelombang cinta. Jika terlalu basah maka akan membuat akar gelombang cinta ini cepat membusuk. Untuk itulah dalam melakukan penyiraman tanaman gelombang cinta ini sebaiknya dilakukan setiap 3 hari sekali dan dilakukan pada sore hari agar tetap mendapatkan cadangan air pada pagi harinya. Kalau cuaca memang sedang panas – panasnya sebaiknya sehari sekali dalam penyiramannya.

  1. Cahaya Matahari

Untuk cahaya matahari, kita tahu sendiri bahwa tanaman gelombang cinta ini bukanlah tanaman yang menyukai cahaya matahari secara langsung. Gelombang cinta ini merupakan tanaman yang memerlukan cahaya matahari dalam intensitas yang dibawah normal karena itulah sebaiknya tempatkan tanaman gelombang cinta ini ditempat yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Untuk mensiasati hal itu, sebaiknya ditempatkan di tempat yang teduh. Untuk mendapatkan sinar matahari yang baik untuk daun dan klorofilnya bisa di keluarkan di teras rumah pada pagi hari, ini dimaksudkan agar tanaman gelombang cinta mendapatkan cahaya matahari yang masih baik untuk tanaman dan tidak bersifat merusak.

  1. Pemupukan

Untuk pemupukannya sendiri sebaiknya tidak terlalu over dalam pemberiannya. Apalagi saat gelombang cinta dalam kondisi bibit, sebaiknya hindari dalam pemberian pupuk, bukan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman malah akan menghambat pertumbuhan dari tanaman gelombang cinta jika masih bibit yang hanya memiliki dua helai daun sudah diberikan pupuk. Jika memang sudah besar, boleh diberikan pupuk karena dari pupuk itulah nutrisi – nutrisi yang tidak didapatkan dari media tanam bisa didapatkan.

  1. Pemberian pot yang tepat

Jika tanaman gelombang cinta tumbuh subur, pastinya ukuran nya pun bertambah besar. maka dari itu, sebaiknya gantilah pot yang sekiranya sudah terlalu kecil untuk tanaman gelombang cinta karena jika pot nya tidak diganti maka akan membuat tanaman gelombang cinta menjadi sulit tumbuh lagi, karena tidak membiarkan tunas – tunas yang baru untuk bernafas. Untuk itulah, penggantian pot secara berkala berdasarkan ukurannya itu sangatlah baik.

  1. Membuat daun gelombang cinta menjadi lebih menawan

Untuk membuat daun gelombang cinta menjadi lebih menawan, kamu bisa mengolesi daun gelombang cinta ini dengan cairan susu. Sebelum melakukan pengolesan susu pada daun, sebaiknya daunnya dibersihkan dahulu agar dapat mendapatkan hasil yang bagus. Setelah bersih bisa dioleskan dengan cairan susu yang sudah diberikan pada spons ataupun kapas. Oleskan menyeluruh pada daun gelombang cinta, lalu tunggulah sampai mongering. Jika sudah kering lalu bersihkan daunnya dengan kain kering. Lakukan hal ini rutin setiap seminggu sekali agar mendapatkan bentuk daun yang baik dan terlihat lebih menawan.

Baca Artikel Lainnya :

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Tanaman Hias Daun Gelombang Cinta Anthurium"