Pengertian Tanaman Toga Dan Manfaatnya

No comment 5078 views

Pengertian Tanaman Toga atau Tanaman Obat Keluarga adalah tanaman yang dibudidayakan oleh keluarga yang mempunyai khasiat sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit, biasanya tanaman toga ini di budidayakan di perkarangan rumah ataupun di kebun.

Berdasarkan pengertian tanaman toga, hal ini banyak memicu kalangan pebisnis untuk mencoba bisnis tanaman toga ini. ya, karena memang bisnis tanaman toga ini juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi sehingga wajar saja jika banyak para pengusaha melirik bisnis ini.

Menurut sejarahnya sendiri, tanaman toga ini sudah dibudidayakan beribu tahun yang lalu. Contohnya saja di Cina. Di cina obat obatan menggunakan tanaman sudah terkenal dari dulu, memang dari raja cina dulu menggunakan tanaman sebagai obat karena dahulu penyakit di ibaratkan disebabkan oleh kekuatan jahat.

Kalau di Indonesia sendiri, tanaman toga ini diperkenalkan oleh Jacobus Rontius dalam bukunya De Indiae Untriusquere Naturali et Medica. Di buku tersebut terdapat 60 jenis tumbuh – tumbuhan yang dapat berfungsi sebagai obat.

Pengertian Tanaman Toga Dan Manfaatnya

Beberapa Jenis tanaman toga dan manfaatnya

Berikut ini ada beberapa jenis tanaman toga dan manfaatnya yang perlu anda ketahui, agar tahu tanaman apa saja yang bisa berfungsi sebagai obat obatan. Karena tidak ada salahnya jika kita mengetahuinya. Berikut tanaman toga dan manfaatnya :

  1. Sukun (Arthocarpus communis)

Tanaman sukun ini bisa digunakan untuk mengobati masalah pencernaan, dapat menurunkan kolesterol, sebagai obat asam urat, mengobati ginjal dan juga sakit gigi.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan tanaman toga yang dimanfaatkan buahnya. Buah ini bisa digunakan untuk memperlancar buang air kecil, bisa untuk menghentikan kebiasaan merokok, obat penyakit demam, menyegarkan tubuh dan dapat menghilangkan bau badan.

  1. Pala

Tanaman pala ini biasanya digunakan untuk mengobati perut kembung, memperlambat pernapasan, sebagai bahan untuk obat bius, dan dapat menyebabkan rasa kantuk.

  1. Bangle

Tanaman toga yang dimanfaatkan bagian umbi ataupun rimpang adalah bangle, bangle ini berkhasiat untuk melangsingkan tubuh, mengobati susah buang air besar, obat sakit kepala, sakit kuning.

  1. Kayu Manis

Kayu manis merupakan batangnya yang dimanfaatkan. Manfaatnya yaitu dapat menghangatkan lambung, obat nyeri lambung, dapat mengobati penyakit batuk dan sesak napas.

  1. Sirih

Daun sirih ini mempunyai banyak sekali manfaat yang dapat digunakan untuk obat. Khasiatnya adalah sebagai obat kumur, antiseptika yaitu untuk membunuh mikroorganisme yang berbahaya, dan bisa mengobati batuk.

  1. Mengkudu

Khasiatnya adalah sebagai obat untuk sariawan, tekanan darah tinggi, mengobati penyakit radang usus, amandel, dan susah buang air kecil, bukan hanya itu saja, bisa untuk mengobati sembelit dan juga batuk.

  1. Pinang

Untuk pinang sendiri merupakan tanaman toga yang dimanfaatkan bijinya, bisa berkhasiat untuk obat antelmentika.

  1. Jintan

Manfaatnya adalah untuk obat mules, batuk, dan juga sariawan.

  1. Delima

Sebagai obat anti cacing pita.

Itulah informasi mengenai pengertian tanaman toga dan manfaatnya. Ada beberapa tanaman toga yang sering anda temui bukan ? yah, memang sebenarnya banyak sekali tanaman toga yang ada di sekitar kita, mungkin anda saja yang tidak tahu mengenai hal ini.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Pengertian Tanaman Toga Dan Manfaatnya"