Mengenal Tumbuhan Paku Suplir Dan Klasifikasi Tumbuhan Paku

No comment 8848 views

Tumbuhan paku adalah tumbuhan yang dikenal sebagai tumbuhan yang tumbuh dengan sistem pembuluh sejati yang tidak menghasilkan biji untuk reproduksinya. cara reproduksinya adalah dengan cara melepaskan spora. Terdapat lebih dari 20000 spesies yang tersebar di seluruh dunia.

Banyak orang mengenal tumbuhan paku suplir sebagai tanaman hias di luar maupun di dalam ruangan, tumbuhan ini walaupun tidak memiliki nilai ekonomis tapi bnayak yang menjadikan sebagai hiasan, tumbuhan paku suplir bisa tumbuh di tanah yang gembur yang kaya dengan bahan organik dan tidak menyukai sinar matahari langsung.

Mengenal Tumbuhan Paku Suplier Dan Klasifikasi Tumbuhan Paku

Dalam klasifikasi tumbuhan paku bisa didasarkan dengan berbagai macam antara lain dengan ada atau tidak daun dan pembentukan susunan daun tumbuhan paku, dari susunan dan jenis sporanya, hingga bentuk dan susunan anatomi tubuh dan juga berbagai pertimbangan lain.

Berikut adalah jenis klasifikasi tumbuhan paku

  1. Paku Purba (Psilopsida)

Merupakan tumbuhan paku purba yang sudah punah dan hanya ditemukan sebagai fosil cirinya hidup di zaman purba bisa tumbuh hingga 1 meter tidak memiliki akar dan daun sejati, daunnya berbentuk seperti sisik dan batang yang bercabang.

  1. Paku Kawat (Lycopsida)

Disebut juga sebagai lumut gada tetapi bukan dalam jenis lumut, tumbuhan paku kawat sudah hidup di bumi dengan masa yang lama, saat ini tumbuhan paku kawat sudah menjadi fosil tetapi paku kawat yang berukuran kecil dapat hidup hingga sekarang, yang bisa hidup di daerh hutan tropis.

Ciri-cirinya seperti kawat dan dapat hidup di rawa hingga 3 meter yang memiliki daun seperti sisik dan berambut, ujung cabang terdapat sporofil yang mengandung sporangium yang bisa menghasikan spora.

  1. Paku Ekor Kuda (sphenopsida)

Merupakan tumbuhan paku yang memiliki percabangan batang yang berbentuk seperti ekor kuda, memliki daun berbentuk kecil dan bersisik yang tersusun melingkar pada batang yang berongga dan beruas-ruas dan dapat hidup di tempat yang berpasir, tmbuhan paku ekor kuda ini bisa hidup sampai sekarang, terdapat 20 spesies dari tumbuhan ini.

  1. Paku Sejati (Pteropsida)

Merupakan kelompok tumbuhan paku yang paling besar kelompoknya dan sering kita jumpai dan temukan di daerah lembab. tumbuhan paku sejati bisa hidup di tanah, air, dan pohon yang tidak bersifat parasit, hidup di daerah tropis dan ada juga di daerah sub tropis, terdapat beragam jenis tumbuhan paku jenis ini lebih dari 12.000 jenis.

Tumbuhan paku sejati memiliki kelengkapan sebagai tumbuhan yang memiliki akar, daun dan batang yang beragam variasinya dari kelompok paku lainnya.

Paku suplir yang sering bergerombol dalam pertumbuhannya sering di gunakan sebagai hiasan karena memiliki keindahan tersendiri, sangat banyak jenis dan beragam dan banyak terdapat di berbagai tempat dan hidupnnya tanpa perawatan pun bisa hidup.

Untuk klasifikasinya seperti ini :

Nama umum : suplir atau paku kelor

Kerajaan : tumbuhan

Subkerajaan : tumbuhan perpembuluh

Kelas : filicopsida

Divisi : paku-pakuan

Bangsa : polypodiales

Marga : adiantum

Spesies : adiantum cuneatum langs

Family : pteridaceae

 

Tumbuhan paku memang banyak ragam dan jenis dari yang terlangka pada zaman dahulu sampai saat ini, Nah itulah sekilas tentang klasifikasi tumbuhan paku suplir dan nama dari tumbuhan paku, semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan bagi kita semua.

Baca Artikel Lainnya :

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Mengenal Tumbuhan Paku Suplir Dan Klasifikasi Tumbuhan Paku"