Ciri-ciri Bunga Anggrek Tanah

No comment 1973 views

Ciri- Ciri Bunga Anggrek Tanah, Adakah yang tidak setuju jika bunga anggrek tanah termasuk bunga yang cantik? Ya, Karena kecantikanya itulah, bunga ini menjadi populer diakalangan kaum hawa dan  banyak yang menjadikannya sebagai tanaman hias serta dijadikan untuk sebuah kado yang diberikan kepada teman, pacar atau orang yang disayang. Anggrek (Orchidaceae) sendiri memiliki banyak jenis

mengenal-jenis-dan-ciri-bunga-anggrek

.

Adakah yang tahu, Mengapa tanaman bunga anggrek hidup menempel dibatang pohon? Ya, Bunga anggrek termasuk tanaman yang hidup menempel pada pohon lainnya, akan tetapi Tanaman ini bukanlah termasuk tanaman parasit. Tanaman ini tetap mampu untuk hidup mandiri. Untuk kebutuhan air, tanaman ini memperolehnya dari hujan, kulilt pohon,uap air di udara dan tetesan embun. Dan terdapat juga yang bisa hidup ditanah maupun di bebatuan.

Berdasarkan cara hidupnya, bunga anggrek dapat dibedakan menjadi 6 jenis yaitu anggrek saprofit(hidup pada bahan organic/sersah), epifit  (menempel di batang pohon), amoebofit (salah sau anggrek yang bisa dibedakan fase vegetative dan generatifnya),lithofit (di bebatuan) dan yang terakhir yang akan kita bahas selanjutnya yaitu anggrek terestrik (hidup di tanah).

Nama latin anggrek tanah berasal dari Bahasa Yunani “spathoglottis plicata”. “spathe” yang berarti pedang dan “glotta” atau “glosa” yang berarti lidah. Dan nama “plicata” sendiri diambil dari lekukan daun yang menyerupai plicated. Serta, masih termasuk family dari Orchidaceae. Bunga ini termasuk salah satu dari sekian banyak jenis anggrek terestrik yang memiliki ciri ciri bunga anggrek yang batangnya pendek dan beruas, serta cenderung hampir mirip seperti umbi.

Untuk warna bunga, anggrek tanah ini memiliki banyak bervariasi warna, dari warna ungu tua, ungu muda, merah ungu, pink, orange, kuning, coklat, putih dan campuran. Sehingga tidak heran jika bunga ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta anggrek. Bunga anggrek ini tidak  mekar secara serempak, bunya ini mekar selama 2-3 hari dan akan layu, kemudian digantikan dengan bunga yang lainnya lagi. Contohnya adalah Anggrek Vanda, Anggrek Emma, Anggrek Glosen.

 

mengenal jenis dan ciri bunga anggrek

Anggrek Vanda (Vanda insignis)

Ciri-ciri Tanaman Bunga Anggrek

  • Batang

Untuk batang anggrek memiliki jenis batang yang disesuaikan dengan tipe tanaman anggrek. Yaitu tipe anggreksimpodial dan monopodial. Dan pada umumnya, tanaman anggrek epifit memiliki jenis batang yang tumbuh sympodial.

  • Akar

Akar bunga anggrek berfungsi untuk merekatkan dirinya ke tanaman lain. Dan akar ini juga berfunsgi untuk menyalurkan air keseluruh bagian. Anggrek epifit memiliki akar dengan lapisan velamen dan berongga. Lapisan tersebut digunakan untuk menyerap air yang jatuh di kulit pohon atau media tanam lain.

Bentuk akara angrek epifit memiliki serabut yang pendek dan ada juga yang tidak berserabut. Sedangkan untuk anggrek jenis terrestrial memiliki rambut akar yang lebih panjang dan rapat yang digunakan untuk menyerap zat organik dan air dari dalam tanah.

  • Daun

Untuk bentuk daunnya sendiri, disesuaikan dengan jenis bunga anggreknya, oleh Karena itu ada beberapa bentuk daun, yaitu silindris, talang, bertunggangan dan sendok. Daun silindris yaitu bentuk daunnya yang tumpul dan panjang sehingga hampit mirip dengan sebuah pensil. Daun Talang yaitu bentuk daun yang memiliki helaian daun yang kiri dan kanan membentuk sudut sehingga menyerupai talang. Daun Bertunggangan memiliki bentuk daun yang menghimpit batang atau oangkal daun diatasnya dan helaian daunnya melebar ke ujung. Dan yang terakhir yaitu Daun Sendok yang bentuknya memanjang, lonjong dan melebar.

  • Bunga

Pada dasarnya, Bungan anggrek hanya memiliki 3 buah kelopak bunga yang biasa disebut spalum. Satu kelopak yang terletak dipunggung disebut spalum dorsal atau kelopak punggung, dan sisa kelopak yang lainnya disebut spala literalia atau kelopak samping.

Daun mahkota atau petala pada anggrek berjumlah dua buah yaitu petala dan sepala. Petala dan sepala saling berseling, Bunga Anggrek memiliki warna yang cerah dan bentuk yang mirip dengan serangga. Dengan bentuk ini, sehingga mampu menarik serangga dalam proses penyerbukan bunga.

  • Buah

Tanaman anggrek merupakan tanaman yang bervariasi, sehingga ada beberapa jenis yang menghasilkan buah. Bunga anggrek dinyatakan tua jika sudah berumur antara 3-9 bulan. Matangnya buah anggrek disesuaikan dengan jenis bunga anggrek tersebut.

Contoh: Bunga anggrek Dendrobium matang pada umur 3 s.d 4 bulan,  sedangkan buah anggrek Cattleya matang di umur 9 bulan.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Ciri-ciri Bunga Anggrek Tanah"