Manfaat Dan Kandungan Pada Kulit Jeruk

No comment 3744 views

Manfaat Dan Kandungan Pada Kulit Jeruk.Buah jeruk adalah buah yang kaya akan manfaat untuk kesehatan badan manusia. Vitamin C pada daging buah mampu mebuat ketahanan tubuh kita menjadi lebih kuat. Antioksidan yang ada pada jeruk mampu melawan dampak negative dari radikal bebas yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Tidak  kalah dengan buah dagingnya, kulit jeruk sendiri memiliki banyak manfaat unutk tubuh kita. Oleh karena kulit jeruk memiliki kandungan nutrisi yang juga benar-benar dibutuhkan oleh tubuh. Kulit yang ada pada bagian dalam memiliki kandungan kulit jeruk yang oaling bermanfaat. Jika kita memakan bagian ini, maka akan terasa rasa netral serta tekstur yang lebih lembut. Dan ini merupakan bagian yang tinggi akan seratnya. Serat sendiri berfungsi untuk membanatu sitem pencernaan manusia serta membuat kita merasa kenyang dalam jangka waktu yang sedikit lebih lama.

Selain itu kandungan kulit jeruk yang lainnya yaitu vitamin A, vitamin C, flavonoid dan antioksidan yang masing-masing mempunyai manfaat untuk tubuh kita.

manfaat-dan-kandungan-pada-kulit-jeruk

Manfaat kulit jeruk.

Berikut adalah beberapa manfaat  dan kandungan kulit jeruk jika kita mengkonsumsinya:

  1. Mencegah Kanker Kulit. Hal ini karena ditemukannya senyawa d-limonene pada kandungan kulit jeruk yang berfungsi untuk mengurangi pertumbuhan kanker kulit. Flavoid yang memiliki manfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker juga.
  1. Mengecilkan Pori-Pori Kulit Yang Terbuka. Pori-pori yang terbuka tidak hanya membuat kulit terlihat kusam tapi juga dapat memicu adanya infeksi kulit. Dengan membuat kulit jeruk sebagai masker, ia akan membantu menghilangkan noda hitam dan menghilangkan sisa-sisa sel kulit mati sehingga dapat menyegarkan kembali kulit kita yang kusam.
  1. Mengatasi malsah pencernaan. Rasa pahit yang ada pada kulit jeruk ini akan membantu mengatasi masalah pencernaan, meredakan asam lambung, meredakan mual serta membantu mengeluarkan gas dari dalam perut.
  2. Kulit jeruk juga bisa sebagai anti microba, peradangan sehingga dapat memperbaiki kondisi pencernaan yang terinfeksi dan sakit.
  3. Menurunkan Kadar Kolesterol . Kandungan flavonoid pada kulit jeruk terdiri dari zat polymethoxylate dan hesperidin mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada didalam tubuh.
  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh. Kemampuan vitamin c yang bisa meningkatkan system kekebalan tubuh ini mampu membantu produksi sel darah  puith yang berperan sebagai system imun  bagi tubuh kita.
  1. Memperbaiki Pernapasan. Kandungan serat dalam kulit jeruk mampu mencegah sindrom iritasi pada kembung daan bisa digunakan untuk memperbaiki kondisi pernapasan.
  1. Menenangkan Pikiran. Aroma menyegarkan dari kulit jeruk dapat memberikan efek menenangkan pikiran kita sehingga membuat tubuh kita menjadi lebih rileks dan terhindar dari stress.
  1. Sebagai penyedap rasa. Didalam dunia kuliner, kulit jeruk bisa dimanfaatkan juga sebagai penyedap rasa loh, karena kulit jeruk dapat menyeimbangkan menu berlemak dan memberikan rasa lebih segar pada makanan.

Untuk mengkonsumsi kulit jeruk secara langsung, sebaiknya konsumsi kulit jeruk keprok atau mandarin. Karena kedua kulit jeruk ini memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan kulit jeruk lainnya.

 

 

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Manfaat Dan Kandungan Pada Kulit Jeruk"