Manfaat Dan Cara Budidaya Tanaman Cengkeh Tanpa Modal Banyak

Tanaman cengkeh ini banyak sekali yang membudidayakannya, karena memang peminatnya pun banyak. Cengkeh sendiri merupakan salah satu bahan utama dalam masakan dan juga bahan utama dalam membuat rokok.  Karena tanaman cengkeh yang memiliki prospek yang tinggi inilah yang membuat banyak para petani untuk menanam tanaman ini.

Tanaman cengkeh ini merupakan tanaman yang sudah menjadi identitas bagi masyarakat Maluku utara. Soalnya di Maluku utara tanaman cengkeh ini sangat banyak sekali. Maka dari itu, jika ada yang ingin mencoba untuk budidaya tanaman ini harus mengetahui ilmu bagaimana cara budidaya tanaman cengkeh ini.

Cengkeh sendiri termasuk dalam jenis tanaman yang dapat menyembuhkan penyakit. karena cengkeh yang selain dapat digunakan untuk bahan masakan dan rokok ini juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Cengkeh sendiri sudah terkenal dengan kandungannya yang dapat mengobati sakit gigi.

budidaya tanaman cengkeh

Manfaat Tanaman Cengkeh Untuk Kesehatan Tubuh

Ada beberapa manfaat tanaman cengkeh yang berguna bagi kecantikan maupun kesehatan tubuh, berikut manfaat nya :

  1. Dapat mengatasi muntah dan mual
  2. Dapat meningkatkan sistem pencernaan
  3. Membantu Untuk mengobati sakit gigi. Ini merupakan salah satu manfaat dari tanaman cengkeh yang terbaik.
  4. Menjaga tubuh untuk tetap hangat.
  5. Salah satu dari sumber antioksidan
  6. Mencegah Rambut Rontok
  7. Dapat mencegah peradangan.
  8. Meredakan batuk
  9. Mengatasi Sinusitis
  10. Dan yang terakhir, tanaman cengkeh ini bisa untuk mengatasi jerawat.

Langkah – langkah dalam budidaya tanaman cengkeh

  1. Pilihlah bibit berkualitas terbaik.

Untuk bibit tanaman cengkeh yang baik adalah bibit yang mempunyai umur 1 tahun ataupun bibit yang berumur 2 tahun. Biasanya tinggi dari bibit ini sekitar 60 centimeter sampai dengan 90 centi meter. jika memang tidak terlalu tahu, mending beli bibit yang bersertifikat. Karena bibit yang bersertifikat ini sudah teruji dibeberapa perguruan tinggi.

  1. Penanaman tanaman cengkeh

Sebelum menanam tanaman cengkeh ini yang harus disiapkan adalah lahan untuk tempat penanaman. Siapkah lahan yang khusus untuk tanaman cengkeh. Lalu berilah pupuk kandang atau organik 2 minggu atau 1 bulan sebelum bibit cengkeh ditanam.

Berilah jarak saat penanaman agar tanaman cengkeh bisa tumbuh dengan maksimal. Dan buatlah sistem saluran air atau drainase agar pemberian air lebih mudah. Dan saya sarankan untuk memulai penanaman bibit ini dimulai pada awal musim penghujan.

  1. Pemeliharaan tanaman cengkeh

Untuk pemeliharaan ini bisa dilakukan dengan melakukan penggemburan tanah disekeliling tanaman cengkeh ini. lakukan 2 kali dalam setahun dengan cangkul kurang lebih 10 centi meteran. Lakukan di awal dan akhir musim penghujan.

Untuk penyulaman sendiri bisa dilakukan saat musim penghujan. Kalau soal penyiraman, jika tanaman cengkeh sudah dewasa tidak perlu melakukan penyiraman. Penyiraman hanya dilakukan saat musim kemarau dan masih dalam masa awal penanaman. Dan jangan lupa untuk memasang mulsa yang dapat berfungsi untuk menjaga kelembaban tanah tempat budidaya tanaman cengkeh ini.

cara budidaya tanaman cengkeh

  1. Pemupukan kembali tanaman cengkeh

Anda bisa melakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk organik atau pupuk kompos dan pupuk an organik. Jika memang mengguankan pupuk an organik maka sebaiknya gunakan pupuk yang jenisnya butiran 2 kali dalam setahun sedangkan untuk pupuk an organik yang bentuk kapsul cukup satu kali saja dalam setahun. Jangan terlalu banyak dalam memberi pupuk karena tidak baik bagi tanaman.

  1. Pemanenan

Panennya tanaman cengkeh ini biasanya setelah 6 bulan dari masa awal tanam.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Manfaat Dan Cara Budidaya Tanaman Cengkeh Tanpa Modal Banyak"