Macam macam Tanaman Tumbuhan Paku-Pakuan dan Gambarnya

Macam macam Tanaman Tumbuhan Paku-Pakuan  di Indonesia sangatlah banyak jenisnya. Jenis tumbuhan paku-pakuan ini sangatlah sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita. Tumbuhan ini memiliki daun sejati, akar, batang yang bereproduksi aseksual dengan spora. Sehingga tanaman paku ini disebut dengan kormofitaberspora atau tumbuhan vaskuler tak berbiji.

Tumbuhan paku – pakuan hidup di hampir semua dunia. Dari wilayah lembab, di pinggiran tebing, air, gunung berapi kecuali didaerah gurun dan daerah bersalju. tumbuhan paku-pakuan ini memiliki istilah lainyaitu Pteridophyta yakni sekelompok tumbuhan yang memiliki system pembuluh sejati. Alih-alih biji, tumbuhan ini melepaskan spora untuk penyebarluasan dan perkembangbiakannya, seperti lumut dan jamur.

Sebagai tumbuhan tingkat rendah, tanaman satu ini dianggap lebih maju dibandingkan dengan tumbuhan lumut. Karena tanaman paku ini memiliki sitem pembuluh yang terdiri dari xylem dan floem, memiliki akar sejati, hidup bebas dan berumur panjang. berikut ada  macam-macam tumbuhan paku yang hidup di dunia iini.

 

Berikut adalah macam macam tumbuhan paku berdasarkan klasifikasinya:

 

  • Paku Purba (Psilophyta)

Seperti namanya, paku jenis ini sudah hampir punah. Jenis tanaman paku-pakuan ini hanya sedikit populasinya.paku purba merupakan paku telanjang karena tidak memiliki daun. Jikalau ada, paku purba ini hanya memiliki daun-daun yang kecil yang belum terdeferensi. Oleh karena itu, proses fotosintesisnya terjadi diabatang yang menganndung klorofil. Tanaman paku ini tidak memiliki akar, namun memiliki rizoid yang berfungsi untuk mengangkut air dan mineral. berikut contoh gambar Paku Purba Psylotum nudum dan Rhynia sp.

 

 

macam-macam-tanaman-tumbuhan-paku-dan-gambarnya

Paku Psilotum nudum

 

  • Paku Kawat (Lycophyta)

Disebut paku kawat karena memiliki akar dan batang yang hanya bercabang dan menggarpu. Tanaman paku ini memiliki batang, akar, dan daun sejati. Daunnya kecil, tidak bertangkai dan bertulang satu. Karena bentuknya yang hampir mirip dengan pohon pinus, paku kawat ini sering disebut  pinus tanah. contoh gambar dari paku Lycopodium sp dan paku rane.

macam-macam-tanaman-tumbuhan-paku-dan-gambarnya2a

Paku Lycopodium sp

 

macam-macam-tanaman-tumbuhan-paku-dan-gambarnya2

Paku Rane

  • Paku Ekor Kuda (Arthrophyta)

Paku divisi Arthrophita ini memiliki cabang yang berkarang dan jelas kelihatan berbuku-buku. Karena lapisan luarnya mengandung silika maka paku ini terlihat seperti berpasir. Paku jenis ini biasa digunakan untuk menggosok kuai atau pot sebelum ditemukannya penggosok dari baja. Dari sinilah tumbuhan paku-pakuan ini disebut dengan tumbuahn penggosok.

macam-macam-tanaman-tumbuhan-paku-dan-gambarnya2aa

Paku Ekor Kuda

 

macam-macam-tanaman-tumbuhan-paku-dan-gambarnya3a

Paku Ekor Kuda

  • Paku Sejati (Filicophyta)

Paku sejati adalah tanaman paku yang sering kita lihat. Seperti di pinggiran jalan, di pekarangan rumah, di sawah, atau dijadikan tanaman hias di depan rumah. Paku jenis ini memiliki struktur tubuh yang sangat lengkap, dari batang, akar, dan daun sejati. Batangnya membentuk rizhoma. Daunnya benareka ragam bentuknya dan berupa makrofil, bertungkai, dan meiliki tulang dau yang bercabang.

macam-macam-tanaman-tumbuhan-paku-dan-gambarnya4

Paku Tanduk Rusa

 

macam-macam-tanaman-tumbuhan-paku-dan-gambarnya4a

Paku Sarang Burung

 

 

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Macam macam Tanaman Tumbuhan Paku-Pakuan dan Gambarnya"