Macam – Macam Bunga Anggrek di Indonesia

No comment 5515 views

Banyak sekali bunga anggrek di Indonesia ini, karena memang bunga anggrek ini memiliki pesona tersendiri yang bisa memikat para kolektor tanaman hias di Indonesia. Sebetulnya bunga anggrek sendiri terbagi bermacam – macam anggrek. Tetapi, tetap sebagian jenis bunga anggrek itu merupakan tumbuhan epifit.

Walaupun tidak semua jenis anggrek ini merupakan tumbuhan epifit, soalnya ada tanaman anggrek yang bisa hidup di tanah, di daun daunan yang kering maupun di bebatuan. Sudah banyak cara yang dilakukan agar bisa membudidayakan tanaman anggrek ini.

Soalnya anggrek sendiri memiliki nilai ekonomis yang tinggi sehingga memudahkan penjualan dalam pasar. Karena banyaknya permintaan mengenai tanaman hias anggrek ini sehingga dibuatlah cara yaitu menggunakan tanaman hidroponik anggrek. Ya sekarang sudah bisa mencoba untuk budidaya tanaman anggrek dengan cara hidroponik. Karena tahu sendiri dengan cara epifit akan sedikit sulit.

Macam - Macam Bunga Anggrek di Indonesia Cymbidium

Soalnya tanaman anggrek menumpang tanaman lain. Walaupun sejatinya tanaman anggrek ini tetap hidup mandiri sih tanpa mengganggu tanaman inangnya.

Bermacam – Macam Anggrek Yang Ada Di Indonesia

  1. Anggrek Bulan

Jenis anggrek indonesia yang pertama adalah anggrek bulan. Bunga anggrek bulan ini bukan lah tipe bunga anggrek yang menyukai banyak cahaya matahari. Maka dari itu, perlu diketahui bahwa bunga anggrek ini hanya memerlukan sedikit cahaya matahari, untuk mengontrol penerimaan cahaya matahari ini bisa dilakukan dengan mengeluarkan bunga anggrek bulan ini saat pagi hari dan ambil kembali kira – kira saat jam 9 sampai jam 10 agar tidak terlalu banyak cahaya matahari yang terserap.

Jenis anggrek yang satu ini merupakan anggrek yang paling di senangi oleh para kolektor tanaman hias di Indonesia. Karena memang mempuyai warna putih dan daunan yang berwarna hijau ini membuatnya menjadi lebih anggun dan cantik.

  1. Anggrek Tanah

Bunga anggrek yang satu ini memang berbeda dari bunga anggrek yang lainnya. Soalnya bunga anggrek tanah ini bisa hidup mandiri yaitu langsung di media tanah tanpa harus bergantung pada tumbuhan yang lainnya. Pertama kali ditemukan bunga ini ada di amerika dan juga asia tenggara.

Nama latin dari anggrek tanah adalah Spathiphyllum yang merupakan bunga anggrek yang memiliki warna merah muda. Tanaman anggrek tanah ini bisa memiliki tinggi mencapai 1 meteran loh, walaupun jarang ditemui anggrek tanah yang lebih dari 1 meter. kalau untuk panjang daunnya bisa mencapai 65 centi meter.

  1. Anggrek Dendrobium

Bunga anggrek dendrobium ini merupakan salah satu jenis anggrek Indonesia. Ya, asal dari anggrek dendrobium adalah di Indonesia. Tanaman ini merupakan anggrek yang paling populer selain anggrek bulan. Karena anggrek dendrobium ini sering berbunga dan bunganya sendiri mampu bertahan lama bahkan bisa sampai sebulan lamanya.

Selain itu anggrek dendrobium ini memiliki banyak warna sehingga membuat tampilan dari jenis anggrek satu ini menjadi lebih elegan sehingga mampu memikat banyak para kolektor tanaman hias untuk mencoba mengoleksinya. Sebetulnya ada dua jenis anggrek dendrobium ini, yaitu anggrek asli atau original dan ada juga anggrek yang hybrid. Kebanyakan warga masyarakat Indonesia lebih menyukai dendrobium yang hybrid soalnya memiliki banyak varian warna.

Nah, itulah sekilas informasi mengenai macam – macam bunga anggrek di Indonesia. Sebenarnya jenis anggrek sendiri sangatlah bukan hanya itu saja. Lain kali akan saya update yang lebih lengkap.

Baca Artikel Lainnya :

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Macam – Macam Bunga Anggrek di Indonesia"