Macam – Macam Buah Mangga Di Indonesia

No comment 7032 views

www.jenistanaman.com – di dunia ini ada banyak sekali macam – macam buah mangga, karena memang berbeda daerah juga mempengaruhi dari tanaman mangga, sehingga banyak tanaman mangga yang ber evolusi agar tetap hidup didaerah tertentu. Evolusi tersebut semuanya dikarenakan faktor lingkungan dari pohon mangga tersebut.

Di Indonesia buah mangga ini memiliki tempat tersendiri di hati warga Indonesia. Karena buah mangga memang tanaman yang ada banyak sekali di Indonesia. Untuk jenis jenis buah mangga di Indonesia ada banyak sekali. Untuk itulah kali ini akan dibahas mengenai macam buah mangga yang ada di Indonesia

Macam – macam buah mangga

  1. Mangga Madu

Macam - Macam Buah Mangga Di Indonesia

Ciri fisik dari mangga madu ini bisa dilihat pada saat mangga madu sudah matang, jika mangga madu matang akan berwarna kuning cerah. Disebut sebagai mangga madu karena rasanya yang semanis madu, itu berarti mangga ini mempunyai rasa yang sangat manis. Mungkin dilihat sekilas tampak seperti mangga gadung. Untuk ukurannya sendiri hampir mirip dengan mangga manalagi tetapi mangga madu ini memanjang.

  1. Mangga Golek

macam macam buah mangga

Untuk mangga golek, kabarnya dulu di budidayakan di tanah india, tetapi saat ini sudah beredar banyak di Indonesia. Untuk rasanya sendiri, buah mangga golek ini masih kalah jauh dari mangga manalagi. Karena mangga golek ini memiliki serat daging yang banyak sehingga menurut saya mangga ini mempunyai rasa yang masih dibawah mangga manalagi. Mangga golek ini berbentuk lonjong dan jenis buah ini sudah di tetapkan sebagai mangga local varietas unggul.

  1. Mangga Apel

buah mangga

Disebut mangga apel dikarenakan mempunyai bentuk yang mirip apel. Ya bentuknya sangatlah mirip dengan buah apel, tetapi rasa dari mangga apel ini sedikit masam jika masih muda, kalau sudah matang pun masih memiliki rasa masam tetapi ada manis manisnya gitu. Untuk ciri – ciri dari warnanya, mangga apel ini memiliki warna hijau dan akan kemerah merahan saat sudah matang. Walaupun memiliki rasa yang sedikit masam, mangga apel tetap menjadi salah satu yang digemari oelh warga Indonesia, karena seringnya digunakan sebagai bahan untuk rujak.

  1. Mangga Harum Manis Atau Arum Manis

mangga harum manis

Untuk jenis buah mangga satu ini, memiliki nama lain di daerah jawa timur Indonesia. Lebih tepatnya malang, jember, dan probolinggo menyebut buah mangga ini dengan sebutan mangga gadung. Daging dari mangga gadung ini tebal dan memiliki warna kuning keemasan.

  1. Mangga Manalagi

mangga manalagi

Mangga manalagi inilah yang menurut saya mempunyai rasa yang sangat enak dan pas untuk lidah warga Indonesia, mungkin asal dari kata “manalagi” ini dimaksudkan bahwa tidak ada mangga lagi yang menyaingi rasa dari mangga ini. karena memang mangga manalagi sangatlah lezat untuk disantap. Untuk bentuknya sendiri mirip dengan buah mangga golek dan katanya merupakan hasil persilangan dari mangga arum manis dan mangga golek. Entahlah, itu masih diperdebatkan oleh para ahli. Mangga manalagi ini juga merupakan salah satu jenis buah mangga yang tidak mudah busuk setelah kita petik. Karena itulah, banyak yang mengimbu mangga ini dengan karbit agar cepat matang.

Buah mangga memang sesuatu yang sangat disenangi, apapun itu buah pasti disukai oleh warga Indonesia. Bagaimana ? ada banyak sekali bukan macam – macam dari buah mangga ini ? ya, karena di Indonesia sendiri terdiri dari berbagai daerah yang memiliki faktor lingkungan berbeda – beda jadi wajar saja ada banyak sekali macam - macam buah mangga ini.

Baca artikel lainnya :

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Macam – Macam Buah Mangga Di Indonesia"