Klasifikasi, Taksonomi Dan Struktur Tumbuhan Paku

No comment 5849 views

Siapa yang tidak tahu tumbuhan paku? Tumbuhan paku merupakan salah satu materi yang ada di pendidikan Indonesia. Karena memang tumbuhan paku ini memiliki struktur dan taksonomi yang unik dibandingkan dengan tumbuhan yang lain. Maka oleh sebab itulah, tumbuhan paku ini ada di pelajaran waktu sd maupun smp di Indonesia.

Taksonomi Tumbuhan paku adalah cabang biologi yang mempelajari klasifikasi atau pengelompokkan tumbuhan paku. Ya, itulah yang dinamakan dengan taksonomi. Sedangkan takson sendiri itu apa ? takson adalah pengelompokkan makhluk hidup dan disusun menurut tingkatan tingkatannya.

Untuk klasifikasi tumbuhan paku, atau lebih tepatnya klasifikasi makhluk hidup ini masih banyak perdebatan. Karena para ahli dalam bidang ini mempunyai pendapat masing – masing yang juga terdapat alasan yang memperkuat pendapat tersebut sehingga sampai saat ini banyak sekali buku buku yang berbeda tergantung pengarangnya.

Sampai saat ini, para ahli menyimpulkan bahwa hanya ada empat divisi dalam tumbuhan, yaitu yang pertama adalah tumbuhan lumut, tumbuhan bertalus, tumbuhan paku, tumbuhan berbiji. Namun ada juga ahli yang menyebutkan divisi lainnya yang berdasarkan dari adanya pembuluh angkut pada tumbuhan tersebut.

Klasifikasi, Taksonomi Dan Struktur Tumbuhan Paku

Klasifikasi tumbuhan paku

Untuk tumbuhan paku memiliki 4 kelas yaitu Filicinae, Equisetinae, Psilophytinae, dan Lycopodiinae.

  1. Filicinae

Tumbuhan paku satu ini sangat sering kita jumpai di kehidupan sehari hari. Ya, di kelas Filicinae ini contohnya tumbuhan paku adalah tanaman suplir yang merupakan tanaman hias, pohon palem, lalu semanggi. Tumbuhan paku pada kelas ini sudah memiliki daging daun sehingga memiliki tulang daun juga. Daun menghasilkan spora jadi sporangium terdapat pada sporofil.

  1. Equisetinae

Untuk tumbuhan paku satu ini merupakan jenis rerumputan. Ya rerumputan yang memiliki batang beruas, daun kecil, tersusun melingkar dan tunggal. Untuk sporangiumnya terdapat pada strobilus ganda. Tumbuhan paku yang masuk kelas ini biasa ditemukan didaerah dataran tinggi. Contohnya Calamites dan juga Equisetum.

  1. Psilophytinae

Tumbuhan paku yang masuk di kelas ini adalah termasuk dalam tumbuhan paku purba. Karena contoh tumbuhan paku satu ini kebanyakan sudah punah dan yang tersisa hanyalah dalam bentuk fosil saja. Paku purba ini disebut juga dengan paku telanjang karena memiliki daun yang kecil bahkan tidak berdaun. Tetapi, masih ada satu jenis yang masih bisa ditemukan di masa sekarang yaitu Psilotum nudum.

  1. Lycopodiinae

Berupa rerumputan yang memiliki batang layaknya kawat dengan daun kecil yang tersusun spiral. Pangkal batangnya pun tidak memiliki pendukung akar seperti yang lainnya. Untuk contohnya sendiri adalah Selaginella, Isoetes dan juga Lycopodium. Nah contoh tumbuhan paku kelas ini yang selaginella ini bisa dibuidayakan lewat pot.

Struktur Tubuh Tumbuhan Paku

Struktur tumbuhan paku? Lebih tepatnya struktur tubuh tumbuhan paku, nah ada 3 poin penting yaitu :

  1. Akarnya merupakan jenis akar serabut
  2. Batang pada tumbuhan paku kebanyakan merupakan rizom
  3. macam – macam daun pada tumbuhan paku,

Ada beberapa faktor yang menentukan jenis daun, yang pertama jenis daun tumbuhan paku berdasarkan ukurannya ada makrofil yaitu daun yang memiliki ukuran besar dan mikrofil yaitu sebaliknya daun berukuran kecil. Lalu berdasarkan ada tidaknya sporangium pada daun ada dua juga yaitu Sporofil atau penghasil spora dan tropofil atau untuk fotosintesis.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Klasifikasi, Taksonomi Dan Struktur Tumbuhan Paku"