Klasifikasi, Fungsi, Media Dan Cara Merawat Tanaman Hias

Tanaman hias adalah tanaman yang memiliki keunikan tersendiri yang membedakan dengan tanaman lain, keunikan ini memiliki nilai artistic yang bisa membuat kita menjadi bahagia. Tetapi, dahulu tanaman hias itu hanya untuk tanaman bunga saja karena memang dari dulu bunga memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat.

Tetapi, di zaman sekarang, tanaman apapun yang memiliki keindahan di bidang daun, batang, bunga, ataupun akarnya bisa dijadikan tanaman hias. Karena garis besar dari fungsi tanaman hias sendiri kan untuk membuat kita menjadi lebih nyaman dan tenang jika melihatnya.

Klasifikasi, Fungsi, Media Dan Cara Merawat Tanaman Hias

Fungsi Tanaman Hias

Tentu saja jika kita ingin membudidayakan tanaman hias pasti memiliki tujuan tertentu bukan ? yah, itu pastinya lah. Nah, berikut ini fungsi tanaman hias :

  1. Penangkal Racun

Tanaman hias jika diletakkan didalam ruangan ini bisa untuk mencegah racun dari debu – debu atau kotoran yang bertebaran di ruangan tersebut. Racun yang sering ada di ruangan adalah asap rokok, nah asap rokok ini bisa di netralisir oleh tanaman hias. Maka dari itulah, sebaiknya anda menempatkan tanaman hias didalam ruangan anda untuk mendapatkan udara yang segar.

  1. Obat Herbal

Tanaman hias juga mempunyai fungsi untuk obat herbal loh. Contoh tanaman hias yang digunakan sebagai obat herbal adalah tanaman lidah buaya, kumis kucing dan juga tanaman hias bunga rosella. Tanaman – tanaman tersebut selain digunakan sebagai tanaman hias juga di fungsikan untuk mengobati berbagai penyakit.

  1. Sebagai Ungkapan

Jika kita mempunyai tanaman hias bunga, maka hal ini bisa disimbolkan dengan mengungkapkan rasa ucapan selamat, terima kasih, berduka cita maupun rasa suka.

Baca Juga : Jenis Tanaman Hias Daun

Klasifikasi Tanaman Hias

Nah, sedangkan untuk klasifikasi tanaman hias ini, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan. Karena sebetulnya tanaman hias itu ada banyak sekali didunia ini, dan itu bukan Cuma satu jenis tetapi di cabang menjadi berbagai jenis, untuk itulah, untuk penentuan klasifikasi ini didasarkan beberapa hal.

Klasifikasi tanaman hias ini didasarkan oleh bentuk daun, siklus hidup, morfologi dan karakteristik lainnya dari tanaman hias. Karena tanaman hias sendiri dibedakan menjadi tanaman hias bunga dan juga tanaman hias daun sehingga untuk menentukan klasifikasinya pun harus berbeda – beda.

Cara Merawat Tanaman Hias

Untuk merawat tanaman hias ini memang diperlukan banyak hal seperti media tanaman hias, dan masih banyak lainnya. Tetapi, pada umumnya tanaman hias tidak memerlukan media tanaman hias yang luas, karena biasanya medianya adalah pot. Dengan menggunakan pot tanaman hias ini bisa dengan mudah di pindah – pindah sesuai keinginan kita. Berikut cara merawat tanaman hias didalam pot dengan benar :

  1. Pemilhan Pot

Saran saya dalam pemilihan pot ini sesuaikan ukurannya dengan ukuran dari tanaman hias. Jika media pot ini terlalu kecil maka nantinya tanaman hias tidak akan tumbuh dengan baik dan juga sehat. Lalu untuk pemilihan desain potnya juga harus diperhatikan, pilihlah desain pot yang sama dengan tempat dimana kamu meletakkan tanaman hias tersebut. Kalau untuk tanaman luar maka sebaiknya gunakan pot untuk tanaman outdoor kalau untuk tanaman didalam ruangan maka gunakanlah pot untuk tanaman indoor.

  1. Penempatan Pot

Nah, penempatan ini merupakan salah satu hal yang paling penting, soalnya banyak dari kita yang salah dalam menempatkan tanaman hias sehingga membuat tanaman hias menjadi kurang sehat dan lambat laun juga akan layu. Karena ada tanaman hias yang membutuhkan banyak cahaya matahari dan ada tanaman hias yang hanya membutuhkan sedikit cahaya matahari.

  1. Penyiraman

Untuk penyiraman sendiri sebaiknya ketahuilah mengenai tanaman hias anda. Soalnya ada tanaman yang membutuhkan pengairan yang rutin setiap hari tetapi ada juga tanaman yang hanya membutuhkan beberapa hari sekali dalam penyiramannya. Lalu metode penyiraman sejatinya ada dua, yaitu yang pertama biasanya di siramkan tanah di pot tersebut kalau cara kedua ini memberikan air pada alas atau dasar dari pot tersebut jadi dengan sistem kapiler.

  1. Pemupukan Dan Pembersihan

Untuk pemupukan memang diperlukan karena tanaman hias juga memerlukan nutrisi yang lebih agar bisa tumbuh dengan baik dan indah. Selain itu kita juga harus membersihkan daunnya yang telah kering dan gugur. Karena dengan membersihkan itu bisa meningkatkan kesuburan dari tanaman hias.

Baca Juga :  Tanaman Hias Tahan Panas

Nah, itu lah sekilas informasi mengenai fungsi, klasifikasi dan cara merawat tanaman hias, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Klasifikasi, Fungsi, Media Dan Cara Merawat Tanaman Hias"