Klasifikasi Dan Nama Latin Tanaman Lidah Buaya

No comment 10442 views

Nama latin tanaman lidah buaya sendiri adalah aloe vera, menurut Wikipedia nama latin lidah buaya adalah aloe barbadensis milleer. Untuk klasifikasi lidah buaya secara ilmiah, lidah buaya merupakan tanaman yang masuk dalam dunia Plantae, family Xanthorhoeaceae.

Tanaman lidah buaya ini sangatlah terkenal di dunia medis sekarang. Karena memang tanaman lidah buaya ini bisa menyembuhkan beberapa penyakit. contohnya saja, lidah buaya sering digunakan untuk penyubur rambut, obat perawatan kulit, untuk mengobati luka, dan masih mempunyai manfaat lain.

Lidah buaya ini dapat ditemui dimanapun kalau di Indonesia. Soalnya memang tanaman lidah buaya ini digunakan sekaligus sebagai tanaman hias, jadi pasti banyak warga masyarakat Indonesia yang mengoleksi tanaman satu ini. tanaman ini sebenarnya merupakan tanaman tropis yang tumbuh di tempat kering seperti Negara afrika. Lidah buaya ini sudah dimanfaatkan untuk berbagai industry produk kesehatan, makanan dan minuman.

Tetapi, untuk daerah asal lidah buaya ini masih belum diketahui dengan pasti. Soalnya banyak informasi yang simpang siur mengenai hal ini. tetapi, banyak peneliti yang mengatakan kalau tanaman satu ini berasal dari lingkungan yang kering.

Klasifikasi Dan Nama Latin Tanaman Lidah Buaya

Klasifikasi Tanaman Lidah Buaya

Diatas sudah di uraikan mengenai manfaat apa saja yang dimiliki oleh tanaman lidah buaya ini. Informasi ini akan tidak lengkap jika anda hanya mengetahui setengah – setengah. Maka anda harus tahu klasifikasi lidah buaya. Berikut klasifikasinya :

  1. Kingdom : Plantae

Ya, aloe vera ini memang masih dalam satu kingdom atau dunia plantae.

  1. SubKingdom : Tracheobionta
  2. Super Divisi : Spermatophyta

Untuk spermatophyte ini cirinya memiliki ciri khas berbiji. Ya, termasuk kingdom plantae tetapi yang berbiji yang merupakan pembuahan antara benang sari dan putik yang ada dibunga itu tersebut. Salah satu contoh lain spermatophyte adalah bunga terata.

  1. Divisi : Magnollophyta
  2. Kelas : Liliopsida

Ya, banyak tumbuhan yang masuk dalam kelas liliopsida ini, dan tanaman aloe vera ini termasuk kedalam kelas ini.

  1. Ordo : Asparagales
  2. Famili : Asphodelaceae
  3. Genus : Aloe
  4. Spesies : Aloe Vera L

Nah, itulah beberapa informasi mengenai klasifikasi dan juga nama latin dari lidah buaya. Kalau anda memiliki pekarangan ataupun halaman rumah yang luas. Tidak ada salahnya untuk mencoba membudidayakan tanaman hias satu ini, karena disamping bisa kita gunakan sebagai hiasan rumah juga bisa kita manfaatkan.

Banyak yang menggunakan metode seperti ini, karena memang aloe vera ini memiliki banyak sekali manfaat yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, apalagi penyakit rambut, karena aloe vera ini sering digunakan untuk hal tersebut.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Klasifikasi Dan Nama Latin Tanaman Lidah Buaya"