Klasifikasi Bunga Anggrek

No comment 972 views

Klasifikasi Bunga Anggrek - Apa sih bunga anggrek itu? Nah bagi sebagian orang yang tidak hidup di kehidupan tumbuhan pastilah merasa asing dengan tanaman satu ini. Untuk itu, saya akan membahas sekilas tentang bunga satu ini. Bunga anggrek merupakan salah satu bunga hias family orchidaceae denagn ordo orchidales dan memiliki bentuk bunga yang beragam warna.

 

klasifikasi dan morfolohi anggrek

 

Tanaman anggrek ini sering dipilih banyak orang untuk variasi hiasang dirumah mereka karena keindahannya. Nama latin bunga anggrek ini adalah Phalaenopsis app. Bunga anggrek sendiri memiliki atas banyak jenis,yaitu sekitar 6000 spesies dan ada sekitar 29 jenis anggrek yang langka berdasarkan yang dilindungi Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999 di Indonesia.  Untuk itu berikut merupakan klasifikasi bunga anggrek dan morfologinya sebagai berikut:

 

Klasifikasi bunga anggrek

 

klasifikasi anggrek

 

Morfologi bunga anggrek

Bunga ini memiliki struktur morfologi yang terdiri dari bunga, daun, batang, akar dan biji diantara yaitu :

Bunga

keragaman warna dan bentuk bunga yang bervariasi merupakan alah satu ciri bunga anggrek yang memiliki, namun pada umumnya bunga memiliki struktur yang sama. Bunga anggrek tersusun majemuk dan terdiri dari kelopak ( sepal ), petal, lidah ( labelum ), mahkota, , bakal buah yang dibentuk dengan menyatuan putik dengan benang sari. Helaian kelopak bunga ini lebih mirip dengan makhkota bunga.

Buah

tanaman ini juga memiliki buah loh. Buah ini memiliki warna dan bentuk yang kecil dan terdapat jutaan biji didalamnnya yang lembut dan halus. buah bunga anggrek ini berbeda – beda tergantung dengan jenisnya, bunga anggrek lentera atau capsuar memiliki enam buah rusuk. 3 diantaranya merupakan rusuk sejat dan 3 lainnya melekat pada dua tepi daun buah yang berlainan.

 

Daun

bunga anggrek memiliki daun yang  berwarna hijau tua dengan bentuk membesar dan meruncing keatas serta dialpisi lilin (kutikula) . kutikula tersbeut memiliki fungsi agar menjauhkan bunga dari hama dan penyakit.. Ada beberapa tipe daun berdasarkan jenis dan varietesnya diantara :

  • evergreen ( daun segar dan hijau selalu ) tidak memiliki keserentakan dalam gugur daun.
  • decides ( daun gugur ) memiliki keserentakan dalam gugur, untuk memunculkan bakal bunga dan biji.

 

Batang

bunga anggrek memiliki Batang bunga ini tebal dan mengembung yang berfungsi untuk penyimpan cadangan makanan dan air untuk menghindari kekeringan pada tanaman. Anggrek juga memiliki batang semu yang disebut dengan pseudobulp. Batang tanaman ini memiliki dua tipe diantaranya yaitu :

  • Monopodial

Memiliki satu batang dan titik tumbuh, panjang batang dapat terus tumbuh dengan batas yang tidak ditentukan. Bentuk batang ramping dan berumbi serta banyak yang memperkembangbiakannya dengan cara stek batang.

  • Simpodial

Memiliki batang bersfiat berumbi semu dan memiliki ruas – ruas tahunan. Batangnya memiliki pertumbuhan yang terbatas, dan terdapat rizhome serta perkembangbiakannnya dengan cara keiki, stek dan biji.

 

Akar

bunga anggrek memiliki akar yang berbentuk silinderis dengan daging lunak, serta mudah patah. Ujung akar dari bunga ini berbentuk meruncing licin dan sedikit lengket. Dalam kondisi kering akar tanaman ini akan berwarna putih abu – abu pada bagian luar tetapi  ujung akar akan berwarna berbeda yakni  berwarna kehijau – hijuan atau keungguan.

Jika anggrek sudah tua maka akar akan terlihat coklat dan kering fungsi dari akar sendiri yaitu mengantarkan zat hara keseluruh bagian tanaman anggrek, serta untuk digunakan menempel pada tumbuhan lainnya.

 

Itu tadi adalah klasifikasi dari bunga anggrek, sekarang ini banyak sekali orang yang jual anggrek, hal ini dikarenakan banyak pecinta anggrek yang ingin menjadikannya koleksi maupun yang ingin menjadikannya sebagai hiasan dirumah mereka.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Klasifikasi Bunga Anggrek"