Khasiat Dan Manfaat Kandungan Jeruk Lemon Pada Kesehatan

Khasiat Dan Manfaat Kandungan Jeruk Lemon Pada Kesehatan. Tahukah kalian jika manfaat jeruk lemon ini sangat banyak dan menguntungkan?  Lemon memiliki nama latin Citrus lemon merupakan salah satu buah-buahan yang digemari di dunia. Sari lemon terdiri dari 5 hingga 6% asam sitrat yang membuat rasa lemon menjadi asam.

Buah lemon sangat mudah untuk kita temukan, biasanya dalam bentuk minuman atau makanan tertentu. Vitamin B, vitamin C, asam sitrat, magnesium, kalsium, fosfor dan protein merupakan contoh nutrisi yang terdapat pada kandungan jeruk lemon. Dibalik kandungan gizi yang mineral yang begitu banyak, maka tidak heran jika buah ini memiliki berbagai macam khasiat dan manfaat untuk kesehatan.

Buah berwarna kuning in juga memiliki senyawa fitokimia, seperti polifenol, terpenes, naringin, naringenin, diosmin, dan d-limonene. Selain itu, lemon  mampu memenuhi 88% kebutuhan harian per 100 gram Vitamin C. jus jeruk lemon juga mampu melancarkan sistem pencernaan sekaligus unutk pembersih hati. Namun, ada beberapa khasiat lemon lainnya seperti dibawah ini:

 

khasiat-dan-manfaat-kandungan-jeruk-lemon-pada-kesehatan

 

  1. Mengatasi Flu, Demam, dan Infeksi Tenggorokan

Meminum sari lemon mampu ntuk mengatasi flu, demam, dan pilek  serta dapat menurunkan demam dan meningkatkan perspirasi. Vitamin C yang ada pada jeruk lemon juga bermanfaat unutk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit. Sedankgkan senyawa anri bakteri digunakan untuk mengatasi infeksi pada tenggorokan.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sari lemon yang rendah kalori kerap digunakan dalam diet unutk membantu menurunkan berat badan. Biasanya dicampurkan dengan madu dan air hangat. Lemon pun terbebas dari lemak jenuh, kolesterol, dan memiliki indeks glikemik rendah.

  1. Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi

Khasiat lemon yang selanjutnya yaitu mampu menstabilkan tekanan darah tinggi. Kalium pada jeruk lemon mampu mengontrol tekanan darah tinggi. Pusing, dan mual.  Sehingga buah lemon banyak digunakan unutk mengurangi stress mental dan depresi, karena sesansi menenangkan pikiran dan tubuh yang dimiliki buah jeruk lemon.

  1. Merawat Kesehatan Mulut

Lemon juga mampu digunakan untuk pembersih gigi, dan mampu menyingkirkan rasa sakit pada gigi. Selain hal itu, lemon juga ,mampu menghilangkan bau mulut kita yang disebabkan oleh gusi.  Memijatkan lemon pada gusi juga mampu menghentikan pendarahan pada gusi.

  1. Mengatasi scuvy

Scuvy merupakan gangguan yang timbul saat tubuh kekurangan vitamin C. seperti radang gusi, anemia, tubuh menjadi lemas, sampai pendarahan pada kulit. Lemon mampu memenuhi 88% kebutuhan tubuh akan vitamin C harian sehingga mampu digunakan untuk mengatasi scuvy dan gangguan telinga seperti tinnitus dan Meniere.

  1. Mencegah Kanker

Ada penelitian yang mengatakan bahwa lemon memiliki zat anti-kanker yang bernama citrus liminodos. Zat ini berfungsi sebagai pelindung sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh kanker.

  1. Membantu Menstabilkan pH Tubuh

Kesimbangan asam dan pada merupakan hal penting untuk kesehatan tubuh kita.salah satu manfaat jeruk lemon yaitu mampu menetralisir asam yang berlebihan pada tubuh kita. Lemon merupakan buah yang uni. Dia memiliki sifat yang bisa merubah asam menjadi basa ketika sampai ke lambung kita.

  1. Mengatasi Radang Sendi

Salah satu penyebab radang sendi yaitu kelebihan asam urat pada tubuh kita. Nah, asam sitrat pada buah jeruk menjadi pelarut asam urat, dan meningkatkan jumlah asam urat yang dieliminasi dalam urin. Sifat anti inflamasi mampu mengatasi sejumlah isu peradangan.

 

 

 

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Khasiat Dan Manfaat Kandungan Jeruk Lemon Pada Kesehatan"