Khasiat Dan Manfaat Dari Tanaman Toga Yang Sebagai Obat Tradisional

www.jenistanaman.com – Indonesia merupakan Negara yang kaya akan rempah rempah, sehingga Indonesia sendiri merupakan salah satu Negara yang memiliki banyak sekali tanaman. Contohnya sendiri adalah tanaman toga atau tanaman obat. Sudah dari zaman dahulu tanaman toga ini digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

tetapi, sekarang masyarakat Indonesia lebih memilih produk luar negeri yang notabene menggunakan bahan kimi dalam pengobatannya. Padahal yang alami itu jauh lebih baik, Indonesia merupakan Negara penghasil tanaman toga dari zaman dulu, tetapi sekarang masyarakat Indonesia sudah lupa akan manfaat tanaman toga.

Tanaman toga ini sudah dipercaya dapat mengobati penyakit ringan sampai dengan penyakit yang sangat parah. Tanaman toga ini jauh lebih baik dibandingkan dengan obat pil pil yang dibuat dari bahan kimia. Indonesia seharusnya tetap menggunakan tanaman toga sebagai obat utama.

Beberapa Tanaman Toga sebagai obat tradisional serta manfaat dan khasiatnya

  1. Blustru

obat tradisional tanaman toga blustru

Merupakan salah satu tanaman toga (tanaman obat keluarga) yang sudah digunakan dari dulu. Tanaman blustru ini dikenal dengan sebutan ketela manis, tetapi di sejumlah daerah blustru ini mempunyai nama lain seperti hurung jawa untuk daerah Palembang, lapang oyom untuk daerah sunda. Blustru ini bisa menyembuhkan penyakit asma.

Caranya dengan meletakkan blustru ini diatas nasi yang akan dikonsumsi. Cara mudahnya dengan simpan blustru muda ini diatas nasi yang sedang dimasak, lalu makan nasi serta gunakan blustru ini sebagai lalapan sehari – hari. Namun, sekarang sudah jarang yang menggunakan blustru ini, bahkan ada yang tidak tahu blustru itu tanaman apa.

  1. Buah Makassar

gambar tanaman toga buah makassar

Khasiat dari buah Makassar adalah sebagai obat untuk penyakit diabetes militus, dan juga obat untuk kanker serviks. Memang sejatinya buah Makassar ini merupakan buah yang beracun, dan rasanya juga pahit. Tetapi, dengan penggunaan dan dosis yang benar buah Makassar ini bisa menjadi obat yang sangat ampuh untuk mengobati penyakit contohnya saja untuk menyembuhkan kanker serviks, caranya Cuma seduh saja kedalam cangkir seperti meminum teh, lakukan 2 sampai 3 kali dalam sehari.

  1. Mengkudu

manfaat tanaman toga buah mengkudu

Mengkudu ini merupakan tanaman yang sering kita temui sehari hari. Apalagi jika anda orang aceh maka anda sudah tidak asing lagi dengan mengkudu, soalnya di aceh sendiri hampir setiap rumah ada tanaman mengkudu. Karena mengkudu sendiri biasanya digunakan untuk campuran rujak buah.

Tetapi, mungkin banyak yang kurang tahu mengenai khasiat dan manfaat dari mengkudu ini. mengkudu ini sendiri dapat mencegah penyakit jantung koroner dan juga bisa mengobatinya. Cara menggunakan mengkudu untuk tanaman toga adalah dengan membuat mengkudu ini sebagai jus dengan dicampur madu dan minumlah sehari 2 kali.

  1. Tongkat Ali atau Pasak Bumi

Gambar tanaman toga tongkat ali atau pasak bumi

Tongkat ali ini berasal dari Kalimantan. Tanaman ini mampu untuk menambah gairah sexual pria, dan bisa memperbaiki kadar testosterone. Juga dikenal sebagai obat yang bisa mengobati ejakulasi dini. Sederhananya, pasak bumi ini merupakan tanaman toga khusus untuk para lelaki. Biasanya dijual dalam bentuk kering maupun dalam bentuk produk lain seperti kopi dan the.

  1. Seledri

tanaman toga dan khasiatnya seledri

Tanaman toga dan khasiatnya yang terakhir adalah seledri. Kalau yang satu ini pasti sudah banyak yang tahu. Soalnya seledri sendiri biasa digunakan sebagai sayuran. Kandungan yang dimiliki seledri ini banyak sekali, seperti fosfor, kalsium dan masih banyak lagi. Seledri dipercaya bisa mengobati asam urat. Dengan merebut beberapa biji seledri lalu minumlah air rebusan tadi setiap hari pada pagi hari.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)
  1. leo1 year ago

    Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul ” Khasiat Dan Manfaat Dari Tanaman Toga Yang Sebagai Obat Tradisional ” .
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis dan mungkin anda minati. Anda dapat mengunjungi di Indonesia by Universitas Gunadarma

    Reply

Leave a reply "Khasiat Dan Manfaat Dari Tanaman Toga Yang Sebagai Obat Tradisional"