Khasiat Dan Manfaat Bunga Melati

No comment 853 views

Khasiat Dan Manfaat Bunga Melati. Bunga melati, memiliki nama latin Jasminum Sambac Ait. Merupan bunga yang terkenal karena keharumannya. Di Indonesia, pohon bunga melati sering kali kita juampai, sering dijadikan pagar atau sekedar bunga hias di rumah. Bunga berwarna putih dan mungil ini ternyata tidak hanya mengeluarkan bau yang harum ternyata terkandung khasiat yang berguna bagi manusia.

Namun masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat yang terkandung di bunga melati untuk kesehatandan pengobatan tradisional. Padahal dulu nenek moyang kita sering membuat obat tradisional dari bahan bunga melati, manfaat melati diataranya untuk pengobatan sakit mata, sakit kepala, dan sesak nafas.

Bunga melati memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan karena dalam bunga melati mengandung senyawa yang baik untuk kesehatan, senyawa tersebut antara lain indol, benzyl, dan livalylacetaat. Bagian yang sering diguanakan untuk bengobatan adalah daun, akar, dan bunga melati itu sendiri.

khasiat-dan-manfaat-bunga-melati

Berikut adalah beberapa manfaat bunga melati untuk kesehatan:

  1. Sakit mata

Jika anda pernah mengalami sakit mata, seperti isitasi mata atau mata merah. Sebenarnya kondisi tersebut bisa ditangani dengan daun melati, dengan cara ambil beberapa daun melati kemudian ditumbuk halis, tempelkan pada dahi diatas mata, jika sudah kering ganti dengan rauman yang baru.

  1. Demam dan sakit kepala

Jika anda mengalami demam dan sakit kepala, segeralah ambil beberapa daun dan kuntum bunga melati, kemudian remas-remas dengan tangan, setelah layu rendam dalam air. Kemudian air rendaman tersebut digunakan untuk mengompres dahi, cara ini bisa juga digunakan jika anda terkena sakit kepala.

  1. Sesak nafas

Jika anda mengalami sesak nafas, segeralah anda ambil beberapa daun melati kemudian rebus dan ditambahkan garam secukupnya, rebus kurang lebih 5 sampai 10 menit, setelah dingin kemudian saring air rebusan daun melati tersebut. Untuk mengobati sesak nafas minum air rebusan daun melati dua kali sehari tiap pagi dan sore.

  1. Disengat lebah atau serangga lain

Jika anda tiba-tiba tersengat lebah ataupun serangga lainnya anda tidak perlu panik, ambilah beberapa daun melati, kemudian remas-remas daun melati tersebut sampai halus. Tempelkan daun melati yang sudah anda remas ke bagian tubuh yang disengat lebah atau serangga lain.

  1. Mencegah penuaan

Minumlah satu cangkir teh bunga melati setiap hari, banyak yang percaya bahwa meminum teh bunga melati secara rutin akan mencegah penuaan kerana daram bunga melati mampu melawan radikal bebas penyebab kerutan di kulit dan juga membuat kulit kering

  1. Menyeimbangkan Gula darah

Selain mencegah penuaan teh melati juga mempunyai khasiat menyeimbangkan gula darah dalam tubuh manusia. Bagi anda yang menderita diabetes sebaiknya anda mengkonsumsi teh bunga melati tanpa menggunakan gula secara rutin.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Khasiat Dan Manfaat Bunga Melati"