Kandungan Dan Cara Menanam Pohon Buah Apel Merah

No comment 3259 views

Kalau berbicara mengenai pohon buah apel mungkin sebagian orang belum pernah melihatnya secara langsung. Karena kita tentunya hanya terpaku pada hasilnya yaitu pada buah apelnya. Karena kandungan buah apel sendiri tentunya sangatlah banyak. Sehingga buah apel ini sudah menjadi salah satu buah yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia setiap harinya.

Kandungan buah apel ini kaya akan air, vitamin B dan C. sudah ada penelitian bahwa buah apel ini bisa dan sangat baik untuk jantung dan bagus untuk terapi dalam pengobatan penyakit – penyakit yang berhubungan dengan jantung. Sudah banyak penelitian memang membuktikan bahwa kandungan buah apel bagus untuk jantung dan kesehatan tubuh sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap harinya.

Berbicara mengenai kandungan dari buah apel sudah, sekarang kita bahas mengenai cara menanam buah apel. Tentunya yang kita maksud adalah pohon buah apelnya. Ada beberapa cara untuk menanam buah apel ini. mulai dari biji ataupun bisa kita mulai dari benih dari buah apel yang sudah memiliki umur. Banyak yang menjual dari bibit maupun dari pohon yang masih muda. Kalaupun ingin membeli bibitnya usahakan pilihlah bibit yang benar – benar berkualitas agar pohon buah apel dapat tumbuh dengan maksimal. Kalau anda sudah memiliki pohonnya, kamu bisa menggunakan cara stek daripada harus menanam dari biji maupun beli benihnya.

Kandungan Dan Cara Menanam Pohon Buah Apel Merah

Cara Menanam Pohon Buah Apel

Oke, kali ini kita akan membahas cara menanam buah apel dari bijinya. Karena jika dari biji maka anda akan mengetahui banyak ilmu mengenai pohon apel ini. untuk pertama – tama, tentunya pilihlah bibit buah apel yang terbaik dan berkualitas. sehingga nantinya akan menjadi pohon apel yang memiliki buah yang segar dan tentunya berbuah banyak.

Untuk langkah kedua, keringkan biji – biji tersebut, maksud dari keringkan ini adalah membuat kulit terluar dari biji ini kering sehingga tidak lembab. Lalu setelah biji kering, bungkus biji tersebut dengan kain ataupun tisu yang sudah dibasahi dengan air, lalu taruh biji yang sudah dibungkus tersebut kedalam tempat yang tertutup rapat seperti di toples ataupun tempat wadah yang lain.

Lalu letakkan benih tadi didalam lemari es yang memiliki suhu sekitar 10 derajat celcius. Dan biarkan biji ini didalam lemari es sampai 8 minggu, hal ini dimaksudkan agar biji apel ini bisa berkecambah dengan baik. Setelah 8 minggu berlalu, seharusnya biji apel ini sudah mulai berkecambah. Nah waktu sudah berkecambah ini, anda bisa mengeluarkannya dan bisa dipindahkan di media tanam seperti di tanah ataupun dipot.

Karena memang biji apel ini baru berkecambah, sebaiknya anda menanam biji apel ini di dalam pot terlebih dahulu. Untuk itu siapkanlah pot yang berukuran kecil, jangan langsung besar, karena nantinya tidak akan efisien untuk biji apel. Isi pot kecil tersebut dengan tanah, tidak perlu dicampur dengan bahan lain seperti pupuk kompos ataupun arang sekam. Cukup tanah, dengan buat cekungan 3 kali besar dari biji apel.

Nah, cekungan ini sendiri berfungsi untuk tempat biji apel ditanam. Masukkan biji apel tersebut kedalam cekungan tersebut, lalu tutuplah dengan tanah dan tepuk dengan hati – hati karena takutnya nanti akan merusak biji apel tersebut. Untuk penempatan biji apel yang sudah ditanam didalam pot ini, sebaiknya letakkan pada kamar, dan berikan sinar matahari langsung setiap harinya. Karena pohon buah apel ini sangatlah menyukai sinar matahari.

Setelah bibit apel ini sudah mulai besar, jangan langsung dipindahkan ke tanah tempat cocok tanam terlebih dahulu, jadikan bibit apel ini lebih besar minimal memiliki tinggi 25 cm. karena sebetulnya batang, akar dari benih apel ini masihlah rentan, sehingga diperlukan ukuran yang lebih besar dahulu untuk bisa ditanam di tanah.

Kalau memang benih buah apel ini sudah memiliki tinggi minimal 25 cm. anda bisa memindahkannya ketempat tanah yang memiliki ph netral. Saat menanam di tanah pun anda harus membawa tanah dari pot tersebut untuk ditanam juga, karena kalau hanya pohon buah apel saja nantinya akan sulit beradaptasi dengan tanah yang baru, untuk itulah sebaiknya tanah bekas pot tersebut di ikutsertakan dalam penanaman di tanah cocok tanam tersebut.

Dalam pemilihan lahan cocok tanam, sebaiknya anda memilih tempat yang bisa terkena sinar matahari secara langsung, karena hal ini sangat mempengaruhi pertumbuhan dari pohon buah apel ini. dan, jika anda menanam banyak pohon, sebaiknya jarak antar pohon jangan terlalu dekat, usahakan beri ruang antar pohon, hal ini dimaksudkan agar memberi ruang pada akar pohon buah apel sehingga pertumbuhan nya pun dapat tumbuh dengan maksimal.

Untuk soal penyiramannya, sebaiknya lakukan penyiraman saat tanah kering, karena sebenarnya pohon apel ini tidak lah suka tanah yang kering dan juga tidak terlalu suka tanah yang basah. Tentunya kamu bisa tahu sendiri, jika pada musim kemarau sebaiknya harus menyiram pohon apel ini berapa kali bukan ? karena hal itu bisa kita rasakan sendiri sebagai petani dari buah apel.

Lalu untuk pemenuhan nutrisi dari pohon apel ini, kita bisa menggunakan pupuk yang mengandung nitrogen dan oksida. Karena hal ini cukup baik untuk pohon apel. Dan saat pohon apel ini sudah besar jangan lupa untuk memperhatikannya, yaitu lindungi dari tanaman gulma maupun hama yang bisa menyerang pohon apel. Nah itulah sekilas informasi mengenai kandungan buah apel, dan cara menanam pohon buah apel, mungkin banyak yang belum tahu sebelumnya bukan ? tetapi dengan membaca postingan kali ini pasti sudah tahu sekilas gambaran mengenai cara menanam buah apel.

Baca Artikel Lainnya :

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Kandungan Dan Cara Menanam Pohon Buah Apel Merah"