Jenis Tanaman Hias Untuk Taman Rumah Dan Kegunaannya

www.jenistanaman.com – Ada banyak sekali jenis tanaman hias, di Indonesia sendiri tergolong beberapa macam ada jenis tanaman hias untuk taman, ada juga tanaman hias untuk indoor. Memang dengan tanaman hias ini rumah kita akan menjadi lebih hidup, soalnya terdapat pernak pernik yang menghiasi rumah.

Sedangkan rumah yang tanpa hiasan tanaman terkesan kurang menarik dan membosankan soalnya tidak ada pembeda dari rumah orang lain. Cara mudah ya dengan menggunakan tanaman hias sebagai penghias di taman rumah. Jika rumah anda minimalis pun ada jenis tanaman hias minimalis.

Beberapa jenis tanaman hias untuk taman rumah

  1. Beringin Putih

jenis tanaman hias untuk taman beringin putih

Tanaman untuk taman yang pertama adalah beringin putih. Beringin putih ini masih dalam keluarga moraceae yang mempunyai nama latin Ficus Benjamina “Variegata”. Tanaman beringin putih ini berasal dari California dan Florida dari Amerika Serikat. Tanaman beringin putih memiliki ciri fisik yaitu daun yang berwarna hijau keputihan dan berbelang belang. Mempunyai daun mengkilap dan berujung lancip.

Beringin putih ini sangat cocok untuk ditempatkan di area sudut taman ataupun di tengah taman. Beringin putih ini akan semakin cantik jika di kombinasikan dengan tanaman hias yang lain yang memiliki warna yang kontras.

  1. Bugenville

jenis tanaman taman rumah bougenville

Bugenville merupakan tanaman family Nictaginaceae dengan nama latin Bougainvillea glabra. Di Indonesia, tanaman bunga bougenville ini memiliki nama lain yaitu bunga kertas. Karena bunganya seperti kertas yang sangat tipis. Bugenville merupakan tanaman yang berasal dari brazil dan termasuk dalam tanaman tropis. Tetapi sekarang penyebarannya sudah mencapai seluruh dunia.

Untuk kegunaan tanaman bugenville yang cocok untuk taman rumah anda adalah di letakkan di pinggiran kolam maka akan memperindah kolam dan jika di letakkan di sisi jalan masuk maka akan terkesan lembut dan juga menyambut. Tanaman ini sendiri memiliki banyak sekali varian warna.

  1. Cemara Lilin

cemara lilin jenis tanaman untuk taman minimalis

Nama lain dari cemara lilin adalah cemara tretes. Tanaman ini berasal dari Asia Barat, Eropa Selatan, dan India Utara. Cemara yang satu ini tumbuhnya meninggi bukan melebar. Untuk ketinggiannya cemara lilin ini bisa mencapai ketinggian 20 meter dengan ujungnya yang mengecil atau lancip. Daun cemara lilin ini berwarna hijau gelap.

Untuk kegunaannya sendiri cemara lilin biasanya di tanaman di jalan masuk dengan ditanam minimal 3 buah karena memang tanaman ini disebut dengan trio cemara lilin. Karena biasanya memang dipasangkan 3 buah cemara.

  1. Drasena Drako

jenis tanaman hias daun untuk taman rumah minimalis

Tanaman taman rumah selanjutnya adalah Draseno drako yang mempunyai nama latin Dracaena Draco. Tanaman ini memiliki nama lain dragon tree atau tanaman naga. Tanaman ini juga bisa mencapai ketinggian 20 meter dan bisa mempunyai diameter sampai 4.5 meter. bisa sangat besar ya, tanaman ini memiliki ciri ciri tebal, daun seperti pedang, dengan warna hijau kebiruan dan memiliki permukaan yang halus.

Untuk kegunaan dari tanaman Drasena Drako sendiri biasanya di pilih sebagai pengisi sudut taman. Atau dijadikan sebagai sentral taman dengan dikombinasikan dengan tanaman hias yang lainnya.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Jenis Tanaman Hias Untuk Taman Rumah Dan Kegunaannya"