Jenis Tanaman Hias Dalam Ruangan atau Indoor Sebagai Penyegar Udara

Meletakkan tanaman hias didalam pot kedalam ruangan rumah adalah cara yang sudah digunakan bertahun-tahun lamanya oleh para desainer interior. Karena memang tanaman hias ini bisa menyegarkan mata yang melihat, karena ruangan rumah terkesan membosankan dan bikin jenuh jadi penempatan tanaman hias ini adalah cara yang tepat.

Ada banyak sekali jenis tanaman hias indoor ini. Dan selain untuk memperindah ruangan juga dapat membersihkan udara. Bahkan, ada penelitian yang menunjukkan bahwa ada tanaman hias ruangan yang dapat membersihkan udara dalam ruangan mencapai 89%.

Beberapa Jenis tanaman hias indoor Penyegar udara

Dibawah ini beberapa tanaman hias indoor yang baik dalam fungsinya untuk penyegar udara.

  1. Sirih gading

jenis tanaman hias indoor sirih gading

Tanaman hias ini sangat mudah dalam perawatannya. Bisa bertahan hidup walaupun di cahaya yang kurang dan beriklim dingin. Tanaman ini sendiri dapat menyerap karbon monoksida dan formaldehid di udara. Tanaman yang mempunyai bunga berbentuk hati dan berwarna kuning ini sering disebut di amerika dengan Pothos dan ngetrend di wilayah amerika utara.

  1. Schefflera atau walisongo

Tanaman hias ini memiliki keunikan yang sangat indah. Karena daunnya yang mengkilap, juga mempunyai bentuk oval yang terlihat kokoh. Tanaman ini dapat digunakan untuk menyerap racun jahat, seperti formaldehid, benzena, dan juga toluena.

  1. Anggrek Bulan Atau dendrobium

jenis tanaman hias dalam ruangan anggrek bulan atau dendrobium

Anggrek bulan ini cocok ditempatkan dirumah yang baru direnovasi ataupun rumah yang pembangunannya baru jadi. Karena dapat menyerap polutan yang disebarkan oleh lem dan juga cat.

  1. Anthurium bunga

tanaman hias indoor anthurium bunga

Jenis tanaman hias indoor ini sangatlah cocok di tempatkan diruang kerja khususnya ditempat printer dan juga fotokopi. Karena tanaman ini memiliki daun gelap yang berfungsi untuk menyerap zat formaldehida, xilena, zat ammonia dan juga toluena. Tanaman ini akan tampak sangat indah jika bunganya mekar.

  1. Palem

Tanaman yang masih dalam sekerabat dengan tanaman sawit ini memiliki fungsi yang berguna bagi kita. Ya pale mini memiliki fungsi khusus untuk membersihkan udara dan sangatlah cocok di tempatkan di lingkungan para orang perokok.

  1. Philodendrons

Perawatan yang diperlukan untuk membudidayakan tanaman hias ini tidak terlalu intens, malah cenderung mudah. Tanaman yang tidak hanya indah ini juga berfungsi untuk menyerap zat xilena.

  1. Pakis

Tanaman yang sudah ada sejak zaman prasejarah ini merupakan jenis tanaman hias liar. Pakis menjadi tanaman hias sendiri karena kelembutan daun berbulunya. Tanaman ini bisa memfilter udara yang mengandung polutan seperti xilena dan juga toluene.

  1. Sphatypillum

Tanaman ini sangatlah berguna, jika ingin mempunyai tanaman berbunga yang berfungsi sebagai tanaman indoor dan juga sebagai penyaring udara maka sphatypillum ini adalah tanaman yang sangat cocok. Tanaman ini bisa berbunga jika tanaman ini terkena sinar matahari secara langsung. Fungsi tanaman ini yang sebagai penyaring udara adalah untuk menghilangkan racun berbahaya seperti ammonia, alcohol, aseton, formaldehida dan juga xilena.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Jenis Tanaman Hias Dalam Ruangan atau Indoor Sebagai Penyegar Udara"