Jenis Tanaman Hias Bunga Langka Di Indonesia Terancam Punah

Indonesia merupakan salah satu Negara di dunia yang memiliki tanaman bunga langka. Jenis bunga langka ini akan terancam punah jika tidak ada tanggapan cepat dari pemerintah. Banyak bunga langka yang ditumbuh di nusantara ini. dan sudah terkenal sampai ke penjuru dunia.

Karena banyak bunga langka yang ada di Indonesia inilah yang menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan local maupun asing untuk melihatnya. Tetapi, hal ini kurang mendapatkan perhatian oleh badan badan konservasi karena di Indonesia sendiri masih banyak sekali penebangan hutan liar dan banyak merusak ekosistem flora di Indonesia.

tanaman bunga langka rafflesia arnoldi

gambar bunga Rafflessia Arnoldii

3 Jenis tanaman hias bunga langka di Indonesia

  1. Rafflessia Arnoldii

Bunga rafflessia arnoldi ini merupakan salah satu jenis tanaman bunga yang terancam punah. Padahal bunga raflessia ini merupakan salah satu bunga yang terindah dalam dunia flora. Walaupun rafflessia arnoldi ini memiliki bau busuk yang sangat menyengat.

Bunga rafflessia arnoldi ini termasuk dalam jenis bunga yang berukuran besar. Ya soalnya rata rata bunga raflessia memiliki diameter 150 centi meter. itu sudah termasuk ukuran yang besar bagi jenis bunga. Bunga ini masih termasuk dalam keluarga Rafflesiaceae

Pertama kali bunga ini ditemukan saat penyelidikan tanaman pada zaman 1818 oleh Josep Arnold. Nama bunga ini diadopsi dari nama penemunya. Yaitu arnoldi. Bunga rafflessia merupakan bunga yang tidak bisa membuat nutrisi sendiri karena tidak memiliki zat klorofil sehingga tanaman ini bergantung pada tanaman lain.

  1. Cendana

Bunga cendana ini bisa ditemukan dari pohon cendana, bunga cendana ini tumbuh di antara ketiak dan diujung ranting. Bunga cendana ini merupakan tanaman asli Indonesia. Tanaman ini aslinya berasal dari Nusa tenggara. Tetapi sekarang bunga cendana hanya ada di sekitar bali, jawa timur, Maluku, Sulawesi dan gunung kidul Yogyakarta.

Sungguh ironis sekali. Semakin banyak saja bunga langka yang ada di Indonesia. Sebenarnya bunga cendana ini adalah bunga yang sangat indah. Bunga cendana yang memiliki warna kuning ini lama kelamaan akan berubah warna menjadi warna kecoklatan.

  1. Bunga Edelweis Anaphalis Javanica
jenis bunga langka Edelweis Anaphalis Javanica

gambar bunga edelweis

Tanaman bunga langka dari Indonesia yang terakhir adalah bunga Edelweis anaphalis javanica. Tetapi oleh masyarakat Indonesia bunga ini lebih dikenal dengan sebutan bunga edelweiss. Bunga ini merupakan bunga pegunungan tinggi, yang sering tumbuh didaerah pegunungan.

Bunga edelweiss ini juga menjadi salah satu ikon sebagai tumbuhan pelopor untuk tanah yang bekas vulkanik. Karena bunga edelweiss ini bisa memanfaatkan simbiosis antara jamur tanah dengan pertumbuha jamur mikoriza untuk mendapatkan nutrisinya. Dari itulah bunga edelweiss ini bisa dan mampu tumbuh. Untuk musim mekar bunga edelweiss ini kira kira mulai bulan april sampai agustus. Tetapi, sekarang ini bunga edelweiss sudah sulit untuk ditemukan.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)
  1. Muhammad Miqdad2 years ago

    Subhanallah mbak…. bunga-bunganya indah dan mempesona mbak… seperti mbak yang nulis artikel ini….

    Reply

Leave a reply "Jenis Tanaman Hias Bunga Langka Di Indonesia Terancam Punah"