Jenis Tanaman Herbal Dan Manfaatnya

No comment 2568 views

www.jenistanaman.com – Tanaman herbal yang ada di Indonesia sudah banyak terkenal sampai manca Negara, karena memang manfaat tanaman herbal yang dibudidayakan di Indonesia sudah diakui kemanjurannya, karena sekarang masyarakat sudah “melek” akan obat alami, sehingga perlahan – lahan obat – obatan kimia sudah sedikit di singkirkan karena banyaknya efek samping didalamnya.

Memang benar sih, soalnya bahan – bahan kimia tersebut sangatlah tidak baik untuk tubuh kita, walaupun ada yang tidak full bahan kimia semua. Tetapi tetap saja kalau menggunakan bahan kimia dalam jangka waktu yang lama pasti tidak lah baik untuk kesehatan tubuh kita. Karena sekarang masyarakat sudah tahu manfaat dari bahan – bahan obat alami itu sangat baik untuk kesehatan, jadinya sekarang sudah banyak beredar obat – obatan yang full alami tanpa campuran bahan kimia satu persen pun.

Karena mungkin obat yang seperti inilah yang di inginkan oleh pasar, tetapi biasanya obat yang seperti itu memiliki harga yang lumayan fantastis atau terbilang mahal, karena untuk mendapatkan tanaman herbal sendiri sangatlah susah dan pembudidayaannya juga diperlukan ketelitian dan perhatian yang lebih. Karena tanaman herbal dan manfaatnya kita tahu sendiri sangat banyak sekali.

Jenis Tanaman Herbal Dan Manfaatnya, Buah Makassar

Buah Makassar

Daftar Tanaman Herbal Dan Manfaatnya

  1. Buah Makassar

Siapa yang tidak tahu dengan buah Makassar ini ? kalau untuk orang Makassar sih sudah pasti tahu mengenai buah ini, tetapi untuk orang jawa mungkin tidak terlalu tahu mengenai buah yang satu ini, nama latin buah Makassar adalah Brucea Javanica, buah ini terkenal dengan rasanya yang pahit.

Memang benar kata pepatah, tanaman herbal dan manfaatnya akan banyak sekali jika tanaman herbal tersebut memiliki rasa yang pahit. Tetapi sejatinya bukan hanya pahit saja, buah ini pun beracun. Walaupun begitu, buah ini bisa mengobati penyakit diabetes militus loh ? mungkin sudah banyak yang tahu soalnya obat yang pahit pasti bisa untuk mengobati penyakit diabetes.

  1. Jarak

Nama latin dari jarak adalah Ricinus Communis, biasa disebut kaliki didaerah Jawa Barat. Tanaman herbal satu ini semua bagian tubuhnya bisa dimanfaatkan. Kalau untuk menyembuhkan penyakit rematik bisa memanfaatkan akar dari jarak ini, tetapi kalau untuk menyembuhkan penyakit TBC, Kanker Rahim bisa menggunakan biji dari tanaman jarak ini. tetapi, kalau ingin mengkonsumsi biji jarak ini sebaiknya jangan terlalu over karena bisa membuat anda keracunan.

  1. Daun Dewa

Nama latin dari daun dewa sendiri adalah Gynura Divaricata. Tanaman ini mampu mengobati berbagai macam penyakit. daun dewa ini bisa mengobati penyakit strke darah tinggi, dan juga luka memar. Karena kandungan dari daun dewa sendiri sangatlah bermanfaat, seperti saponin, atsiri dan masih banyak lagi.

  1. Aloe Vera Atau Lidah Buaya

Kalau tanaman herbal yang satu ini sih sudah banyak yang tahu manfaatnya. Karena tanaman aloe vera ini sudah sering digunakan oleh para kolektor tanaman hias, ya aloe vera ini termasuk tanaman hias dan juga masih termasuk dalam tanaman obat maupun tanaman herbal. Biasanya digunakan sebagai kecantikan, tetapi bukan hanya itu saja, aloe vera juga bisa menjadi obat kanker.

  1. Pasak Bumi

Kalau untuk pasak bumi ini biasanya banyak dikonsumsi oleh para kaum adam. Karena pasak bumi ini berfungsi untuk mencegah ej*kul*si d*ni. Maka itulah, obat ini tentunya diperuntukkan oleh para lelaki. Nama lain dari tanaman herbal ini adalah Tongkat Ali sedangkan nama latinnya Eurycoma Longifolia Jack.

Nah, Itulah informasi mengenai tanaman herbal dan manfaatnya yang perlu anda ketahui.

Baca Artikel Lainnya :

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Jenis Tanaman Herbal Dan Manfaatnya"