Jenis – Jenis Tumbuhan Paku Dan Gambarnya

No comment 41135 views

Kita tahu sendiri bahwa tumbuhan paku itu sangatlah banyak di dunia ini. banyak sekali tanaman – tanaman yang mungkin anda tidak tahu kalau tanaman tersebut sebenarnya termasuk dalam jenis jenis tumbuhan paku. Memang sih, tumbuhan – tumbuhan yang ada di bumi ini dibagi dengan beberapa jenis, dari tumbuhan yang berbatang keras sampai dengan jenis tumbuhan paku.

Tumbuhan paku atau pterydophyta merupakan tanaman yang memiliki akar sejati, dan juga daun serta batangnya yang biasa disebut dengan cormophyta. Untuk ciri – ciri dari hidupnya tanaman ini tentunya bisa dilihat dengan jelas, soalnya semua tumbuhan paku menyukai tempat lembab dan tidak bisa dipungkiri kalau tumbuhan paku pasti hidupnya di tempat yang lembab.

Gambar Dan Jenis Jenis Tumbuhan Paku

  1. Subdivisi Pteropsida

jenis jenis tumbuhan paku Subdivisi PteropsidaJika kita menemukan subdivisi pteropsida di Indonesia ini, maka anda akan tidak asing lagi, soalnya jika di Indonesia subdivisi ini dikenal dengan tanaman pakis. Ya, tanaman ini biasanya hidup di daerah yang beriklim subtropis sampai dengan iklim tropis seperti di Indonesia. Untuk ciri ciri dari tumbuhan paku subdivis pteropsida ini memiliki daun yang berukuran cukup lebar daripada subdivisi yang lainnya. Tapi bisa berbeda jika tanaman ini masih muda, karena biasanya yang berumur masih muda itu memiliki daun yang menggulung. Contoh dari jenis tumbuhan paku subdivisi pteropsida ini adalah Asplenium nidus atau sering disebut dengan paku sarang kuda, lalu adiantum cuneatum atau sering disebut dengan suplir dan juga semanggi atau marsilea crenata.

  1. Homospora

Untuk contoh dari tanaman paku homospora ini adalah paku kawat. Tanaman paku ini Cuma menghasilkan satu macam ukuran spora saja, dengan nama lain homospora ini kebalikan dari heterospora. Nah, hal yang dihasilkan tadi digunakan sebagai alat perkembang biakan. Untuk tanaman paku ini mungkin anda akan menemui nya tumbuhan yang berwarna hijau, karena memang paku ini bisa melakukan fotosintesis dengan daun yang terdapat pada alat perkembang biakkannya.

  1. Subdivisi Psilopsida

jenis tumbuhan paku Subdivisi PsilopsidaUntuk subdivisi ini biasa disebut dengan paku purba. Karena memang salah satu tumbuhan paku yang memiliki susunan tanaman yang sederhana, karena itulah disebut sebagai paku purba. Karena tumbuhan paku satu ini tanpa adanya akar maupun daunnya yang ada hanyalah ranting ranting atau batang yang bercabang. Tetapi, untuk sekarang mungkin akan sangat sulit untuk menemui tanaman paku purba ini, karena keberadaannya sekarang sangatlah langka, dan digadang – gadang kalau jenis tumbuhan paku ini akan punah.

 

  1. Subdivisi Sphenopsida

Untuk jenis jenis tumbuhan paku yang satu ini, memiliki tempat hidup di iklim sub tropis. Tanaman ini biasanya hidupnya di rawa – rawa yang berudara lembab. Untuk subdivisi yang satu ini memiliki daun yang jenis mikrofil serta merupakan generasi sprofit yaitu tumbuhan yang dapat menghasilkan spora. Untuk contoh dari subdivisi sphenopsida ini adalah Ewuisetum palustre.

  1. Heterospora

Tumbuhan paku anisospora atau heterospora ini mempunyai ukuran dari spora yang berbeda – beda. Ada yang mikrospora dan juga ada makrospora. Jika dilihat dari namanya pasti sudah pada tahu kalau mikrospora itu tentunya ukurannya lebih kecil dari makrospora. Contoh dari tumbuhan paku heterospora ini adalah semanggi dan juga paku rane. Sekarang sudah sulit untuk menemukan tanaman – tanaman ini.

Nah, itulah sekilas informasi mengenai jenis – jenis dari tumbuhan paku. Mungkin anda sudah sedikit lebih mengerti bukan mengenai ilmu pengetahuan yang satu ini.

Baca Artikel Lainnya :

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Jenis – Jenis Tumbuhan Paku Dan Gambarnya"