Indahnya Jenis Tanaman Air Tawar Hias

No comment 6741 views

Kebanyakan dari kita pasti melihat tanaman hias itu yang berada di pot, di taman dan di media apapun yang berhubungan dengan tanah. Tapi, sebenarnya tanaman hias sendiri bukan hanya di media tanah saja. Tanaman hias juga ada yang hidup di air dan fungsinya juga sebagai hiasan untuk mempercantik kolam atau apapun yang berhubungan dengan air. Nah tanaman hias satu ini disebut dengan jenis tanaman hias air.

Tanaman hias air ini tidak kalah dengan tanaman hias darat. Tanaman air hias ini juga mempunyai keindahan yang bisa membuat mata kita menjadi tertegun dan terpesona melihat keindahannya. Tanaman hias air ini disebut juga dengan tanaman akuatik atau bahasa inggrisnya aquatic plant.

Beberapa Tanaman hias air tawar

lotus bunga tanaman air untuk kolam

Tanaman seroja atau tanaman lotus. Tanaman ini di Indonesia sering disebut dengan tanaman teratai. Lotus atau seroja ini mempunyai nama lain yaitu Nelumbo Nucifera Gaertn. Lotus ini mempunyai tangkai bunga yang tegak tetapi bunga lotus ini sendiri tidak mengapung di permukaan air. Tangkainya ini mempunyai rongga kosong untuk jalan lewat udara atau oksigen. Pada zaman mesir kuno, bunga seroja ini dimuliakan sekali, tepatnya pada masa zaman firaun, karena bunga ini sering ditemukan bersama dengan teratai jenis Nymphaea Caerulea di sungai Nil.

tanaman hias bambu air

Tanaman Equisetum (Bambu Air). Tanaman bamboo air ini sering ditemukan dirawa rawa dengan keadaan fisik tingginya antara 25 centimeter sampai 1meter. Dan diameter batangnya sendiri tidak lebih dari 3 centimeter. Tumbuhan bamboo air ini adalah satu satunya family Equisetinae yang masih bisa ditemukan dalam keadaan hidup di masa sekarang. Karena semua family tanaman bamboo air ini sudah dinyatakan telah punah.

gambar foto bunga teratai merah

Water lily atau teratai. Jika dinegara bagian barat sering menyebut bunga ini dengan sebutan waterlily tetapi untuk di Indonesia sendiri sering disebut dengan teratai. Di Indonesia, bunga teratai ini disamakan dengan bunga lotus atau seroja tadi. Karena memang berada dalam kelas yang sama sehingga orang orang mengira kalau dua tanaman ini adalah sama. Perbedaannya adalah jika teratai ini mempunyai daun dan bunga yang tumbuh diatas permukaan air sedangkan tanaman lotus tadi tidak mengapung di permukaan air. Itulah bentuk fisik yang dapat membedakan antara tanaman lotus dengan tanaman teratai.

gambar dan manfaat tanaman enceng gondok

Eichhnornia Crassipes Atau Enceng Gondok. Di Indonesia sendiri tanaman enceng gondok ini mempunyai nama yang berbeda beda tergantung tiap daerah, contohnya saja di Palembang, dayak, lampung, memberi nama enceng gondok ini dengan nama lain. Enceng gondok sendiri menurut sejarah pertama kali ditemukan di sunga amazon oleh Carl Friedrich Philipp Von Martius. Enceng gondok ini mempunyai kemampuan untuk berkembang biak yang sangat tinggi. Jadi, tidak heran jika ada suatu sungai yang diatas permukaan airnya itu terdapat banyak sekali tanaman enceng gondok sehingga mampu menutupi keseluruhan permukaan air, sehingga hal ini akan mengganggu ekosistem air sungai karena banyak sekali makhluk hidup yang membutuhkan sinar matahari didalam sungai tersebut.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Indahnya Jenis Tanaman Air Tawar Hias"