Hal Yang Paling Penting Untuk Budidaya Tanaman Hias Beserta Gambarnya

Pada masa sekarang, budidaya tanaman sangat menjadi tren. Justru menjadi hobi bagi para penikmat tanaman khususnya yang paling popular adalah budidaya tanaman hias. Tapi bukan dari kaum hawa, tapi kaum adam lah yang paling banyak punya hobi dalam budidaya tanaman hias ini. Kenapa ? yah karena para kaum adam menginginkan kesibukan lain di jam liburnya pekerjaan mereka. Untuk itulah, banyak sekali yang memilih untuk budidaya tanaman hias apalagi hal tersebut bisa menguntungkan mereka.

Budidaya tanaman itu sendiri adalah cara mengembang biakkan berbagai jenis tanaman atau satu jenis tanaman yang dalam skala banyak maupun sedikit dengan dibantu media lain seperti pot ataupun langsung di tanah. Tetapi, untuk budidaya tanaman hias ini biasanya lebih dalam penggunaan media pot. Karena itu sangatlah bagus untuk menumbuhkan tanaman hias yang sedang tumbuh.

Tanaman hias bukan hanya bunganya saja yang di nikmati, tetapi bentuk tangkai, daun serta buahnya juga merupakan hal hal yang membuat indahnya suatu bunga atau tanaman hias.

Faktor – Faktor yang perlu di perhatikan dalam melakukan budidaya tanaman hias

Budidaya tanaman hias ini bisa menjadi sebuah bisnis yang bagus, bukan hanya sekedar hobi saja tetapi bisa menjadi peluang usaha yang dapat membuahkan hasil yang tergolong lumayan. Untuk seorang yang suka dalam tanam menanam, maka hal tersebut sangatlah bagus untuknya. Karena sebuah bisnis yang menyenangkan adalah bisnis yang kita sukai.

Tetapi, untuk bisnis ini tentu saja diperlukan waktu yang lumayan dan tidak bisa dalam waktu yang singkat. Tetapi untuk seseorang yang mempunyai hobi dalam bidang ini hal tersebut bukanlah sebuah masalah. Karena mereka akan senang melihat hasil dari budidaya tanaman hias mereka sendiri. Untuk itu, mereka juga harus tahu bagaimana cara budidaya tanaman hias yang baik. Berikut faktor – faktor yang harus diperhatikan dalam budi daya tanaman hias.

  1. Pemilihan tanaman hias

Untuk seorang pemula yang terjun dalam bisnis ini, saya sarankan untuk memilih jenis tanaman hias yang mudah dalam perawatan dan budi daya nya. Karena tiap tanaman hias mempunyai karakteristik masing-masing yang berbeda dari tanaman lain. Ada yang lebih sensitif dan ada juga yang mudah dalam perawatan.

  1. Media Tanaman

Media tanaman ini lebih ke dalam media yang digunakan. Seperti biasanya, para kolektor tanaman hias memilih media tanam yaitu pot karena pot sangatlah mudah dan tidak memerlukan lahan yang banyak dan apalagi bagus untuk perkembangan tanaman jika tahu bagaimana caranya. Ada juga yang langsung ke tanah, untuk tanaman yang masih kecil lebih baik di media pot dulu, kalau sudah besar baru di pindah di tanah.

  1. Perawatan Tanaman Hias

Ini lebih ke perawatan yang kita lakukan sehari – hari. Dengan melakukan penyiraman yang pas untuk tanaman dan jangan berlebihan apalagi lupa menyiram, ini sangatlah berpengaruh terhadap tanaman itu. Dan pemupukan, saya sarankan gunakan pupuk organik, karena yang paling bagus adalah pupuk yang organik sehingga tidak menimbulkan efek efek lainnya.

  1. Lokasi Tempat Tanam

Lihat tipe tanaman terlebih dahulu, apakah tanaman hias tersebut bagus untuk sinar matahari langsung apakah tidak, karena ada tanaman hias yang tidak suka terkena sinar matahari secara langsung atau lebih ke secara tidak langsung. Jika memang bagus yang secara tidak langsung, anda harus mempersiapkan tempat yang pas agar sinar matahari tidak mengenai langsung ke tanaman hias tersebut.

 

Berbagai Gambar dari beberapa tanaman hias

gambar dan budidaya bunga amarilis

gambar bunga amarilis

gambar klasifikasi dan manfaat bunga asoka

gambar bunga asoka

gambar dan manfaat bunga kenanga putih

gambar kenanga putih

gambar dan manfaat bunga kemuning

gambar bunga kemuning

Ciri-ciri dan gambar bunga alamanda kuning

gambar bunga alamanda kuning

gambar foto budidaya tanaman bunga melati putih

gambar bunga melati putih

cara budidaya tanaman hias bunga anggrek

gambar bunga anggrek

jenis tanaman hias dalam ruangan anggrek bulan atau dendrobium

gambar anggrek bulan atau dendrobium

nah, itulah beberapa faktor yang dibutuhkan untuk melakukan budidaya tanaman hias, dan juga ada beberapa gambar tanaman hias yang sering di koleksi oleh warga indonesia.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Hal Yang Paling Penting Untuk Budidaya Tanaman Hias Beserta Gambarnya"