Gambar Serta Macam-Macam Tanaman Toga Sebagai Obat Keluarga

Tanaman toga atau sering disebut tanaman obat adalah suatu tanaman yang biasa digunakan oleh sebuah keluarga sebagai obat untuk mengobati penyakit penyakit ringan. Tanaman toga yang dibudidayakan oleh keluarga ini di Indonesia sering disebot dengan apotik hidup. Fungsinya untuk mengobati penyakit ringan seperti masuk angin, batuk batuk, flu dan serangan radikal bebas. Tetapi, ada macam macam tanaman toga, dan mempunyai fungsi fungsi sendiri.

Toga (tanaman obat keluarga) ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Karena memang bersifat alami sehingga tidak banyak mengkonsumsi bahan kimia. Untuk itulah banyak yang melakukan budidaya tanaman toga ini. Selain tidak mempunyai efek negative atau efek samping tanaman toga juga mempunyai rasa yang enak seperti jahe, dan masih banyak lagi.

Macam – macam Toga ( Tanaman Obat Keluarga )

Macam tanaman toga atau disebut toga (tanaman obat keluarga) adalah tanaman yang mempunyai fungsi diantaranya adalah berkhasiat sebagai obat yang bisa dibudiyakan sendiri, biasanya di budidayakan di halaman perumahan dengan sepetak tanah.

Tanaman toga sudah ada sejak zaman dahulu, dari mesir kuno, sampai ke masa sekarang dan di Indonesia ini. Beberapa tanaman toga yang sudah digunakan dari dulu :

Daun belimbing dan seledri. Ini adalah tanaman toga yang dapat berfungsi sebagai obat hipertensi.

Daun bayam berduri bisa untuk mengobati penyakit anemia atau kekurangan darah.

Daun Saga untuk mengobati batuk batuk, flu, sariawan dan sejenisnya. Sedangkan untuk pacar cina bisa mengobati penyakit pada kelamin.

Daun dewa pada zaman dahulu sampai sekarang sering digunakan untuk mengobati muntah darah dan juga bisa untuk mengobati pembengkakan yang terjadi pada payudara.

Daun Kelor juga bisa berkhasiat dalam pengobatan panas dalam dan serta demam.

Diatas adalah daftar tanaman toga yang digunakan adalah daunnya. Dibawah ini ada macam - macam toga (tanaman obat keluarga) :

  1. Bawang Putih

macam macam tanaman toga contohnya bawang putih

Sudah ada penelitian mengenai bawang putih ini. Memang bawang putih mempunyai banyak kegunaan dalam pengobatan. Bahkan jika sering dikonsumsi bawang putih ini bisa mencegah penyakit jantung dan hipertensi. Untuk keluarga biasanya digunakan untuk pengobatan penyakit batuk, flu dan bisa membasmi bakteri dan virus jahat.

  1. Jahe

macam macam toga tanaman obat keluarga contoh Jahe

Jahe sudah digunakan sejak zaman dahulu bisa digunakan sebagai obat sakit kepala, masuk angin, dan pusing. Dan menurut penelitian terbaru jahe sendiri bisa digunakan sebagai meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan juga bisa untuk menunda penuaan.

  1. Temulawak

gambar temulawak tanaman toga

Tanaman toga ini merupakan tanaman obat yang asli khas Indonesia. Di Indonesia, temulawak sendiri sudah dimanfaat beratus tahun lalu secara turun temurun. Temulawak ini bisa mengobati penyakit maag, perut kembung, mengobati sakit kuning, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu untuk menstabilkan darah.

  1. Cengkeh

cengkeh toga tanaman obat keluarga.jpg

Cengkeh ini mempunyai banyak sekali khasiat. Biasanya digunakan untuk menyembuhkan sakit kepala, masuk angin, kolera, sakit gigi, gangguan pada pencernaan, muntah dan mual, asma dan masih banyak lagi.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Gambar Serta Macam-Macam Tanaman Toga Sebagai Obat Keluarga"