Gambar Dan Pengertian Budidaya Tanaman Hidroponik

No comment 12053 views

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai budidaya tanaman hidroponik dan gambar – gambar tanaman hidroponik, maka alangkah baiknya untuk mengetahui lebih dulu tentang pengertian tanaman hidroponik. Ditinjau dari namanya sendiri, yaitu hidroponik.

Pengertian dari hidroponik sendiri adalah di ambil dari kata hydro, yaitu air. Berarti kesimpulan dari pengertian tanaman hidroponik adalah melakukan teknik – teknik budidaya tanaman dengan menggunakan media air sebagai pengganti tanah. Sehingga air ini nantinya akan memiliki kandungan nutrisi unsure hara dari tanah.

Baca Juga : Tanaman Sayuran Hidroponik

Karena itulah menggunakan media air pun sangat mungkin karena air tersebut sudah mengandung berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tanaman yang dibudidayakan. Sekarang ini, teknik hidroponik ini sendiri sangatlah populer. Makanya banyak orang yang mencoba mempelajari ilmu tentang budidaya tanaman hidroponik. Karena tanaman hidroponik ini biasanya tanaman – tanaman yang memiliki batang tidak keras, seperti sayuran pada umumnya dan tanaman buah seperti buah semangka maupun buah strawberry.

Teknik hidroponik sendiri sebenarnya bisa dilakukan oleh siapapun saja, soalnya hidroponik memang tidak memerlukan kemampuan khusus para petani. Sehingga memungkinkan siapa saja untuk mencobanya. Bahkan banyak para pebisnis dibidang hidroponik yang tidak memiliki jurusan mengenai pertanian tersebut. Tetapi banyak yang berhasil. Kenapa ? karena mereka memang benar – benar mencoba teknik hidroponik dengan konsisten.

Maka dari itu, sebenarnya melakukan budidaya tanaman hidroponik ini sebenarnya tidak harus anda seseorang yang ahli dibidang pertanian, Cuma orang – orang yang mau belajar dan memiliki semangat tinggi yang akan berhasil dalam melakukan hidroponik ini.

Untuk macam macam hidroponik, sebenarnya ada banyak sekali jenis teknik tanaman hidroponik ini. seperti teknik kultur air statis, run to waste, aeroponics, bioponic, Nutrient Film Technique. Itu adalah beberapa teknik hidroponik yang sering digunakan oleh para pembudidaya tanaman hidroponik.

Baca Juga : Tanaman Hidroponik Sawi

Misalnya saja teknik aeroponik, teknik ini caranya yaitu dengan membasahi akarnya dengan air nutrisi secara berkala. Sehingga tanaman dan akarnya menggantung di udara. Dengan teknik ini sangat sukses untuk melakukan perkecambahan biji. Dan juga sudah ada penelitian mengenai sistem aeroponik ini, dan hasil dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa tanaman yang menggunakan teknik hidroponik aeroponik ini bisa meningkatkan pertumbuhan sebesar 80%.

Sehingga hal ini sungguh sesuatu yang sangatlah bagus. Lalu apa saja sih keuntungan tanaman hidroponik itu ? nah, berikut ini keuntungan tanaman hidroponik :

  1. Mudah dalam memanen hasil nya.
  2. Tidak memerlukan tanah, karena menggunakan media selain tanah.
  3. Tanaman dapat tumbuh lebih cepat.
  4. Steril dan bersih.
  5. Tidak menyebabkan polusi nutrisi ke lingkungan, jadinya hal ini sangatlah bagus untuk lingkungan.
  6. Bebas dari tanaman gulma atau tanaman pengganggu.
  7. Dengan melakukan teknik hidroponik ini dapat memberikan hasil panen lebih banyak dari melakukan penanaman yang biasa.
  8. Media tanam juga dapat dilakukan selama bertahun – tahun.

Baca Juga : Tanaman Hidroponik Anggrek

Beberapa gambar tanaman hidroponik

budidaya tanaman hidroponik   gambar tanaman hidroponik

pengertian tanaman hidroponik   budidaya tanaman secara hidroponik

Nah, itulah sekilas informasi mengenai gambar tanaman hidroponik, pengertian hidroponik dan juga teknik yang digunakan dalam budidaya tanaman hidroponik.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Gambar Dan Pengertian Budidaya Tanaman Hidroponik"