Contoh Tanaman Toga Berdasarkan Jenis – Jenisnya

No comment 1742 views

www.jenistanaman.com, jenis jenis tanaman toga yang ada di dunia ini sangat banyak, mulai dari jenis tanaman toga daun, contohnya seperti daun sirih, lalu jenis tanaman toga buah seperti jahe, jeruk nipis dan masih banyak lagi. Di Indonesia sendiri kayak akan tanaman toga.

Anda jika salah satu orang yang tinggal di desa, mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanaman tanaman toga. Karena memang di pedesaan hampir tiap rumah membudidayakan tanaman obat ini, dengan memilki jenis jenis tanaman toga yang bervariasi.

Tetapi untuk Indonesia sendiri, tanaman toga yang sering dibudidayakan di sebut dengan apotik hidup, ini meliputi seperti jahe, kunyit dan lainnya. Karena memang rempah rempah tersebut adalah sudah dari zaman dahulu di kembang biakkan di Indonesia. Salah satunya temulawak yang merupakan warisan turun temurun.

Contoh tanaman toga berdasarkan jenis-jenisnya

Berbagai contoh tanaman toga (tanaman obat keluarga)

Tanaman toga ini biasa dibudidayakan didalam pot ataupun dilingkungan atau halaman dan pekarangan rumah. Berikut contoh tanaman toga :

  1. Jahe

Jahe atau nama lainnya zingiberaceae merupakan salah satu tanaman toga di Indonesia yang sangat terkenal. Ya tanaman ini mempunyai kemampuan yang ampuh dalam menyembuhkan masuk angin dan juga untuk menghangatkan tubuh. Karena itulah, jahe ini sering digunakan sebagai bahan utama produk pengobatan seperti obat masuk angin. Manfaat dari jahe adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh, bisa juga untuk mengatasi mabuk, dapat mengobati batuk, menghambat oksidasi kolesterol dan mengobati luka memar.

Cara penggunaan jahe ini sangat mudah, cukup haluskan jahe tapi jangan terlalu halus, lalu seduhlah dengan air panas, biarkan beberapa menit hingga mengendap lalu minumlah air tersebut saat masih hangat.

  1. Kencur

Merupakan salah satu bumbu yang sering digunakan oleh para ibu rumah tangga. Mereka tidak tahu khasiat yang dimiliki oleh kencur ini, padahal kencur ini bisa memperlancar haid wanita, anti peradangan pada lambun, juga bisa mengobati batuk dan serta dapat menghilangkan kelelahan.

  1. Temulawak

Temulawak merupakan salah satu tanaman toga yang asli dari Indonesia. Tanaman ini sudah menjadi rahasia umum memiliki sejumlah khasiat yang bagus untuk tubuh. Kurkumin yang ada pada temulawak bisa sebagai obat anti peradangan.

  1. Daun Kemangi

Daun kemangi jika di Indonesia sering kita jumpai sebagai lalapan sambal. Ya memang daun kemangi ini memiliki bau yang khas untuk pencuci mulut maka dari itu di Indonesia digunakan sebagai lalapan sambal. Jika anda tidak ingin memakan daun kemangi ini, maka anda sangatlah rugi, karena daun kemangi ini bisa menghilangkan racun racun yang ada pada makanan. Karena mungkin saja makanan yang kita makan itu membawa racun yang tidak baik bagi tubuh kita.

Bukan hanya itu saja, manfaat dari dan kemangi ini masihlah banyak sekali., contohnya saja untuk mencegah kemandulan, bisa untuk menurunkan kadar gula darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempunyai fungsi untuk memperbaiki hati, mencegah tulang yang kropos, dan juga bisa menghilangkan jerawat. Banyak sekali bukan, makanya jika kamu tidak mau makan daun kemangi berarti kamu adalah salah satu orang yang sangat lah rugi.

Yah, itulah beberapa contoh tanaman toga yang sering dibudidayakan di Indonesia, sebenarnya masih banyak sih. Untuk itu, jika ingin sehat makanlah tanaman obat tersebut, karena tanaman itu pun sangat bagus bagi tubuh kita.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Contoh Tanaman Toga Berdasarkan Jenis – Jenisnya"