Contoh Jenis Tanaman Hidroponik Yang Sering Dibudidayakan

No comment 4500 views

Tanaman hidroponik adalah tanaman yang ditanam di media tanam selain tanah. Tetapi menggunakan media air yang telah diberi nutrisi sebagai pengganti dari media tanah ini. nutrisi tersebut mengandung kandungan yang ada pada tanah. Tetapi, tidak semua tanaman bisa kita buat menjadi tanaman hidroponik, karena kita juga harus tahu sifat dan jenis dari tanaman yang akan dibuat hidroponik.

Contoh tanaman hidroponik itu seperti tanaman tomat, tanaman tomat ini memiliki waktu yang singkat untuk berbuah maka hal itulah mudah untuk dijadikan tanaman hidroponik. Sedangkan untuk tanaman buah mangga, ini tidak lah bisa dijadikan tanaman hidroponik karena tanaman mangga sendiri memiliki waktu yang lama untuk tumbuh dan berbuah.

Kelebihan dari teknik hidroponik ini tanaman akan lebih bebas dari serangan hama dan penyakit. Karena sejatinya teknik hidroponik adalah menempatkan tanaman ke tempat yang sudah khusus dibuat untuk hidroponik. Hidroponik ini selain tidak memerlukan lahan yang luas, juga tidak akan merusak tanah karena tidak menggunakan media tanah. Dan juga pertumbuhan tanaman hidroponik akan jauh lebih cepat karena pemberian nutrisi yang selalu cepat dan tepat.

contoh tanaman hidroponik buah timun

gambar buah timun

Contoh Jenis Tanaman Hidroponik Yang Bisa Dicoba

  1. Buah-buahan

Ada beberapa buah buahan yang bisa ditanam dengan menggunakan cara hidroponik. Singkatnya adalah buah buahan yang tidak memerlukan waktu yang lama atau buah yang tidak memiliki batang yang keras. Contohnya saja buah melon.

Buah melon yang cocok untuk ditanam dengan teknik hidroponik adalah melon golden Apollo. Kenapa dengan melon ini ? karena melon ini merupakan salah satu jenis melon yang terbaik. Selain memiliki kadar rasa manis yang tinggi, dan juga mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

Biasanya sistem hidroponik yang digunakan untuk menanam buah melon golden Apollo adalah sistem tetes. Yaitu sistem hidroponik yang menggunakan cara meneteskan nutrisi ke akar dari buah melon tersebut. Dengan teknik hidroponik biasanya hasil buahnya juga jauh lebih besar daripada menggunakan media tanah.

  1. Timun

Timun merupakan salah satu jenis tanaman hidroponik yang sering dibudidayakan. Timun ini masih termasuk kedalam jenis buah buahan yang memerlukan usaha dan perawatan yang ekstra. Karena timun ini tidak bisa terkena cahaya matahari terlalu berlebihan dan juga tidak boleh kurang. Maka dari itu, memang gampang gampang susah untuk budidaya jenis tanaman ini.

Tapi jika ingin mencoba untuk melakukan budidaya timun hidroponik saya sarankan untuk tidak membuat tanaman timun ini terkena cahaya secara langsung. Maka dari itu perhatikan dengan baik tanaman timun yang akan anda tanam ini.

  1. Sayur – Sayuran

jenis tanaman hidroponik sayuran sawi

Sayur sayuran juga bisa dibudidayakan secara hidroponik khususnya sayuran yang berdaun hijau. Contoh sayuran yang berdaun hijau ini seperti bayam, tomat, sawi dan lain lain. Justru kebanyakan tanaman hidroponik adalah jenis tanaman sayuran.

Jika anda menjadikan sayuran ini secara hidroponik maka anda akan bisa memanen pada hari ke 26 sampai hari ke 29. Cukup cepat bukan, dan saya sarankan untuk memanen diantara hari itu, kalau lebih dari hari itu biasanya rasa dari sayuran sudah berbeda karena memang sudah terlalu tua.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Contoh Jenis Tanaman Hidroponik Yang Sering Dibudidayakan"