Ciri – Ciri Tumbuhan Paku (Pteridophyta)

No comment 6170 views

Tumbuhan paku sejatinya terbagi atas banyak tipe. Untuk penyebarannya juga tumbuhan paku ini tersebar di berbagai wilayah di penjuru dunia. Lantas apa yang menjadi ciri ciri tumbuhan paku ? Tumbuhan paku merupakan tanaman yang berkelompok dan memiliki sistem pembuluh sejati seperti xylem dan floem.

Biasanya tumbuhan paku ini hidupnya didaerah yang tropis dan di daerah yang lembab, karena daerah tersebut lah yang menjadi kesukaan dari tumbuhan paku ini. Biasanya, tumbuhan paku ini tumbuh liar di pinggir sungai, dihutan dan di manapun karena tumbuhan ini mungkin akan kita sebut dengan rumput.

Ciri – Ciri Tumbuhan Paku (Pteridophyta)

Pastinya anda sudah pernah melihat tumbuhan paku ini, jika anda belum mengetahui seperti apa tumbuhan paku tersebut maka kamu harus tahu ciri tumbuhan paku agar bisa mengetahui mana yang dimaksud dengan tumbuhan paku, karena di Indonesia sendiri tumbuhan paku ini banyak tumbuh liar di sekitar lingkungan kita.

Baca Juga : Struktur Tumbuhan Paku

Ciri Ciri Tumbuhan Paku

  1. Tumbuhan paku ini mempunyai dua fase generasi, apakah itu ? yaitu gametofit dan sporofit. Gametofit adalah menghasilkan sel kela- *min, sedangkan untuk sporofit menghasilkan spora.
  2. Tumbuhan paku memiliki daun yang bersisik dan juga menggulung saat masih berumur muda belum atau belum termasuk tumbuhan berumur.
  3. Fase gametofit kalah dominan dari fase sporofit.
  4. Tumbuhan paku merupakan kormophyta berspora, jadi jelas beda dengan tumbuhan lumut, karena tumbuhan paku ini memiliki daun, akar, dan juga batang
  5. Untuk habitat hidup tumbuhan paku ini bisa di dua alam. Karena jenis dari tumbuhan ini sangatlah banyak, tetapi memiliki sifat yang sama yaitu menyukai tempat yang basah dan juga lembab.
  6. Mempunyai pembuluh angkut yaitu xylem dan floem.
  7. Merupakan salah satu tumbuhan autotrof karena tumbuhan paku ini memiliki klorofil sehingga bisa melakukan proses fotosintesis.
  8. Ada dua jenis daun dari tumbuhan paku, yaitu daun makrofil yang merupakan daun berukuran besar dan daun mikrofil yang merupakan daun berukuran kecil.
  9. Daun tumbuhan paku ini juga dibedakan berdasarkan fungsinya yaitu ada dua daun sporofil dan juga daun tropofil. Sporofil ini untuk menghasilkan spora. Sedangkan untuk tropofil ini untuk proses fotosintesis.

Baca Juga : Perbedaan Tumbuhan Paku Dan Lumut

Nah, itulah sekilas informasi mengenai ciri - ciri tumbuhan paku. Mungkin Cuma beberapa saja, tetapi sebenarnya masih ada banyak sekali dari ciri – ciri tumbuhan paku ini.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Ciri – Ciri Tumbuhan Paku (Pteridophyta)"