Ciri-Ciri Tanaman, Kandungan Dan Gambar Lidah Buaya

No comment 1139 views

Kandungan Lidah Buaya - Siapakah yang tidak kenal dengan lidah buaya, pemanfaatan lidah buaya sering  digunakan untuk kecantikan, namun lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan.Lidah Buaya (Aloe vera; Latin: Aloe barbadensis Milleer) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu dan digunakan sebagai penyubur rambut dan untuk perawatan kulit. Kandungan lidah buaya inilah yang banyak bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan tubuh kita.

Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. Getah yang kelua dari hasilpemotonganlidah buaya disebut Eksudat, eksudat berbentuk cair, warna kuning dan memiliki rasa pahit. Pada bagian ini terkandung sejumlah zat yaitu 8 dihidroxianthraquinone (Aloe Emoedin) dan glikosida (Aloins). Berikut gambar lidah buaya untuk kamu yang masih buram akan bentuk lidah buaya.

 

Ciri-Ciri Tanaman, Kandungan Dan Gambar Lidah Buaya

 

Lidah buaya sendiri memiliki ciri-ciri khusus yang bisa kamu lihat. Ciri-ciri lidah buaya yang khasiatnya masih utuh bisa kamu lihat dari bentuk fisiknya:

  • Panjang leih dari 50 cm.
  • Memilki berat 8 ons per batang
  • Earna daunnya hijau tua
  • Memiliki aroma yang tidak menyengat
  • Dan memiliki rasa yang tidak pahit

 

Lidah buaya atau aloevera merupakan salah satu atnaman iklim tropos dengan bentuk yang hampir menyerupai kaktus. Tanamn ini banyak digunakan oleh masyarakat karena kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Berikut beberapa manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan kesehatan.

  1. Mengatasi Jerawat

Lidah buaya memiliki efek untuk menyembuhkan berbagai macam luka termasuk jerawat. Potong lidah buaya dan Ambil bagian daging lidah buaya kemudian terapkan pada bagian kulit yang berjerawat, hal ini bisa membantu meringankan iritasi yang diakibatkan oleh jerawat sekaligus bisa menyembuhkannya jerawat secara total.

 

  1. Menyembuhkan Luka Bakar

Campuran minyak zaitun dan gel bisa membantumu menyembuhkan luka bakar kamu loh. Campura dari kedua bahan ini juga bisa melindungimu dari paparan sinar matahari. Dan selain itu lidah buaya juga bisa membantumu memulihkan kulit pasca terbakar.

 

  1. Menghilangkan Panu Di Wajah

gel lidah buaya juga memiliki kemampuan sebagai agen anti jamur selain gen anti bakteri. Ada salah satu kandungan dalam lidah buaya dapat menghambat pertumbuhan jamur yang sering muncul sebagai panu di kulit. Caranya simpel, cukup  Oleskan gel lidah buaya ke area kulit yang terinfeksi panu, lalu biarkan selama 10-15 menit. Setelah gel kering lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

 

  1. Membantu Mengatasi Sembelit

Aloevera dapat dikonsumsi dan bisa memberikan efek dari dalam tubuh. Dengan kamu  mengkonsumsi lidah buaya, dia akan membantu mengatasi  masalah sembelit atau susah buang air besar. Bagian korteks lidah buaya yang berada  di bawah kulit daun  ini memiliki komponen yang disebut dengan aloin(barbaloin) yang memiliki efek laksatif yang bisa digunakan sebagai pencahar untuk melancarkan buang air besar.  Sedangkan aloin membantu agen laksatif untuk meningkatkan kinerja usus dalam mengeluarkan feses.

 

  1. Membuat Kulit Lebih Kenyal Dan Lembut

Ambil satu sendok makan lidah buaya dalam bentuk gel kemudian campurkan dengan madu. Kemudian Terapkan pada wajah dan leher kamu, jauhkan dari bagian dekat mata. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian cuci dengan air bersih.

 

  1. Membantu mengobati Diabetes

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahawa aloevera bisa meningkatkan hormone insulin. Yakni hormone yang berfungsi utnuk mengontrol kadar gula darah dan bisa emmbantu pengobatan diabetes. Minimal konsumsi 1x extract lidah buaya dalam  sehari bisa membantu Mengontrol Gula Darah Kamu.

 

  1. Sebagai Antioksidan Alami

Lidah buaya mengandung antioksidan yang berfungsi untuk  menangkal radikal bebas. Radikal bebas diyakini merupakan salah satu penyebab timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya serta serta mempercepat proses penuaan. Kamu bisa menangkal radikal bebas dengan mengkonsumsi minimal 1 gelas jus lidah buaya dalam sehari.

 

  1. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Lidah buaya merupakan salah satu bahan penyubur rambut alami yang bisa dengan mudah kamu dapatkan. Pijat kulit kepala Kamu dengan jus lidah buaya selama kurang lebih setengah jam, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Cara tersebut akan mempercepat pertumuhan rambut dan juga menjaga kesehatannya.

 

  1. Membantu Membersihkan Kulit

Cara ini sangat efektif untuk membantu membersihkan kulit dari kotoran yang menempel.

ambil sekitar dua sendok lidah buaya yang sudah di jus,kemudian campur dengan mentimun yang sudah dihaluskan dan tambahkan beberapa tetes minyak esensial. Oleskan pada bagian wajah dan leher kamu kemudian diamkan sekitar 15 menit. Lalu bilas hingga bersih.

 

  1. Mempercepat Penyembuhan Sariawan Atau Luka Di Mulut

Untuk mempercepat penyembuhan luka sariawan, kamu bisa gunakan lidah buay asebagai campuran ketika berkumur. Kandungan vitamin C lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan sariawan. Selain itu kamu juga bisa langsung mengoleskan gel lidah buaya pada bagian yang mengalami luka. Terdapat  kandungan zat lupeol dalam lidah buaya bersifat sebagai antiseptik dan membantu mengurangi rasa nyeri di mulut.

 

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Ciri-Ciri Tanaman, Kandungan Dan Gambar Lidah Buaya"