Ciri-Ciri Khusus Bunga Melati

No comment 9922 views

Ciri-cir Bunga Melati - Kamu pasti sudah mengenal bunga melati kan? Bunga Melati atau yang memiliki nama latin Jasminum sambac merupakan  salah satu tanaman bunga yang memiliki ciri ciri berbatang tegak dan hidup bertahun-tahun. Di Indonesia, bunga melati  menjadi sangat spesial dan dijuluki sebagai puspa bangsa atau simbol nasional. Ciri khas bunga melati yang lain yaitu berwarna putih bersih dan memiliki bau yang sangat harum dan wangi.

Bunga melati termausk bunga merambah dengan warna bunganya yang putih indah dan bau sangat harum. Bunga ini dianggap sebagai bunga paling indah sehingga banyak digunakan sebagai motif hiasan.

Selain ciri-ciri umum yang kita temui di bunga melati, ada juga beberapa ciri khusus bunga melati yang bisa kita ketahui. Unutk mengetahui ciri khusus bunga melati maka kamu bisa lihat pada daftar dibawah ini:

Ciri Khusus Bunga Melati

 

ciri-ciri-khusus-bunga-melati

 

  • Berdasarkan jenis batangnya, ciri ciri bunga melati atau jasmine ini dapat digolongkan sebagai semak
  • Memiliki batang berkayu, sedikit berbulu halus dan jarang dengan tinggi kurang dari 5 meter.
  • Daun bunga Melati putih berbentuk majemuk menyirip (pinnatus).
  • Daunnya hanya memiliki tangkai dan helaian saja, berbentuk ovate, pangkal daunnya berbentuk setengah lingkaran sedangkan pada ujung daun sedikit meruncing.
  • Kedudukan daun batang (filotaksis) berjenis apposite dengan setiap buku terdapat dua lembar daun yang berhadapan.
  • Pinggir daun sedikit bergelombang dan tidak rata. Permukaan daun agak berkerut seperti daun jambu biji dengan pertulangan daun menyirip mengikuti bangun daun yang oval.
  • Bunga jasmine memiiliki Susunan bunga yang  menyirip dan saling  berhadapan
  • Bunga ini juga memilki 7 mahkota berlapis-lapis yang akan berbentuk datar sehingga pada bunga ini tidak ditemukan kelopak bunga
  • aroma wangi pada bunga melati biasa dijadikan aroma  terapi yang dapat dimanfaatkan dalam kesehatan
  • Bunga melati merupakan bunga majemuk, memilki ibu tangkai bunga yang keluar dari ketiak daun

 

Tanaman bunga melati sangat mudah untuk di tanaman dan untuk perawatannya juga sangat gampang. melati termasuk dalam tanaman bunga perdu. Kamu  bisa menanam bunga ini di halaman rumah dengan media tanah atau menggunakan pot. Untuk perawatan melati seperti perawatan pada bunga lainnya yang membutuhkan air juga pupuk/kompos. untuk keindahan cukup dengan merapikan ranting dari melati agar ukurannya sesuai dengan keinginan kamu. Selain memiliki fungsi  keindahan dan aaroma yang sangat harum, bunga melati juga memiliki sifat obat.

 

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Ciri-Ciri Khusus Bunga Melati"