Ciri-ciri dan Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh

ciri-ciri-dan-manfaat-apel-untuk-kesehatan-tubuh

Ciri-ciri dan manfaat buah apel. Apel (Malicus Domestica) merupakan buah yang tumbuh dan berkembang di cuaca yang dingin. Apel juga termasuk tumbuhan yang memiliki rasa manis dan memiliki kesegaran saat kita memakannya dikarenakan apel memiliki kandungan air yang banyak. Menurut para ahli, apel merupakan tumbuhan pertama yang menjadi tanaman pertanian. Dan ini sudah dikembang kan atau diseleksi selama ribuan tahun.

Menurut Wikipedia, deskripsi buah apel jenis buah-buahan yang berasal dari pohon apel. Dan memiliki kulit berwarna merah (jika matang) tapi biasanya juga ada yang berwarna hijau dan kuning. Kulitnya agak sedikit lembek, mempunyai beberapa biji didalamnya dan merupakan buah yang keras. Nah untuk ciri-ciri  buah apel yang baik adalah sebagai berikut.

  • Perhatikan warna buah apel yang matang, warna apel yang mateng biasanya berwarna merah, ada juga yang warna kuning atau hijau. Pilih juga apel yang memiliki kulit yang mengkilat dan tidak berbecak.
  • Pastikan aroma apel masih harum dan segar, jika tercium bau yang rada kecut maka kemungkinan apel tersebut busuk.
  • Ketukkan dengan jari apakah apel tersebut masih keras atau tidak, hal ini untuk memastikan apakah apel masih terasa renyah dan segar.
  • Jangan memilih apel yang memiliki tanda memar dikulitnya. Ini membuktikan jika apel tersebut sudah tidak segar.

Untuk mendapatkan manfaat buat apel untuk kesehatan tubuh secara maksimal. Maka minimal konsumsilah 1 apel tiap harinya.apel mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai anti oksidan untuk melindungi tubuh dari virus dan bakteri yang mengancam kesehatn tubuh kita. Apel juga mengandung Vitamin A atau betakaroten yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol dan mampu melawan sel kanker.

ciri-ciri-dan-manfaat-apel-untuk-kesehatan-tubuh

Seperti dilansir dalam Style Craze. Apel memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah beberaa daftar manfaat apel untuk kesehatan tubuh.

  • Mengurangi resiko gangguan pernapasan.

Sering mengkonsumsi buah apel akan menekan resiko penyakit pernapasan. Untuk wanita hamil juga bisa menekan gangguan pernafasan anak dalam kandungan.

  • Mencegah kanker.

Terdapat  flavonoid yang dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker pada kulit apel. Karena buah apel juga kaya akan serat, penyakit kanker kolorektal dapat dilawan jika mengkonsumsi buah ini secara rutin. Oleh Karena itu, ajngan buang kulit apel saat memakan buah ini.

  • Meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

Karena mengandung antioksidan yang disebut quercetin maka apel dapat membantu meningkatkan system kekebalan tubuh apalagi saat kita sedang stress.

  • Mengontrol gula darah.

Untuk menurunkan kinerja tubuh dalam hal melepaskan hormone insulin maka apel mensuplai Galacturonic acid. Oleh Karena itu apel sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  • Mengobati Asma

Kandungan polifenol dan fitokimia dapat membantu tubuh untuk memulihkan asma. Mereka yang rutin mengkonsumsi minimal 2 buah apel per hari akan memiliki kemungkinan kecil terserang penyakit asma disbanding mereka yang tidak mengkonsusinya.

  • Menetralkan nyeri perut dan kram

Nyeri perut dan kram biasanya idetik dengan penyakit diare dan sembelit. Karenanya banyak dokter yang menyarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya serat seperti halnya apel.

  • Menurunkan berat badan.

Sudah tidak menjadi rahasia lagi jika apel ini banyak dikonsumsi saat diet. Karena apel yang kaya serat dan rendah kalori dapat kita jadikan untuk makanan penunda lapar.

  • Mengatasi kulit berjerawat dan berminyak

Untuk mengatasi kulit yang berjerawat dan berminyak, gunakan campuran bubuk apel mentah dan cuka apel sebagai masker diwajah anda. Karena apel juga akan menyetarakan Ph pada kulit yang menurunkan angka produksi minyak pada kulit.

Itulah beberapa ciri dan manfaat buah apel untuk kesehatan tubuh kita. Mengkonsumsi apel untuk tubuh yang sedang diet sangat popular diantara buah-buahan lainnya. Bagaimana? Sudah jelaskan tentang ciri-ciri dan manfaat buah apel untuk kesehatn tubuh. Oleh Karena itu, sempatkan lah untuk mengkonsumsi buah-buahan setidaknya sekali dalam sehari.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Ciri-ciri dan Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh"