Cara Termudah Budidaya Tanaman Jahe Merah Agar Cepat Menghasilkan

Tanaman jahe merupakan salah satu tanaman yang sudah menjadi identitas bagi bangsa Indonesia. Jahe sendiri merupakan rempah rempah dari Indonesia yang sering dipake untuk kebutuhan sehari – hari. Bahkan banyak produk pengobatan atau makanan yang menggunakan jahe ini sebagai bahan utama mereka.

Untuk melakukan budidaya tanaman jahe merah sendiri sebenarnya terbilang mudah. Tinggal kita mau bersabar saja dan konsisten merupakan kunci utama dalam melakukan budidaya tanaman jahe. Semua petani sudah paham akan hal itu, maka dari itulah banyak petani lahir dari sini. Jahe sendiri memiliki nilai ekonomi yang terbilang tinggi, sehingga wajar saja jika banyak yang melirik bisnis budidaya tanaman ini.

Cara budidaya tanaman jahe ini melibatkan kelembaban udara yang tinggi, pencahayaan yang tepat, suhu lingkungan yang hangat, serta pemberian nutrisi yang cukup. Jika hal hal ini terpenuhi maka budidaya tanaman jahe ini sangatlah mudah, bahkan akan memberikan hasil yang memuaskan.

Jika kita bisa membudidayakan jahe sendiri bukankah hal ini baik? Karena kita tidak harus capek – capek untuk pergi ke toko atau warung terdekat untuk membeli jahe ini, tinggal kita mengambil dari pekarangan tempat kita melakukan budidaya tanaman jahe ini.

budidaya tanaman jahe merah

gambar jahe merah

Langkah – langkah dalam melakukan budidaya tanaman jahe merah

Untuk melakukan budidaya tanaman jahe merah ini tentunya mirip dengan cara budidaya tanaman jahe yang lainnya. Karena jahe merah dan jenis jahe lainnya tetap satu family, sehingga cara budidaya nya pun sama. Dengan mengetahui cara budidaya tanaman jahe merah maka itu akan membuat mu tahu juga bagaimana cara budidaya tanaman jahe yang lainnya.

Jujur saja, sebenarnya budidaya tanaman jahe ini tidak ribet – ribet amat. Karena kita tinggal di wilayah Indonesia, kita nancapin batang aja bisa tumbuh. Lah sebenarnya kalau mau iseng menanam jahe tinggal jahenya tanam aja di tanah nanti juga akan tumbuh, karena memang Indonesia ini memiliki tanah yang baik untuk bidang pertanian. Tetapi yang membedakan adalah hasilnya, jika kita menanam jahe tanpa perawatan saja bisa tumbuh apalagi yang dikasih perawatan ? pasti hasil nya akan jauh lebih baik.

cara budidaya tanaman jahe

gambar jahe kuning

Bahan dan alat yang dibutuhkan untuk budidaya tanaman jahe merah ini adalah pupuk kompos atau pupuk organik, akar jahe lalu pot besar tempat budidaya jahe. Berikut langkah – langkah nya :

  1. Belilah akar jahe di toko tanaman, tentunya cari akar jahe yang kualitas terbaik ciri cirinya adalah yang masih segar.
  2. Rendamlah akar jahe yang anda beli tadi dengan air semalaman sebelum melakukan penanaman.
  3. Pilihlah pot yang memiliki lebar 30 centi meter karena hal ini sangat cocok untuk pertumbuhan jahe.
  4. Isikan tanah yang sudah dicampur dengan kompos kedalam pot besar itu.
  5. Lalu basahi tanah tadi dengan air tetapi jangan sampai banjir.
  6. Ambil akar jahe yang sudah direndam tadi dan tanam di pot dibawah sinar matahari langsung. Jangan menanam terlalu dalam dan pastikan kuncup dari akar jahe ini menghadap keatas.
  7. Setelah persiapan diatas sudah siap, berikan air sedikit lagi, tempatkan dibawah cahaya matahari. Untuk suhu ruangan kira kira 23 sampai 25 derajat celcius.
  8. Lakukan penyiraman tanaman jahe secara teratur sampai tunasnya muncul ke permukaan tanah.

Jika tanaman jahe yang anda budidayakan tumbuh subur, maka tinggi nya bisa mencapai 2 sampai 4 meter.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Cara Termudah Budidaya Tanaman Jahe Merah Agar Cepat Menghasilkan"