Cara Termudah Budidaya Tanaman Buah Durian Montong

No comment 2510 views

Bagaimana cara yang mudah dipahami untuk seorang pemula dalam melakukan budidaya tanaman buah durian montong ? Mungkin itu adalah salah satu pertanyaan anda mengenai budidaya buah durian montong ini. Memang Durian montong adalah salah satu dari banyak spesies buah durian, tetapi jenis durian montong ini sangatlah enak dan kebanyakan penikmat buah durian mengatakan kalau jenis yang satu ini adalah yang paling enak.

Tetapi, Mengingat dengan rasanya yang benar benar enak itu, berbanding lurus dengan harganya. Ya, harganya jelaslah sangat mahal untuk ukuran buah. Kenapa bisa mahal ? karena buah durian montong ini disamping memiliki rasa dewa juga musim berbuahnya setahun sekali, malah kadang-kadang tidak berbuah. Itulah yang membuat buah durian jenis satu ini menjadi sangat mahal.

budidaya tanaman durian montong

Agar dapat menikmati buah durian montong ini dengan gratis, maka anda perlu mempunyai pohonnya sendiri. Bukan hanya dapat dinikmati sendiri, tetapi jika sudah berbuah pun dapat anda jual buahnya dan harganya tentu mahal. Untuk itulah anda harus belajar cara budidaya tanaman durian agar anda bisa mempunyai pohonnya sendiri. Cara menanamnya pun gampang, tidak ribet – ribet amat.

Step By Step Cara Budidaya Tanaman Durian Montong

Langkah awal dalam melakukan budidaya buah durian adalah pemilihan bibit yang berkualitas untuk ditanam. Maka dari itu, jangan hanya asal menanam bibit, karena bisa jadi pertumbuhannya akan lama sekali, dan bisa juga walaupun sudah tumbuh tetapi tidak berbuah. Untuk itulah, pemilihan bibit yang berkualitas ini sangatlah penting dalam melakukan budidaya buah durian. Karena ini adalah langkah awalnya.

Untuk itu mending anda beli bibitnya, harganya juga cukup terjangkau. Tetapi, jika anda membeli bibit buah durian, maka pastikan kondisi nya masih segar. Lihat pada daunnya, jika banyak daun yang mati lebih baik jangan dibeli, belilah bibit yang dalam keadaan segar tidak ada satupun daun yang mati.

Langkah kedua, tentunya tentukan lahan yang akan dipakai untuk menanam tanaman durian ini. Lahan yang bagus adalah tanah yang mempunyai unsur hara yang tinggi. Bagaimana tanda tanah yang mempunyai unsure hara yang tinggi? Biasanya tanah yang gembur itu baik untuk ditanami tanaman, karena konon tanah yang gembur mempunyai pupuk alami tersendiri dan jika ditanami sebuah tanaman maka tanaman tersebut akan subur.

Selain lahan, anda juga harus memperhatikan pupuk yang diberikan pada tanaman durian. Yah, tentu saja tetap menggunakan pupuk, tetapi gunakan pupuk yang organik karena apapun yang alami itu jauh lebih baik dari pada yang kimia. Maka dari itu, hindari penggunaan pupuk yang mengandung bahan kimia, karena hal itu tentunya tidak baik untuk tanaman anda.

cara budidaya tanaman durian

Langkah Ketiga, Persiapkan lubang untuk tempat tanaman buah durian. Buat lubang kira kira mempunyai lebar diameter 50 cm. Untuk ukuran tersebut, sudah bagus untuk tanaman durian, karena akan mempunyai akar yang kuat. Dan jangan lupa dikasih nutrisi pada lubang tempat tanaman durian itu. Karena dengan pemberian nutrisi tersebut dapat juga mempengaruhi perkembangan tanaman durian.

Langkah Keempat, Lakukan perawatan yang rutin untuk tanaman durian ini. Karena kebanyakan para pecinta tanaman buah, percaya kalau merawat tanaman dengan baik maka tanaman itu berbuah pun maka akan lebih cepat. Yah, mungkin karena tanamannya tahu kalau kita sangat mencintainya jadi dia memberikan timbale balik yang positif.

Bagaimana ? bukankah sangat mudah dalam melakukan budidaya tanaman durian montong ? maka dari itu, jangan takut untuk mencoba, daripada kita menghabiskan uang kita hanya untuk membeli satu atau dua buah durian, mending kita tanam sendiri pohon durian agar kita bisa makan sebanyak banyaknya.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Cara Termudah Budidaya Tanaman Buah Durian Montong"