Cara Singkat Budidaya Tanaman Buah Sirsak

No comment 1984 views

Ada banyak sekali tanaman buah di Indonesia. Contohnya tanaman buah sirsak, buah sirsak selain mempunyai rasa yang enak, buah sirsak juga mempunyai khasiat yang sangat berguna bagi tubuh kita. Maka dari itu banyak sekali yang budidaya tanaman buah sirsak tersebut. Bisa dilihat, di perkampungan pasti ada keluarga yang melakukan budidaya buah sirsak ini. Karena sirsak selain dapat dimakan karena rasanya yang enak, juga bisa digunakan untuk pengobatan.

Dalam buah sirsak sendiri, semuanya bisa dimanfaatkan, mulai dari buahnya tentunya, kulitnya, bijinya serta daunnya. Masing-masing bagian dari tanaman buah sirsak tersebut mengandung karbohidrat dan juga kandungan nutrisi lainnya. Karena itulah buah sirsak banyak diminati di Indonesia.

budidaya tanaman sirsak

Buah sirsak yang dalam nama jawa dikenal dengan nangka landa ini masih masuk dalam family Annonaceae. Buah sirsak ini dapat tumbuh disembarang tempat, tapi paling subur tumbuh ditempat yang banyak air. Asal mula dari nama sirsak adalah dari nama belanda yaitu Zuurzak yang artinya kantung yang asam.

Buah sirsak banyak sekali mengandung vitamin C, untuk itulah buah ini sangat memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Karena inti dari semua bagian pohon sirsak ini dapat di komersilkan.

Beberapa Tips budidaya tanaman buah sirsak

Sebelum anda melakukan budidaya tanaman sirsak, anda perlu tahu beberapa fakta yang menarik mengenai buah sirsak. Karena buah ini merupakan salah satu buah yang khusus.

Pertama, jika anda ingin membudidayakan buah sirsak, anda harus memilih bibit atau benih sirsak. Anda bisa budidaya buah ini dengan cara menyemai bibit sirsak sendiri. Atau anda juga bisa mencangkok tanaman sirsak yang lain. Sehingga budidaya tanaman sirsak pun tidak memerlukan banyak waktu. Ini merupakan cara yang efektif jika anda seorang pengusaha, usaha inilah yang mungkin lebih tepat.

budidaya buah sirsak

Tapi, jika melakukan cara pencangkokan maka umur tanaman sirsak cangkokan akan sama dengan induknya yaitu umur dari tanaman sirsak yang dicangkok. Jika menyemai bibit sendiri ada kemungkinan bahwa umur tanaman sirsak akan jauh lebih lama. Itulah perbedaan antara teknik mencangkok dengan menyemai bibit atau benih sirsak sendiri.

Kedua, Jika sudah dipilih antara cara cangkok atau membuat benih sendiri, maka yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah lahan tempat budidaya. Pilih tempat yang potensial untuk budidaya sirsak ini. Pastikan tempat yang teduh dan banyak air, maka pohon sirsak akan tumbuh dengan maksimal. Sediakan lahan kira kira 6 x 4 meter. Dan perhatikan jarak antara pohon sirsak satu dengan lainnya. Jangan terlalu dekat karena akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman sirsaknya dan juga jangan terlalu jauh, karena akan boros lahan.

Ketiga, Lakukan perawatan pohon sirsak. Jauhkan pohon sirsak dari para hama dan juga gulma. Karena jika terdapat gulma maka akan menghambat pertumbuhan tanaman sirsak itu sendiri. Walaupun sejatinya, tanaman sirsak ini lebih bandel terhadap gulma dan juga hama. Walaupun tidak dilakukan perawatan yang intens pun tanaman sirsak tetap akan bisa tumbuh. Karena tanaman ini memang bandel. Jangan lupa untuk memberikan pupuk, karena pupuk berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan tanaman. Agar dapat panen lebih cepat. Bukankah itu yang selalu diinginkan.

Keempat, Lakukan pemanenan yang benar. Biasanya buah sirsak yang sudah matang akan tercium bau dari buah sirsak tersebut yang menyengat. Dan lindungi buah sirsak dari hama seperti ulat atau apapun. Karena mungkin hama hama tersebut akan memakan buah yang sudah matang.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Cara Singkat Budidaya Tanaman Buah Sirsak"