Cara Simpel Untuk Budidaya Tanaman Buah Melon

No comment 2036 views

Siapa sih yang tidak tahu buah melon ? buah melon di Indonesia sangatlah terkenal, karena ini merupakan buah yang enak dimakan dan juga memiliki harga yang terjangkau. Untuk itulah banyak sekali yang melakukan budidaya tanaman buah melon ini. Buah melon sendiri mempunyai banyak sekali jenis. Di Indonesia buah melon merupakan buah yang biasa digunakan untuk campuran dalam es buah maupun buah yang diiris dan ditaruh diatas meja.

Itulah buah melon yang identik dengan Indonesia. Melon, adalah nama dari buah maupun tanamannya. Tanaman melon sendiri merupakan tanaman yang merambat, bukan memanjat tapi menjalar. Buah melon mempunyai nilai ekonomi yang tinggi di Indonesia. Itu juga merupakan salah satu alasan yang kuat kenapa ada banyak sekali petani buah melon.

Bukan hanya petani saja, orang biasa saja sekarang banyak sekali yang membudidayakan tanaman melon ini. Karena melihat tak ada ruang yang kosong untuk ditanami, maka cara lainnya adalah membuat budidaya buah melon ini didalam pot. Untuk itulah, banyak sekali orang orang yang mencoba budidaya tanaman melon dalam pot.

cara budidaya tanaman buah melon

Langkah – Langkah dalam membuat budidaya tanaman melon dalam pot

Pertama, Yang paling mendasar, adalah mempersiapkan bibit atau benih dari tanaman melon. Pada dewasa ini, untuk mendapatkan bibit berkualitas sungguh sangat lah mudah. Malah sudah ada bibit yang kebal dari penyakit, dan ada juga bibit yang mempunyai buah yang bagus. Biasanya bibit – bibit seperti ini sangatlah mahal harganya. Tapi memang harga itu berbanding lurus dengan kualitas barang.

Setelah mendapatkan bibit, lalu rendam bibit tersebut dalam kurun waktu 12 jam menggunakan air dari campuran fungisida dan air tentunya. Ini berfungsi untuk membuat bibit lebih cepat mempunyai kecambah. Dan juga kita bisa tahu bibit mana yang layak untuk ditanam dan mana yang tidak layak untuk ditanam. Perendaman ini juga berfungsi untuk mencegah datangnya penyakit dari campuran air rendaman tersebut. Setelah itu tiriskan dan tempatkan pada ruangan yang gelap. Jika benih sudah berkecambah maka pindah ke media semai.

Kedua, Persiapkan media tanam. Buatlah media tanam dengan campuran tanah, pupuk organik, dan juga arang sekam, yang dengan perbandingan 1:2:3. Dan untuk membuat buah melon tidak mudah terserang penyakit tambahkan Furadan 5 gram, NPK 20 gram, dan humic acid 1 liter, aduk hingga rata dan masukkan ke dua campuran tersebut kedalam pot.

Ketiga, Penanaman tanaman di media tanah. Sebelum melakukan penanaman alangkah baiknya menyiram tanah yang menjadi akan menjadi tempat budidaya pohon melon ini. Ini dimaksudkan agar tanaman buah melon bisa dapat mudah beradaptasi dan juga tidak mudah terserang penyakit. Untuk melakukan penanaman di media tanah ini pastikan tanaman melon sudah berumur 2 minggu setelah ditanam di media semai.

Keempat, Pemasangan batang / ajir. Biasanya yang digunakan adalah batang bambu yang berukuran 2 meter. Pemasangan batang ini berfungsi untuk membuat tanaman melon menjadi tegak, karena tanaman melon kan tanaman yang merambat.

Kelima, Pemangkasan dan Penyeleksian Buah. Pemangkasan ini berfungsi untuk memilih buah mana yang akan berpotensial menjadi buah yang mempunyai kualitas terbaik. Biasanya buah yang memiliki kualitas baik antara cabang 7 sampai 12. Nah pilih satu buah, dan lainnya cukup di pangkas aja.

Keenam, Pemberian pupuk. Pemberian pupuk ini sangatlah berperan penting dalam pertumbuhan buah melon. Karena itulah,  pupuk ini sangat menentukan kualitas dari buah melon tersebut.

panduan teknis budidaya tanaman melon

Ketujuh, Perawatan dan Pengendalian hama serta penyakit. Tanaman melon tersebut banyak sekali hama yang akan menyerang nya. Seperti ulat daun dan juga lalat buah. Hal ini bisa dilakukan pencegahan dengan memberikan insektisida kepada tanaman buah melon. Sedangkan untuk penyakitnya, seperti busuk daun, layu bakteri ini bisa dilakukan pencegahan dengan memberikan fungisida.

Kedelapan, Pemanenan buah melon. Untuk melakukan pemanenan ini biasanya dapat dilihat dari fisik dari buah melon tersebut, dan juga bisa dilihat dari umurnya. Biasanya buah melon yang sudah matang itu berumur 65 hari. Untuk cara memotongnya sungguh mudah, potong tangkai buahnya sekitar 3cm dari pangkalnya. Gunakan alat yang tajam seperti gunting maupun pisau.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Cara Simpel Untuk Budidaya Tanaman Buah Melon"