Cara Paling Sederhana Membuat Nutrisi Untuk Tanaman Hidroponik

Cara menanam tanaman secara hidroponik akhir – akhir ini memang sangatlah tren, Karena hal itulah banyak sekali dari para kolektor maupun para pengusaha dibidang tanaman ingin membuat nutrisi hidroponik sendiri untuk tanaman hidroponik mereka. Sejatinya, memang sangatlah mudah dan sederhana dalam membuat nutrisi untuk tanaman hidroponik tersebut. Tinggal mengikuti step by step saja, dan tidaklah rumit.

Jika kita sebut tanaman hidroponik, maka hal itu tidak akan pergi jauh dengan nutrisi nya. Karena tanaman hidroponik sangatlah membutuhkan nutrisi untuk bisa tumbuh dan hidup. Karena tanaman hidroponik tidak tumbuh di tanah melainkan menggunakan media lain dan air tentu menjadi media yang paling penting dalam tanaman hidroponik ini.

Sebenarnya, antara tanaman hidroponik yang satu dengan tanaman hidroponik yang lain itu membutuhkan kandungan nutrisi yang berbeda – beda. Itu adalah hal yang sudah jelas, karena pasti ada perbedaan antara jenis tanaman hidroponik yang lain. Dan juga perawatannya juga, ada tanaman hidroponik yang membutuhkan perawatan yang lebih intens daripada tanaman hidroponik yang lain. Oleh sebab itulah, maka dari itu kita harus tahu apa saja yang dibutuhkan untuk kandungan dan perawatan untuk tanaman hidroponik yang akan kita tanam.

cara membuat nutrisi hidroponik AB Mix

Bahan Dan Alat Yang Digunakan Untuk membuat nutrisi untuk tanaman hidroponik

Para pemula jangan khawatir, memang untuk pertama kali nya akan sedikit membingungkan dan kurang paham mengenai bahan dan alat apa saja yang dibutuhkan untuk membuat nutrisi tanaman hidroponik ini. Di awal tadi, saya sudah menjelaskan kalau kandungan nutrisi yang dibutuhkan antara tanaman hidroponik yang satu dengan lainnya itu beda.

Tetapi, ada kandungan nutrisi yang harus ada didalam nutrisi yang dibutuhkan untuk semua tanaman hidroponik. Maka dari itu, kita akan membuat nutrisi yang dapat berguna untuk semua tanaman hidroponik, ini dimaksudkan untuk mempermudah anda kalau anda tidak tahu persis mengenai kandungan nutrisi apa saja yang dibutuhkan untuk membuat nutrisi untuk tanaman hidroponik yang akan anda tanam.

Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat nutrisi tanaman secara hidroponik adalah pupuk KCL, Urea Dan juga pupuk NPK, ini masing – masing pupuk dibutuhkan sekitar 1 kg atau 1000 gram. Dan yang terakhir adalah pupuk daun Gandasil atau sering disebut Growmore sebanyak 50 gram.

Sedangkan untuk alat – alat yang dibutuhkan adalah :

  1. Air Sumur Atau Air sungai, jangan menggunakan air PAM.
  2. Alat Pengaduk
  3. Timbangan Digital
  4. Ember yang mempunyai daya tampung 20 liter atau lebih. Pokoknya yang volumenya 20 liter lah.
  5. Yang terakhir adalah Drum plastik yang mempunyai volume 100 liter.

Langkah – Langkah Dalam Membuat Nutrisi untuk tanaman hidroponik

cara membuat nutrisi tanaman hidroponik

Pertama – tama, Timbanglah semua bahan yang digunakan untuk membuat nutrisi. Harus mempunyai berat yang sama persis dengan yang diatas. Jika sudah sama dengan ukuran bahan, maka masukkan semua bahan tersebut ember yang bervolume 20 liter.

Setelah itu, Tuangkan air sumur ataupun air sungai kedalam ember tadi, sampai ember penuh dan saat menuangkan air jangan lupa untuk mengaduk – aduk ember agar semua pupuk dapat terlarut dan tidak ada yang mengkristal atau mengendap.

Kalau semua pupuk sudah tidak mengkristal atau tidak ada endapan dan air sudah penuh mencapai 20 liter maka tuangkan ember tersebut kedalam drum yang bervolume 100 liter. Setelah semua sudah dimasukkan lalu tambahkan air sumur atau air sungai hingga drum terisi penuh dan jangan lupa untuk mengaduk aduk.

Setelah itu, larutan nutrisi sudah siap untuk digunakan. Mudah bukan? Walaupun kamu pemula pun, pasti paham dengan uraian langkah diatas, karena cara membuat nutrisi untuk tanaman hidroponik itu memang sangatlah sederhana.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Cara Paling Sederhana Membuat Nutrisi Untuk Tanaman Hidroponik"