Cara Mudah Budidaya Tanaman Buah Stroberi Lengkap

No comment 1689 views

Buah Stroberi? Cara mudah untuk budidaya tanaman stroberi ? Siapa sih yang tidak kenal dengan buah stroberi? Buah stroberi merupakan buah yang sangat didambakan oleh masyarakat Indonesia pada masa dulu. Sehingga sekarang banyak yang mencoba untuk budidaya tanaman stroberi.

Ya, pada masa dulu, masyarakat Indonesia sangat ingin mendapatkan buah satu ini, karena dulu memang Indonesia hanyalah Negara pengimpor buah stroberi sehingga buah stroberi local pun belum ada sehingga untuk mendapatkan buah stroberi pada zaman dahulu sungguh sangatlah sulit.

Tetapi, untuk sekarang, untuk mendapatkan buah stroberi sangatlah mudah. Malah sampai terlalu banyak jika untuk satu orang. Ya, buah stroberi sekarang sudah dapat dibudidayakan di Indonesia. Masyarakat local sudah tahu bagaimana caranya budidaya buah stroberi ini.

Cara Mudah Budidaya Tanaman Buah Stroberi Lengkap

Langkah – langkah dalam melakukan budidaya tanaman buah stroberi

  1. Pemilihan Lahan

Pemilihan lahan dalam budidaya stroberi ini sangat penting. Soalnya dalam pemilihan tanah inilah yang akan berpengaruh dengan pertumbuhan buah stroberi. Untuk lahan yang baik untuk tanaman stroberi adalah lahan yang memiliki bermacam macam zat organik yang baik untuk tanaman, tanah gembur dan subur. Jika pembudidayaannya dilakukan langsung di lahan maka sebaiknya pilihlah lahan yang memiliki ph tanah 5 sampai 7 jika anda ingin melakukan budidaya di pot ph tanah harus 6 sampai 7. Ya, karena sekarang memang sudah banyak yang melakukan budidaya tanaman stroberi dipot.

  1. Cara Pembibitan

Untuk benih pembibitan ini ada dua jenis, yang pertama adalah bibit biji dan bibit vegetative. Untuk bibit biji anda bisa mendapatkan di toko toko pertanian, jika anda sudah mendapatkan bibit bijinya, lakukan persemaian. Letakkan biji tersebut di sebuah kotak plastic yang didalamnya sudah ada campuran antara pasir, tanah maupun pupuk kandang. Siram persemaian tersebut sampai bibit biji itu mempunyai dua daun. Jika sudah tumbuh dua daun baru pindahkan ke bedeng.

Jika anda menggunakan bibit vegetative, itu akan sangat mudah dan tidak perlu ribet. Tetapi yang perlu di garis bawahi adalah pemilihan dalam membeli bibit vegetative karena bibit viegetatif yang baik itu yang berumur 1 sampai 2 tahun serta segar dan juga produktif.

  1. Melakukan budidaya

Untuk budidaya stroberi yang terbaik adalah dengan menggunakan mulsa plastic. Caranya adalah dengan mengeringkan dahulu lahan yang akan ditanami kira kira 15 hari sampai 1 bulan. Lalu buatlah bedengan dengan ukuran 80x120 centimeter dengan tinggi 30x40centimeter. Lalu bedengan ini biarkan kering selama 15 hari. Lalu setelah 15 hari berikan pupuk organik dan berikan air sehingga tanah menjadi lembab kembali, setelah tanah sudah lembab berikan mulsa plastic berwarna hitam diatasnya.

Mulsa plastic ini untuk menutupi lahan tadi. Dan lubangilah mulsa plastic selebar diameter kaleng susu dan juga buat lubang ditanah yang tepat dengan mulsa plastic, lalu tanamlah tanaman stroberi didalam lubang tanah dan lubang mulsa plastic tersebut.

  1. Penyulaman dan Penyiangan

Untuk penyulaman dan penyiangan ini tidak kalah penting dalam menentukan pertumbuhan dari tanaman stroberi. Jika tanaman stroberi baru mulai tumbuh maka harus dilakukan penyulaman. Penyulaman ini biasanya dilakukan sebelum tanaman stroberi berumur 15 hari dari pertama kali tanam.

Untuk penyiangan sendiri, bisa dilakukan saat melakukan pemupukan susulan, dan lakukan penyiangan sendiri setiap ada gulma yang hidup didaerah sekitar tanaman stroberi. Karena gulma ini akan sangat mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman stroberi.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Cara Mudah Budidaya Tanaman Buah Stroberi Lengkap"