Cara Merawat Tanaman Hias Aglaonema Terbaru

No comment 6680 views

www.jenistanaman.com, Siapa yang tidak tahu tanaman hias aglaonema ? tanaman aglaonema ini merupakan tanaman hias yang populer di Indonesia, karena memiliki pesona dan keunikan yang tersendiri yang membedakan dengan tanaman hias yang lainnya.

Untuk mendapatkan pesona yang indah dari tanaman hias aglaonema terbaru ini, maka kita harus memberikan perawatan dan pemeliharaan yang jelas dan juga baik agar mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk itulah, perlu dipelajari cara merawat tanaman aglaonema ini.

Cara Merawat Tanaman Hias Aglaonema Terbaru [Gambar]

Cara Merawat Tanaman Aglaonema Terbaru

Berikut ada beberapa cara merawat aglaonema yang tentunya biasa digunakan oleh para kolektor tanaman hias. Berikut caranya :

  1. Media Tanam

Pertama – tama tentunya berikan pecahan genting ataupun bata merah pada dasar tempat media tanaman aglaonema ini, untuk hal ini biasanya didalam pot. Lalu media tanam sendiri harus mempunyai ph yang netral yaitu berkisar antara 6 sampai 7. Untuk media tanamnya terdiri dari campuran humus daun dan juga pasir kedua media ini memiliki perbandingan 3:1 dan diisikan kedalam pot hingga ¾ bagian pot.

  1. Penyiraman

Untuk penyiraman tanaman hias aglaonema ini bisa dilakukan sehari sekali, dengan air yang benar benar bersih dan secukupnya saja. Karena aglaonema sendiri merupakan tanaman yang menyukai tempat yang lembab, tetapi tidak menyukai tempat yang basah. Saya sarankan untuk tidak menggunakan air PAM, karena air pam sendiri biasanya mengandung kaporit sehingga tidak baik untuk pertumbuhan dari tanaman hias aglaonema ini.

  1. Pemupukan

Nah, pemupukan ini sendiri memang jarang sekali dilakukan oleh kita, mungkin dari kita menyangka kalau tanaman hias sudah besar tidak perlu dilakukan pemupukan karena kita sendiri tidak pernah melihat para kolektor tanaman hias memberikan pupuk. Yah, itu karena kita saja yang tidak pernah melihatnya.

Untuk pemupukan sendiri biasanya dilakukan setiap 3 bulan sekali, dengan menggunakan pupuk yang baik untuk tanaman aglaonema ini. untuk mengetahui pupuk yang baik, bisa ditanyakan kepada toko tanaman hias, biasanya nanti akan dikasih tahu pupuk apa serta takaran yang diberikan untuk tanaman hias. Untuk pupuk alami biasanya menggunakan air cucian beras untuk menyirami tanaman.

  1. Penempatan Tanaman Aglaonema

Untuk penempatan tanaman hias aglaonema yang cocok adalah tempat yang tidak membuat tanaman hias ini terkena cahaya matahari secara langsung, karena pada dasarnya aglaonema ini tidak cocok untuk sinar matahari langsung. Karena itulah, tempat favorit tanaman aglaonema ini adalah tempat yang teduh. Biasanya ditempatkan diteras maupun di tempat teduh lainnya yang memiliki intensitas cahaya matahari yang rendah.

Cara Agar Daun Aglaonema Terlihat Mengkilap

Yah, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengkilapkan daun pada tanaman aglaonema. Karena keunikan dari tanaman aglaonema ini terletak pada daunnya, maka dari itulah, jika memiliki daun yang mengkilap tanaman hias aglaonema ini akan semakin cantik.

Untuk melakukan hal ini, bahan bahan yang diperlukan adalah air, susu dan ampas kelapa. Cara melakukannya sangatlah mudah, tinggal mengelapkan air ke daun aglaonema. Gunakan air sumur yang bersih untuk membasahi spon yang halus lalu lapkan pada bagian daun.

Fungsi dari cairan susu ini adalah sebagai pupuk dari daun tanaman aglaonema. untuk susu yang digunakan biasanya adalah susu bubuk tapi tidak menutup kemungkinan penggunaan susu cair. Ya, susu ini mempunyai manfaat untuk merawat daun aglaonema tetapi susu ini juga bisa menjadi cara untuk mengundang bakteri perusak tanaman aglaonema.

Untuk Penggunaan ampas kelapa ini, tinggal oleskan ampas ke daun dengan menggunakan kain yang bersih maka daunnya nanti akan terlihat mengkilap dan juga bersih.

Nah, itulah informasi mengenai cara merawat tanaman aglaonema, untuk seorang kolektor tanaman hias, anda mesti tahu tentang informasi ini karena hal ini sangat dibutuhkan untuk seorang botani.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Cara Merawat Tanaman Hias Aglaonema Terbaru"