Cara Merawat Bermacam Nama Tanaman Hias Agar Tumbuh Maksimal

Sekarang banyak sekali keluarga yang mempunyai tanaman hias, bahkan mempunyai bermacam – macam jenis tanaman hias. Tapi, belum tentu banyak yang tahu mengenai cara merawat tanaman hias yang benar itu seperti apa, karena dilihat dari nama nama tanaman hias yang sangat populer sekarang ini banyak kali yang tidak tumbuh maksimal dikarenakan kurangnya pengetahuan mengenai cara merawat tanaman hias tersebut.

Untuk itulah, ilmu merawat tanaman hias ini sangatlah penting jika anda memang seorang yang pencinta tanaman hias. Dengan adanya tanaman hias dilingkungan tempat tinggal kita, membuat kita jadi fresh bukan ? Memang fungsi utama tanaman hias adalah untuk mempercantik lingkungan baik indoor maupun outdoor.

cara merawat tanaman hias dengan mudah

Macam – Macam Tanaman Hias Berdasarkan Fungsinya

Dilihat dari fungsi atau kegunaan dari tanaman hias, dibagi menjadi 2 tipe. Yang pertama, adalah tanaman hias indoor. Tanaman hias indoor merupakan tanaman hias yang di tempatkan didalam ruangan, yang berguna untuk mempercantik ruangan. Contoh tanaman bunga indoor adalah Dwarf Purple Anthurium, Spathiphyllum, dll.

Kedua, adalah tanaman hias outdoor. Tanaman hias outdoor ini merupakan tanaman hias yang ditempatkan di ruang terbuka, biasanya di tanam di taman rumah atau taman umum. Dan jenis tanaman hias ini bagus – bagus. Contoh tanaman hias outdoor adalah Beringin putih, Asam Jawa, Cantana, Furcraea, dll.

Beberapa Cara Merawat Tanaman Hias Dengan Benar

Ketahui cara merawat tanaman yang benar, maka tanaman hias anda akan tumbuh subur dan bisa jadi mengeluarkan keindahan yang lebih dari ekspektasi anda. Ada beberapa cara dalam merawat tanaman hias yang benar.

Pertama, Pemilihan tanaman terbaik. Ini merupakan masalah yang utama. Karena kita tahu sendiri, tanaman hias itu ada banyak jenisnya, ada tanaman hias yang bisa ditanami. Ini biasanya tanaman hias yang berbunga, nah tanaman hias ini sangat cocok untuk mempercantik ruangan anda.

contoh macam tanaman hias adalah tanaman hias lidah buaya

Kedua, Pemilihan Media Tanam. Ini juga merupakan salah satu dari masalah penting yang perlu diperhatikan. Karena jika kita salah dalam memilih media tanam maka itu juga akan berpengaruh terhadap tanaman hias anda. Kebanyakan tanaman hias memakai media tanam didalam pot karena mudah untuk dipindahkan.

Ketiga, Perhatikan Pemberian Pupuk. Pupuk merupakan sesuatu yang sangat berperan penting dalam kesuburan tanaman hias. Maka dari itu, pemberian pupuk perlu diperhatikan lebih intens. Lebih baik berikan pupuk yang organik dengan campuran tanah, untuk pupuk tambahan seperti pupuk yang berbahan kimia, lebih baik gunakan yang sesuai saja, atau lebih baik tidak usah gunakan saja.

Keempat, Lakukan Penyiraman Secara Rutin. Jangan pernah untuk malas menyiram tanaman anda. Karena hal ini merupakan sumber tenaga bagi tanaman, layaknya manusia yang membutuhkan air, tanaman juga sangat membutuhkan air. Lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari karena di waktu tersebut merupakan waktu yang tepat.

Kelima, Rawatlah tanaman anda secara detail. Tiap hari sempatkan beberapa waktu anda untuk mencoba melihat tanaman anda lebih seksama, jika ada ranting yang kering diambil saja, dan lebih baik tanaman hias tumbuh sendiri tidak ada tanaman lain dalam satu pot. Karena bisa jadi nanti akan saling memperebutkan makanan masing – masing.

Naili Azka
Sebenarnya cuma untuk mengisi waktu luang, soalnya saya sendiri suka menulis dan juga menyukai tanaman, jadinya saya mencoba untuk membuat blog hehe. semoga blog jenis tanaman dan berbagai tanaman ini bisa membantu yang lain. :)

Leave a reply "Cara Merawat Bermacam Nama Tanaman Hias Agar Tumbuh Maksimal"